10+ Ide Promosi Unik Yang Bisa Tingkatkan Penjualan!

Mei 11, 2022Marketing

Ide promosi penjualan yang unik adalah salah satu kunci bisnis menjadi sukses. Bisnis yang sukses adalah usaha yang mampu mendatangkan konsumen/pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Dalam hal ini, kreativitas menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam berbisnis. Pasalnya, di era digital seperti saat ini, terdapat beberapa bisnis yang hanya muncul sesaat lalu gulung tikar. Hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya inovasi dan ide promosi penjualan yang dapat ditawarkan kepada calon konsumen/pelanggan.

Maka dari itu, berikut ide promosi unik yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan penjualan bisnis!

promosi penjualan

 

Baca Juga: Kembangkan Bisnis Anda Dengan Strategi Promosi Berikut Ini!

 

Ide Promosi Penjualan

Sebagai seorang marketer atau pebisnis, Anda dituntut untuk memiliki sifat kreatif dalam melakukan promosi penjualan. Oleh sebab itu, berikut ide promosi penjualan yang dapat Anda jadikan referensi!

 

A. Diskon atau Potongan Harga

Ide promosi penjualan yang satu ini merupakan ide promosi yang paling banyak disukai oleh para pebisnis. Pasalnya, ide ini telah dibuktikan ampuh untuk menarik perhatian konsumen/pelanggan.

Anda dapat memotong harga jual dengan memilih produk yang paling digemari konsumen/pelanggan. Namun, Anda juga harus memperhatikan biaya lainnya sebelum menetapkan diskon atau potongan harga untuk produk Anda.

Jangan sampai diskon yang Anda buat merugikan Anda karena tidak mempertimbangkan biaya tambahan lainnya.

B. Kupon atau Voucher

Sama halnya dengan diskon, pengadaan kupon atau voucher juga memberikan potongan harga pada produk yang Anda jual. Namun, dengan adanya voucher atau kupon memberikan kesan eksklusif pada pelanggan/konsumen sebelum membeli produk Anda.

Apalagi jika kupon yang Anda tawarkan memiliki batas waktu. Hal tersebut dapat membuat konsumen/pelanggan untuk menggunakan voucher/kupon sebelum expired.

C. Free Trial

Berdasarkan sebuah penelitian, seorang konsumen/pelanggan menyukai produk yang dapat diperoleh secara cuma – cuma. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan memberikan uji coba atau free trial selama 14 hari, satu bulan, atau selama yang Anda mau.

Hal ini dapat memberikan konsumen/pelanggan pengalaman menggunakan produk Anda. Jika pelanggan memiliki kesan yang baik maka hal tersebut dapat memicu mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.”

 

D. Flash Sale

Siapa cepat dia yang dapat”. Kalimat tersebut sangat menggambarkan definisi dari flash sale. Flash sale adalah strategi pemasaran yang sudah ada sejak lama namun masih tetap digunakan oleh banyak perusahaan.

Berdasarkan sebuah penelitian, seorang konsumen/pelanggan akan bertindak impulsif jika dihadapkan dengan batas waktu tertentu. Dengan begitu, seorang konsumen/pelanggan akan membeli sebuah barang yang terkadang tidak dibutuhkannya namun memiliki harga yang murah.

Ide ini juga cukup efektif jika Anda sedang melakukan “cuci gudang” atau sedang ingin menghabiskan stok barang.

 

promosi penjualan

 

Baca Juga: Marketing Mix: Pengertian, Konsep, dan Contohnya

 

E. Gratis Ongkos Kirim (Ongkir)

Ide promosi berikut ini tidak kalah menarik dengan ide promo sebelumnya. Ide promosi ini memberikan biaya Rp 0 untuk ongkos kirim bagi pelanggan yang berbelanja via online.

Oleh karena itu, sebelum mengadakan ide promosi gratis ongkir, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti biaya pengiriman yang tidak melebihi profit yang Anda dapat, memberikan minimal order, memastikan ukuran produk yang akan dikirim, dan membuat member card pada agen kurir tertentu.

 

F. Giveaway

Selain website dan media iklan lainnya, Anda juga dapat mengoptimalkan ide promosi penjualan Anda melalui media sosial. Misalnya dengan mengadakan giveaway. 

Selain menaikkan angka penjualan, ide promosi ini juga dapat menaikkan angka engagement media sosial perusahaan. Anda dapat melakukan ide promosi ini dengan membuat kuis online lalu memberikan hadiah bagi konsumen/pelanggan yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.

 

G. Buy 1 Get 1

Buy One Get One atau yang lebih dikenal dengan sebutan BOGO adalah ide promosi yang memberikan keuntungan pada konsumen/pelanggan.

Ide promosi penjualan BOGO ini salah satu bentuk promosi yang dinilai efektif dan telah digunakan oleh hampir semua jenis bisnis.  Ide promosi penjualan jenis ini memberikan 2 produk sekaligus pada pelanggan dengan harga 1 buah produk.

 

Contoh Ide Promosi Penjualan

Sebuah promosi diadakan karena bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan. Promosi juga dilakukan guna membujuk dan mempengaruhi konsumen/pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual/tawarkan.

Namun, dalam proses promosi, Anda dituntut untuk harus memiliki ide promosi yang kreatif dalam menarik perhatian konsumen/pelanggan. Salah satu ide promosi penjualan yang unik yang dapat Anda gunakan adalah dengan menerapkan free trial.

promosi penjualan

 

Baca Juga: 10+ Trik Marketing Biar Bisnismu Makin Cuan!

 

Misalnya, Pawoon adalah sebuah aplikasi Point Of Sales (POS) menawarkan berbagai kemudahan perihal aplikasi kasir online untuk meningkatkan bisnis Anda. Untuk merasakan pengelolaan aplikasi kasir online, Pawoon menyediakan free trial atau demo secara gratis. 

Menarik bukan? Untuk mendapatkan demo gratis, silahkan kunjungi website kami atau Anda dapat langsung klik tombol di bawah ini!

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat