Mau Promosi Bisnis lewat Media Sosial, Mulai dari Mana, ya? - Pawoon

Di era serba digital ini, kamu bisa menemukan berbagai macam cara untuk melakukan promosi bisnis yang kamu punya. Dari banyaknya cara dan tools yang ada, media sosial bisa jadi solusi promosi yang tepat, khususnya untuk kamu yang masih merintis bisnis dari nol. Modal gratisan bisa mendatangkan banyak pelanggan, masa iya sih nggak dicoba? 

Sebelum mulai melakukan promosi di media sosial, kamu tentu perlu menentukan strategi promosi yang bisa mendongkrak angka penjualan. Kira-kira, langkah apa saja sih yang harus dilakukan sebelum memulai promosi melalui media sosial? Simak ulasannya di bawah ini, yuk! 

 

Tentukan Target Pasar

 

target pasar

 

 

Sama seperti saat membangun model bisnis, kamu juga perlu menentukan target yang dituju dari promosi bisnis yang ingin dibuat. Dengan mengetahui target pasar yang dituju, kamu akan lebih mudah membuat konteks untuk setiap bentuk promosi yang akan dilakukan. Jangan hanya terfokus pada produk yang kamu jual, tapi fokuslah terlebih dahulu dengan keresahan yang kemudian menjadi kebutuhan target pasar yang dituju. Setelah berhasil mendapatkan konteks tersebut, kamu akan lebih mudah memasarkan produk yang kamu jual, sebagai solusi dari keresahan yang dapat dikaitkan dengan kebutuhan target pasar kamu. 

 

Buat Konten Menarik

 

konten media sosial

 

Selain target pasar yang sesuai, kunci utama dari berhasil atau tidaknya promosi bisnis kamu di media sosial kembali pada konten yang dibuat. Sebelum membuat konten, ada baiknya kamu melakukan riset untuk tahu konten seperti apa yang banyak diminati oleh pengguna media sosial. Selain membuat konten yang berkualitas, kamu juga perlu memilih platform mana yang tepat untuk promosi yang ingin dilakukan. Sebagai permulaan, kamu bisa coba membuat konten di berbagai platform media sosial yang ada. Dengan begitu, kamu akan menemukan platform yang paling tepat untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu jual. 

 

Prioritaskan Kualitas Produk dan Pelayanan

 

kualitas produk

Saat target, konten, dan platform yang digunakan sudah sesuai, itu tandanya kamu sudah hampir siap memulai promosi bisnis yang kamu ingin lakukan. Kenapa masih hampir? Karena apapun strategi yang digunakan, kalau produk/jasa yang Dijual tidak layak, maka promosi kamu tidak akan mendatangkan untung. Maka dari itu, kunci penting kesuksesan promosi bisnis tetap bergantung pada kualitas. Selain produk, pelayanan kamu kepada pelanggan juga jadi kunci utama lho. Dengan bantuan aplikasi kasir terbaik, kamu akan lebih mudah mengenal dan mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan. Dengan pelayanan yang maksimal, pelanggan nggak akan ragu untuk membeli produk yang kamu promosikan.

 

Bisnis seperti restoran, cafe, laundry, hingga toko kelontong tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-berbeda. Oleh karena itu, strategi promosi yang dibutuhkan juga berbeda-beda, mengikuti target yang kamu incar. Penggunaan media sosial sebagai media promosi bisa jadi sumber keuntungan, namun tetap butuh strategi dan banyak persiapan. Untuk yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara mengembangkan usaha lewat media sosial, kamu bisa menyaksikan #KelasPawoon Webinar vol. 14 yang berjudul: Sukseskan Usaha, Modal Social Media yang bisa diakses di bawah ini. Selamat menyimak! 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat