Sudah Tahu belum? Ini 5 Karakter Pelanggan dan Cara Menghadapinya! 

Mengenal karakter pelanggan adalah cara jitu yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan dan meningkatkan penjualan di toko. Nggak perlu mengenal lebih dalam, cukup mengetahui preferensi mereka, untuk mengatur strategi penjualan kamu selanjutnya. Kalau kamu masih belum tahu, mungkin 5 persona ini bisa membantu kamu lebih mengenal pelanggan setia. Simak ulasannya di bawah ini ya! 

 

 

1. Si Paling Hits

Persona yang satu ini menggambarkan pelanggan selalu mengikuti tren yang sedang hits. Karakter pelanggan ini cenderung senang mampir ke restoran atau cafe baru yang menarik perhatian mereka. Oleh karena itu, memberikan kesan pertama yang baik bisa jadi langkah jitu mengambil hati mereka. Selain menjaga kualitas produk atau jasa, pelayanan di toko juga bisa membuat pelanggan ini kembali lagi untuk kunjungan kedua dan selanjutnya.

2. Si Paling Tahu 

Karakter pelanggan yang satu ini cukup simple dan nggak bakal bikin kamu repot. Saat berbelanja di toko online maupun offline, mereka sudah tahu apa yang mereka inginkan. Karakteristik pelanggan ini bisa diketahui dari data pesanan akan cenderung sama di setiap kunjungan. Oleh karena itu, memberikan pelayanan yang cepat dan anti ribet bisa jadi nilai plus yang bikin puas karakter pelanggan yang satu ini. 

3. Si Pengejar Promo

Kamu mungkin sudah sedikit familiar dengan persona yang satu ini. Nggak bisa dipungkiri, potongan harga selalu menarik perhatian orang banyak. Inilah mengapa diskon dan promo selalu bisa jadi cara jitu meningkatkan penjualan di toko. Jangan asal potong harga! Pemberlakuan promo dan diskon juga butuh perhitungan yang cukup matang, lho! Selain memberikan promosi dalam bentuk potongan harga, kamu juga bisa menggunakan kode voucher atau poin yang lebih interaktif dan bisa mendatangkan pelanggan lebih banyak.

4. Si Gemar Coba-coba

Karakter persona yang satu ini nggak akan ragu untuk mencoba menu baru yang kamu punya. Kamu bisa mempelajari karakter pelanggan ini dari pesanan yang selalu beda dan baru di setiap kunjungannya. Selain memberikan menu baru yang menarik perhatian mereka, memaksimalkan tampilan menu di resto atau cafe kamu juga bisa jadi cara jitu bikin mereka nyaman dan happy saat mampir ke toko kamu, lho!

5. Si Paling Setia

Memiliki customer yang setia adalah mimpi semua pemilik usaha. Selain menyukai produk atau jasa yang dijual, loyal customer bisa datang dari pelayanan yang kamu berikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik bisnis untuk mengenal karakter dan preferensi pelanggan, agar bisa memberikan pelayanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

 

 

Mengetahui Karakter Pelanggan Lewat Aplikasi Kasir Online 

 

Mengenal dan mengetahui karakter pelanggan bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis. Selain dapat meningkatkan penjualan, data pelanggan juga bisa membantumu menentukan strategi bisnis kamu yang selanjutnya. Pencatatan data pelanggan juga nggak boleh dilakukan sembarangan. Jika kamu ingin data yang maksimal, kamu juga perlu menggunakan tools yang optimal. 

Tinggalkan proses pencatatan data manual, dan beralihlah ke pencatatan digital. Dengan menggunakan aplikasi kasir online, kamu bisa melakukan mencatat informasi pelanggan mulai dari nama, tanggal lahir, dan informasi penting lainnya. Melalui fitur pelanggan di aplikasi kasir online, kamu melihat riwayat pesanan, yang bisa membantumu mengetahui karakter yang dimiliki pelanggan kamu. 

Soal fitur lengkap aplikasi kasir, Pawoon POS adalah solusinya. Selain fitur pelanggan, kamu juga bisa meningkatkan penjualan dengan fitur lengkap lainnya tanpa dikenakan biaya tambahan. Tunggu apa lagi? Coba Pawoon sekarang dan nikmati segala kemudahannya! 

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat