Kembangkan Bisnis Anda Dengan Strategi Promosi Berikut Ini!

Mei 9, 2022Strategi Bisnis

Promosi adalah istilah yang sering kali didengar dalam aktivitas pemasaran, mulai dari media cetak, media digital, hingga obrolan teman maupun keluarga. Promosi merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam meningkatkan bisnis.

Namun, apa itu promosi? Apa tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan promosi? Dan bagaimana cara menentukan strategi promosi yang tepat? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak artikel berikut ini!

 

promosi adalah

 

Baca Juga: 10+ Trik Marketing Biar Bisnismu Makin Cuan!

Apa itu promosi?

Dalam dunia pemasaran, promosi adalah tahapan dalam meningkatkan angka penjualan sebuah bisnis. Dengan adanya promosi, pelaku usaha dapat menarik minat calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan, mulai dari memberikan potongan harga hingga penawaran khusus lainnya. Untuk pemahaman lebih lanjut, berikut penjelasan menurut ahli terkait pengertian promosi:

 

A. Harper Boyd

Promosi adalah upaya dalam membujuk calon pelanggan untuk menerima produk, konsep, atau gagasan yang ditawarkan.

 

B. Philip Kotler

Promosi adalah strategi pemasaran yang dilakukan dalam bentuk komunikasi dengan pasar menggunakan elemen marketing mix.

 

C. Basu Swastha Dharmmesta

Promosi yang dilakukan dengan satu arah bertujuan untuk mempengaruhi calon pelanggan agar melakukan pertukaran dalam proses pemasaran.

 

D. Fandy Tjiptono

Promosi adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk membujuk dan mempengaruhi calon pelanggan, meningkatkan target pasar, menyebarkan informasi produk, dan cara agar calon pelanggan dapat membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan.

 

E. Louis E. Boone & David L. Kurtz

Promosi adalah upaya memberikan informasi, membujuk, dan mempengaruhi calon pelanggan terkait keputusannya dalam membeli produk yang ditawarkan.

 

F. Zimmerer

Promosi adalah bentuk persuasi marketer terhadap calon pelanggan untuk memberikan informasi produk yang dapat mempengaruhi mereka untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

 

G. Saladin

Salah satu unsur marketing mix yang digunakan untuk mempengaruhi calon pelanggan dengan memberikan informasi produk perusahaan disebut juga dengan promosi. 

 

Tujuan promosi

Setelah memahami pengertiannya, tentu saja dalam menciptakan sebuah promosi terdapat tujuan jelas yang ingin dicapai. Berikut tujuan diadakannya promosi:

 

  • Menarik perhatian dan meningkatkan minat beli calon pelanggan
  • Memberikan informasi secara rinci kepada calon pelanggan terkait produk yang ditawarkan
  • Meningkatkan branding, angka penjualan, hingga keuntungan perusahaan
  • Meningkatkan keunggulan dan daya saing dengan kompetitor
  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Menyebarkan informasi produk dan perusahaan
  • Meningkatkan asumsi dan minat beli pelanggan

 

Dengan begitu, tujuan utama diciptakannya promosi adalah untuk meningkatkan angka penjualan dan juga keuntungan perusahaan.

 

Jenis – jenis promosi

Dalam dunia pemasaran, terdapat banyak jenis – jenis promosi yang dapat digunakan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong, jenis – jenis promosi terbagi menjadi lima jenis, yaitu advertising, personal selling, sales promotion, public relation, dan direct marketing. Namun, jenis – jenis promosi secara umum dapat disimpulkan menjadi tiga jenis, yaitu:

 

A. Promosi Fisik

Promosi fisik adalah jenis promosi yang sering ditemui pada event atau kegiatan tertentu, seperti seperti konser, bazar, pameran, dan masih banyak lagi. Promosi jenis ini biasanya dilakukan dengan membuka booth atau tenant pada kegiatan tersebut lalu menawarkannya langsung pada calon pelanggan.

Dalam penerapannya, promosi fisik memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari jenis promosi ini adalah para pebisnis atau marketer dapat menawarkan produk dan melakukan interaksi secara langsung dengan calon pelanggan.

 

promosi adalah

 

Baca Juga: Marketing Mix: Pengertian, Konsep, dan Contohnya

 

Sedangkan kelemahan dari promosi fisik ini adalah para marketer atau pebisnis tidak dapat menjangkau calon pelanggan secara luas. Mereka hanya bisa menjangkau calon pelanggan yang berada di sekitar booth atau tenant yang didirikan.

 

B. Promosi Media Tradisional

Selain melakukan promosi secara fisik atau langsung, Anda juga dapat melakukan promosi dengan menggunakan beberapa media tradisional, seperti media cetak, TV, radio, billboard, iklan banner, dll.

Promosi jenis ini tentu saja menggunakan beberapa media yang tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.Kelebihan melakukan promosi menggunakan media tradisional adalah para marketer atau pebisnis dapat menjangkau calon konsumen dengan lebih banyak dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan kekurangannya, promosi jenis ini tentu saja menggunakan beberapa media sebagai alat promosi. Hal tersebut tentu saja memiliki biaya yang lumayan mahal sehingga melakukan promosi menggunakan media tradisional dapat mengeluarkan biaya yang lebih dalam melakukan proses pemasaran.

 

C. Promosi Digital

Selain menggunakan media tradisional, promosi juga dapat dilakukan dengan media digital, seperti jaringan website, media sosial, mesin pencari, aplikasi, email, dll. Selain murah, promosi jenis ini juga dapat menjangkau calon pelanggan secara luas dengan durasi lebih lama.

Oleh karena itu, jenis promosi ini banyak diminati oleh para pebisnis. Namun, promosi digital juga memiliki beberapa kekurangan, seperti memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi dalam melakukan proses pemasaran. Pasalnya, banyak para pebisnis menggunakan jenis promosi ini yang menyebabkan daya saing menggunakan promosi digital menjadi lebih tinggi.

 

Cara melakukan promosi yang menarik

Agar promosi yang kalian tawarkan dilirik calon pelanggan, Anda harus memiliki cara yang unik dengan melakukan tahapan berikut ini:

 

1. Mengusung konsep yang unik

Karena banyaknya pelaku bisnis yang juga menerapkan promosi sebagai salah satu strategi pemasaran mereka, mengusung konsep yang unik merupakan solusinya.

Konsep promosi yang unik akan membuat calon pelanggan penasaran dan akhirnya membeli produk yang dijual dengan promosi yang telah ditawarkan. Misalnya dengan memberikan promo khusus pada tanggal yang memiliki angka yang sama seperti 2 February, 3 Maret, 4 April, dan seterusnya.

 

2. Memberikan batas waktu

Dengan memberikan batas waktu pada promo yang Anda tawarkan dapat membuat calon pelanggan yang melihatnya akan membeli langsung produk yang Anda jual.

Hal tersebut membuat pelanggan berpikir jika tidak dibeli sekarang, mereka akan membeli produk yang sama namun tidak mendapatkan penawaran atau potongan harga yang ditawarkan pada hari itu juga. 

3. Memanfaatkan media online

Anda dapat melakukan promosi dengan menggunakan media online, misalnya memanfaatkan email marketing menggunakan newsletter. Anda dapat membagikan promosi melalui newsletter perusahaan.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sosial media, misalnya menawarkan promo produk bundling tapi dengan syarat calon pelanggan harus menyukai, me-repost, atau membagi postingan yang terkait dengan promosi yang Anda tawarkan.

Dengan begitu, Anda dapat menjangkau calon pelanggan, meningkatkan engagement social media, dan juga branding perusahaan sekaligus.

 

4. Bekerjasama dengan influencer

Kekuatan influencer dalam mengajak pengikutnya di sosial media patut dijadikan salah satu strategi promosi yang baik. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, seseorang akan melakukan hal yang sama seperti orang yang mereka sukai.

Oleh karena itu, melakukan kerjasama dengan seorang influencer dapat membantu Anda mempromosikan produk yang Anda jual agar dilirik oleh calon pelanggan.

 

5. Menetapkan minimal pembelian

Dengan menetapkan minimal pembelian terhadap promo yang Anda tawarkan, pelanggan akan terdorong untuk membeli lebih banyak lagi produk yang Anda jual. Cara ini tentu akan menarik perhatian pelanggan yang hanya membeli satu produk kemudian bertambah menjadi dua atau lebih banyak karena mengincar sebuah promo.

 

6. Memberikan loyalty reward

Selain memberikan promosi pada pelanggan baru, Anda juga dapat memberikan promosi pada pelanggan yang masih setia menggunakan produk Anda dari dulu. Hal tersebut bisa juga dinamakan sebagai loyalty reward perusahaan pada pelanggan setia.

Promo yang diberikan dapat berupa poin yang dikumpulkan lalu ditukarkan dengan produk yang ditawarkan atau dengan memberikan promo buy 1 get 1 pada pelanggan yang telah menjadi member.

 

Kembangkan bisnis Anda bersama Pawoon!

Promosi adalah upaya pebisnis mempengaruhi calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Dalam membuat promo diperlukan beberapa cara yang unik, salah satunya dengan membuat promosi produk bundling.

Promo produk bundling akan menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual. Dengan begitu, pelanggan membeli lebih banyak produk Anda dengan harga yang terjangkau sehingga mereka merasa produk yang ditawarkan jauh lebih murah jika dibeli banyak.

Namun, kekurangan dari promo produk bundling ini yaitu Anda harus lebih teliti lagi dalam mengelola stok barang. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Pawoon hadir menjadi solusi untuk permasalahan ini.

Pawoon memiliki fitur inventori dimana hal tersebut dapat memudahkan kalian dalam mengelola atau menghitung stok barang yang ada di gudang. Seperti contoh di bawah ini:

 

promosi adalah

 

Baca Juga: Mau Promosi Bisnis lewat Media Sosial, Mulai dari Mana, ya?

 

Dengan adanya fitur inventori Pawoon, Anda dapat mengetahui stok barang yang masuk maupun stok barang yang keluar. Dengan begitu, Anda dapat memantau, mengelola, hingga meningkatkan keuntungan bisnis Anda dalam satu Aplikasi Pawoon.

Menarik bukan? Tunggu apalagi? Dapatkan demo gratisnya sekarang juga untuk merasakan mengelola bisnis secara otomatis dan efisien. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat