Cara Sukses Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko Anda

5 Cara Sukses Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko Anda

Sekarang ini kita hidup di era digital. Belanja melalui aplikasi toko e-commerce semakin mudah, cepat, dan canggih. Penjualan e-commerce pun terus tumbuh pesat dalam segi popularitas, sebaliknya untuk penyedia jasa lain yang tidak berbasis online semakin hari justru semakin ditinggalkan.

Namun konsumen juga sangat cerdas, ketika datang untuk membeli sesuatu mereka ingin lebih dari sekedar produk yang berkualitas. Mereka ingin merasa bahwa barang yang mereka beli memiliki nilai khusus untuk mereka.

Selain itu, Anda maupun pelanggan pasti meneliti terlebih dahulu barang yang diinginkan sebelum membeli. Hal ini dapat dilakukan pada sistem aplikasi toko online dan toko yang tidak berbasis online. Tetapi jika dilakukan dengan baik dan benar, tidak menutup kemungkinan toko yang tidak berbasis online masih dapat berkembang di era digital ini.

Jika pelanggan menyukai kunjungan mereka ke toko Anda, mereka akan berbagi pengalaman dengan orang lain. Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu cara sukses terbaik untuk merujuk kepada perkembangan bisnis yang Anda miliki, baik secara langsung atau melalui media sosial mereka. Tidak hanya pengikut mereka saja yang akan mengetahuinya, tetapi juga membuka peluang potensial untuk mendapatkan pelanggan baru.

Jadi, bagaimana cara Anda agar tetap dapat menarik pelanggan kembali ke toko Anda meski era sudah beralih ke digital? Berikut adalah cara sukses agar pelanggan kembali pada toko Anda.

1. Berteman dengan pelanggan Anda

Kembali ke awal dan sebagai pengingat, betapa pentingnya menyambut pelanggan ketika mereka memasuki toko Anda. Pikirkan dengan baik tentang bagaimana Anda akan menyambut mereka, perlakuan mereka layaknya seperti teman dekat Anda sendiri, bahkan jika perlu perlakukan mereka dengan lebih baik lagi layaknya sebuah keluarga. Dengan demikian, pelanggan akan nyaman berada di dekat Anda, sehingga secara tidak langsung mereka akan memandang positif terhadap toko Anda.

Pelanggan yang hendak atau telah masuk ke toko Anda, datang karena suatu alasan, sehingga Anda atau staf yang bekerja di tempat Anda perlu mencari tahu apa yang mereka inginkan serta butuhkan. Beri mereka waktu untuk melihat dan mengamati, kemudian, jelaskan kepada mereka tentang produk Anda dan ada baiknya mengajukan sedikit pertanyaan pembuka.

Anda harus mengenal pelanggan Anda dan memahami kebutuhan nya, Anda dapat membangun sebuah hubungan yang baik dengan mereka. Anda ingin pelanggan Anda merasa mereka dapat mempercayai Anda, seperti layaknya mereka mempercayai teman-teman mereka sendiri.

2. Membuat pelanggan Anda merasa seperti di rumah sendiri

Jika Anda menganggap bahwa pelanggan adalah teman, Anda harus mempunyai rasa sopan santun layaknya seorang teman, mengapa demikian? Karena kunci utama pelanggan akan merasa nyaman ialah sopan santun dari Anda.

Kita dapat mencontoh beberapa merek-merek besar dan tergolong mewah, ketika pelanggan berbelanja. Mereka tidak segan untuk menawarkan air, jus, snack, atau bahkan segelas sampanye. Ini merupakan salah satu tips sukses agar pelanggan tetap merasa nyaman untuk menghabiskan banyak waktu di toko Anda.

3. Bawa pelanggan kepada fakta-fakta menyenangkan

Sebagai pemilik toko, kemungkinan Anda telah menawarkan banyak merek produk yang ada termasuk tata letak toko, desain produk, dan nilai-nilai lebih dari suatu merek. Itu berarti setiap sudut toko Anda menyembunyikan sebuah kalimat, “Apakah Anda tahu …”, yakni sebuah titik atau fakta menyenangkan lah yang akan berbicara.

Semakin staf Anda mengetahui tentang produk dan “fakta-fakta menyenangkan” tentang toko mereka bekerja, semakin banyak pengetahuan yang dapat mereka bagi dengan pelanggan. Dengan memberikan informasi tentang sebuah merek, pelanggan yang membeli barang tersebut sekaligus mengetahui nilai lebih yang baru saja mereka investasikan.

Ketika Anda merenungkan kembali tentang toko Anda sendiri, apakah pelanggan Anda juga belajar sesuatu yang lebih ketika keluar dari toko Anda? Hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

4. Lakukan sesuatu yang lebih untuk pelanggan

Ambil contoh sebuah department store ikonik dan mewah asal London, mereka memiliki filosofi di mana mereka tidak harus mengatakan “tidak” kepada para pelanggan. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mengerti dan memenuhi permintaan pelanggan, semua akan mereka lakukan demi memenuhi kenyamanan pelanggan terhadap toko mereka. Meski permintaan-permintaan dari pelanggan sangat aneh dan tidak masuk akal, mereka tetap semaksimal mungkin akan memenuhinya.

Dengan berpikir kreatif, segala yang tidak mungkin, akan menjadi mungkin. Hal tersebut dilakukan demi membuat pelanggan merasa istimewa dan menunjukkan kepada mereka bahwa bisnis Anda merupakan sesuatu yang penting bagi mereka sendiri.

5. Jangan segera mengakhiri transaksi, namun buat lah kesempatan untuk pertemuan selanjutnya

Tidak cukup hanya berteman pelanggan. Namun pada saat Anda akan mengakhiri transaksi, Anda diharuskan belajar lebih beberapa hal tentang pelanggan Anda dan memberikan mereka informasi lebih tentang toko Anda atau merek produk yang Anda tawarkan.

Jelaskan kepada mereka bahwa pelayanan Anda tidak berhenti sampai transaksi berakhir di kasir. Pelayanan Anda akan terus berlangsung ketika mereka kembali menginjakkan kaki di toko Anda dengan menawarkan rekomendasi-rekomendasi produk yang mungkin dibutuhkan.

Sangat penting bagi Anda untuk memahami konsumen tentang merk yang mereka gemari, serta kebutuhan konsumen, tak lain semata-mata demi kepuasan konsumen. Untuk itu Anda dapat menawarkan mereka sebuah program loyalitas atau member bagi toko Anda yang tersedia pada aplikasi kasir, tentunya jika mereka memang berkenan.

Hal ini tentunya juga harus didukung oleh staff-staff Anda serta teknologi yang canggih. Anda juga harus turut aktif memberikan arahan kepada para staff agar sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Sebuah ucapan simple seperti “Halo” oleh para staff dapat menentukan keberlanjutan konsumen terhadap bisnis Anda. Selalu perhatikan setiap detail untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi konsumen.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan kesejahteraan staff-staff Anda sehingga mereka pun tidak dengan berat hati melayani para pelanggan yang singgah di toko Anda. Ingatlah bahwa staff Anda adalah bagian dari tim untuk membawa bisnis Anda sesuai dengan harapan.