10+ Trik Marketing Biar Bisnismu Makin Cuan!

Apr 26, 2022Tips and Trick

Trik marketing yang paling efektif dalam meningkatkan bisnismu adalah dengan mengetahui psikologi pelanggan ketika akan membeli sebuah produk. Trik marketing ini lebih dikenal dengan sebutan psikologi marketing.

Psikologi marketing adalah pemahaman terkait hal – hal yang mempengaruhi emosi pelanggan dalam membeli sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh pelaku usaha/pebisnis. Misalnya, beberapa perusahaan besar menggunakan warna – warna yang mencolok pada logo maupun nama brand yang mereka miliki.

Hal tersebut dikarenakan perusahaan – perusahaan besar telah menggunakan trik marketing dalam teknik penjualannya. Sehingga, banyak konsumen yang tertarik membeli produk mereka ketika melihat logo ataupun nama brand perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan trik psikologi marketing dalam strategi pemasaran Anda, pemasaran Anda akan lebih mudah dan tentunya konversi penjualan Anda akan semakin lancar. Nah untuk itu, berikut trik marketing yang dapat Anda gunakan biar bisnismu lebih cuan!

 

trik marketing
Baca Juga: Strategi Pemasaran Yang Bisa Bikin Bisnis Kamu Melejit!

 

10+ Trik Marketing Untuk Meningkatkan Bisnismu

Berikut beberapa trik marketing yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan bisnismu biar lebih cuan:

 

1. Beri kesan langka dan penting pada produk

Trik marketing yang pertama, gunakan strategi limited edition pada produk yang Anda jual. Cara ini dipercaya dapat mempengaruhi psikologis konsumen dengan menganggap produk yang Anda jual memiliki nilai dan hanya dapat dimiliki oleh orang – orang yang beruntung.

Hal tersebut tentu saja membuat konsumen tidak ingin ketinggalan ataupun takut kehabisan dan akhirnya membeli produk yang Anda tawarkan.

 

2. Launching produk baru secara berkala

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang akan merasa mendapatkan hadiah setelah menemukan suatu hal yang baru baik itu berbentuk informasi atau sebuah barang, seperti produk yang baru saja dibeli.

Hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi psikologis pelanggan dalam membeli sebuah barang. Misalnya, penambahan kata “new arrival” dapat membentuk persepsi pelanggan untuk segera membeli produk yang baru saja launching.

Fenomena ini kemudian menjadi salah satu trik marketing yang dapat meningkatkan sebuah bisnis.

 

3. Gunakan teknik resiprokal

Trik marketing yang paling banyak diminati oleh pelanggan adalah teknik psikologi resiprokal. Trik marketing ini menyediakan produk atau layanan yang dapat dinikmati pelanggan secara gratis.

Dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mencoba, hal tersebut akan memberikan kesan yang nyata kepada mereka tentang kualitas produk yang ditawarkan. Jika pelanggan merasa puas, mereka dapat membeli atau memperpanjang produk untuk mendapatkan layanan lebih lanjut.

Misalnya, perusahaan Point of Sales (POS) Pawoon menawarkan layanan demo gratis untuk pelanggan yang ingin merasakan pengelolaan bisnis dengan efisien dalam satu aplikasi. Dengan begitu, pelanggan dapat mencoba semua fitur yang ditawarkan melalui akun demo. 

 

4. Masukkan social proof

Trik marketing yang satu ini menggunakan testimoni dari pelanggan sebelumnya untuk mendapatkan pelanggan baru. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat penjualan produk yang memiliki product review jauh lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang penjualannya tidak mencantumkan testimoni atau social proof.

Review yang baik dapat membuat pelanggan baru untuk lebih yakin membeli produk yang ditawarkan. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan social proof dengan membuat konten review dari influencer atau pelanggan secara online. Misalnya, sebagai contoh trik marketing berikut ini:

 

trik marketing

Baca Juga: Bisnismu Tidak Kunjung Sukses? Kenali Jenis Strategi Pemasaran Berikut Ini!

 

5. Gunakan event marketing

Membeli produk dari orang yang lebih berpengalaman tentu saja lebih meyakinkan bukan? Sama halnya dengan pelanggan, mereka akan membeli produk yang ditawarkan jika mereka mengetahui orang yang menjual produk tersebut adalah orang yang telah berpengalaman di bidangnya.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggelar sebuah event yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Anda bisa mengundang beberapa pakar ahli terkait topik yang akan dibahas untuk trik marketing yang satu ini. Topiknya pun harus sesuai dengan permasalahan konsumen yang membuat produk yang Anda tawarkan dapat menjadi solusinya.

Dengan begitu, pelanggan akan semakin yakin untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

 

6. Highlight Unique Selling Point (USP) pada produk

USP adalah salah satu trik marketing yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Dalam hal ini, pelanggan selalu ingin mendapatkan value dari produk atau jasa yang mereka beli.

Namun, value yang didapatkan tidak melulu mengenai harga, tetapi kemudahan dalam menggunakan produk yang ditawarkan pun juga dapat menjadi nilai tambah dimata pelanggan. Misalnya, Pawoon menawarkan aplikasi pengelolaan bisnis melalui perangkat lunak.

Tentu saja hal tersebut membutuhkan pelatihan agar dapat memahami fitur – fitur yang ada dalam aplikasi. Oleh karena itu, Pawoon menawarkan layanan demo gratis pada pelanggan agar mereka dapat mencoba semua fitur yang ditawarkan dalam aplikasi Pawoon.

 

7. Ciptakan konten – konten yang unik 

Semakin berkembangnya zaman, penggunaan online marketing telah menjadi populer dalam dunia bisnis. Salah satu cara agar online marketing yang digunakan dapat menjadi lebih efektif, yaitu dengan menciptakan konten – konten unik yang dapat meningkatkan brand awareness pada pelanggan.

Dengan melihat konten unik yang Anda ciptakan, pelanggan akan penasaran dengan produk yang ditawarkan. Hal tersebut akan membuat mereka akan membeli produk yang Anda jual.

 

8. Manfaatkan goldilocks effect

Ketika membeli minuman boba, Anda pasti ditawarkan beragam pilihan topping yang dapat dicampur ke dalam minuman yang Anda pesan. Harga topping yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan jenis topping yang Anda pilih. Fenomena tersebut dinamakan goldilocks effect.

Dengan adanya pilihan topping tersebut, trik marketing ini dapat membuat pelanggan membeli minuman sesuai dengan selera mereka. Anda juga dapat menaruh “Top seller” atau “Favorite” pada produk yang paling banyak digemari. Hal ini membantu pelanggan untuk lebih mudah membeli produk terbaik yang Anda jual.

 

9. Terapkan strategi FOMO pada produk

FOMO (Fear of Missing Out) dalam bahasa Indonesia yang artinya “takut ketinggalan”. Istilah ini telah menjadi ungkapan populer dalam budaya konsumtif seperti sekarang ini.

Istilah ini ditujukan pada orang yang selalu mencari tren/informasi terbaru karena takut ketinggalan informasi/tren tersebut. Trik marketing ini dapat dilakukan dengan menggunakan frasa “jangan lewatkan!” pada iklan produk yang Anda pasarkan atau dengan menawarkan produk “limited edition” pada pelanggan. 

Dengan memberitahu pelanggan bahwa produk yang Anda jual memiliki jumlah yang terbatas atau membuat urgensi penjualan suatu produk hanya dalam jangka waktu satu hari, Anda dapat meyakinkan konsumen bahwa waktu yang tepat untuk membeli produk Anda adalah “sekarang!”. Misalnya, Anda dapat membuat kampanye Flash Sale atau dengan menawarkan kupon diskon untuk waktu yang terbatas.

 

10. Tunjukkan company branding

Dengan memperlihatkan image yang baik di mata pelanggan, Anda dapat menarik perhatian mereka untuk membeli produk yang Anda jual. Dengan image yang baik, pelanggan akan berpikir bahwa kualitas produk yang dijual merupakan kualitas yang bagus dan membuat mereka percaya pada brand Anda.

Maka dari itu, penting untuk melakukan company branding untuk meningkatkan brand awareness kepada calon pelanggan yang berpotensi.

 

11. Permainan warna

Walaupun sepele, trik ini dipercaya mampu mengunggah perhatian pelanggan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan. Sebuah penelitian marketing terkait “Dampak Warna Pada Marketing” menunjukkan bahwa 62% – 90% orang akan membeli sebuah produk berdasarkan warna.  

Dalam dunia marketing, warna seringkali digunakan untuk membujuk atau mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual. Maka dari itu, Anda dapat memainkan warna untuk proses pengiklanan atau pemasaran, bentuk logo, atau produk.

Baca Juga: 3 Strategi Penting Memulai Usaha dengan Modal Kecil

 

Tingkatkan Marketing Bisnismu Menggunakan Pawoon

Dalam meningkatkan keuntungan bisnis, diperlukan proses marketing yang efektif. Untuk mendapatkan proses marketing yang efektif tentu saja dibutuhkan beberapa trik yang dapat membantu proses pemasaran.

Dalam hal ini, terdapat beberapa trik yang dapat membantu mengoptimalkan sebuah bisnis. Salah satunya dengan menerapkan strategi FOMO. Trik strategi FOMO dilakukan dengan menambahkan ungkapan “jangan lewatkan!” atau membuat sebuah kampanye dalam jangka waktu tertentu.

Salah satunya yaitu Promo Ramadhan Berkah yang ditawarkan oleh Pawoon. Hanya dengan IDR 999.000/tahun + diskon 72% dengan voucher IDR 500.000, Anda sudah dapat mengakses semua fitur aplikasi kasir online yang dapat meningkatkan keuntungan bisnismu.

 

trik marketing

Menarik bukan? Tunggu apalagi? Jangan sampai ketinggalan promonya ya. Yuk kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Dapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi!

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat