Berikut Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Menentukan Rencana Pemasaran!

Mei 30, 2022Marketing

Rencana pemasaran merupakan hal penting yang harus disiapkan sebelum memasarkan sebuah produk. Dalam hal ini, rencana pemasaran adalah upaya manajemen dalam mengusung strategi – strategi pemasaran.

Rencana pemasaran dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan strategi bisnis dalam memperoleh pencapaian yang maksimal. Bisnis yang memiliki rencana pemasaran yang baik dan strategis dapat mendatangkan keuntungan yang banyak dengan cara yang lebih efisien

Oleh sebab itu, setiap usaha atau bisnis wajib memiliki sebuah rencana pemasaran. Dalam pembuatannya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rencana pemasaran yang dibuat mendapatkan hasil yang sempurna.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui hal – hal yang harus diperhatikan dalam menentukan rencana pemasaran!

 

rencana pemasaran

 

Baca Juga: 3 Cara Jitu Sukseskan Flash Sale di Akhir Tahun!

 

Cara Menentukan Rencana Pemasaran

Berikut cara menentukan rencana pemasaran yang harus Anda ketahui!

 

A. Melakukan analisis SWOT

Analisis SWOT adalah analisa terkait Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Oppurtunity), dan Ancaman (Threat) sebuah bisnis. Dengan melakukan analisis SWOT, Anda dapat mengetahui dan mengembangkan strategi bisnis yang sesuai.

Selain itu, dengan adanya analisis SWOT Anda dapat lebih memahami situasi pasar dan juga para kompetitor. Sehingga Anda bisa menentukan strategi yang cocok dengan permasalahan dan kebutuhan bisnis.

 

B. Menetapkan tujuan dan target

Setelah melakukan analisis, langkah selanjutnya yaitu menetapkan tujuan dan target yang ingin Anda sasar. Anda bisa menggunakan metode SMART yang diusung oleh George T Doran dalam bukunya “There’s a S.M.A.R.T Way to Write Management’s Goals and Objectives”.

 

rencana pemasaran

 

Metode SMART meliputi Specific (Jelas); Measurable (Terukur); Assignable (Penanggung jawab); Realistic (Realistis); serta Time-related (Memiliki deadline). 

 

C. Menyusun strategi pemasaran

Sebelum melakukan pemasaran, lakukan lah segmentasi pasar terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat mengetahui konsumen yang seperti apa yang akan Anda sasar.

Ditambah lagi, Anda juga dapat menentukan kanal pemasaran apa yang akan digunakan sesuai dengan karakteristik target pasar. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi pemasran yang akan Anda gunakan.

Setelah semua itu, barulah Anda dapat menyusun strategi pemasaran berdasarkan hasil segmentasi yang didapatkan. 

 

D. Membentuk tim yang kompeten

Memiliki tim yang kompeten dan handal dalam bidangnya menjadi kelebihan tersendiri dalam sebuah perusahaan. Dalam dunia marketing, dibutuhkan orang – orang yang kompeten dalam proses pemasaran.

Oleh sebab itu, dalam membuat sebuah rencana pemasaran, Anda perlu merekrut orang – orang yang dapat bekerjasama dan juga memahami dunia marketing atau pemasaran dengan baik. Sehingga mereka bisa memberikan kontribusi yang dapat membantu Anda dalam mencapai sebuah tujuan dengan hasil yang maksimal.

 

E. Membuat budget marketing

Rencana pemasaran tidak dapat direalisasikan jika tidak dibantu dengan budget marketing. Terkadang, proses pemasaran juga memerlukan biaya yang besar, seperti besaran target penjualan produk, biaya untuk memproduksi produk atau memberikan layanan, biaya operasional secara keseluruhan, dan biaya – biaya marketing lainnya.

Untuk itu, Anda perlu membuat sebuah laporan atau rincian yang didalamnya telah memuat biaya marketing yang akan dikeluarkan atau lebih dikenal dengan sebutan anggaran marketing. Anggaran yang dibuat pun sebaiknya konsisten dengan pertumbuhan dan tujuan yang ingin dicapai.

Buatlah anggaran dana yang realistis, mulai dari mengukur talenta yang tersedia, target marketing, dan program jangka panjangnya, seperti melakukan investasi dengan konten dan SEO untuk target jangka panjang. Selain itu, Anda juga bisa merekrut tim public relation (PR) dalam periode tertentu saja.

 

rencana pemasaran

 

Baca Juga: Pilihan Strategi Marketing Terkini untuk Bisnis Online

 

Contoh Rencana Pemasaran Kopi Buddy

Untuk lebih mudahnya, simak contoh rencana pemasaran berikut ini!

 

A. Konsep Usaha

Konsep penjualan Kopi Buddy akan menggunakan Food Truck yang dapat berpindah tempat dan akan mengutamakan lokasi kawasan kampus atau perkantoran. Kopi Buddy akan menawarkan varian kopi yang beragam dengan harga yang terjangkau.

 

B. Target Penjualan dan Pemasaran

Kopi Buddy ditujukan kepada anak muda dan juga pekerja kantoran. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menargetkan orang tua diatas umur 30 tahun. 

Target penjualan yang akan dicapai yaitu 100 cup Kopi Buddy yang sudah termasuk dengan promo yang ditawarkan.

 

C. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang akan digunakan Kopi Buddy, yaitu:

 

  • Riset Pasar

Riset pasar akan dilakukan secara offline dan online. Hasil riset akan berupa analisis kompetitor, daftar harga pesaing, maupun lokasi yang paling strategis untuk penjualan.

 

  • Membuat branding dari produk dan usaha

Branding yang dilakukan dapat berupa kerjasama dengan influencer, pengiklanan online, mengadakan webinar yang memiliki kaitan dengan produk, dan mengadakan promo double date setiap bulannya.

 

  • Membuat Soft Opening

Soft opening akan dilakukan menggunakan food truck di kawasan yang berpotensi mendatangkan atau berkeinginan untuk membeli Kopi Buddy. Pada soft opening, tim akan memberikan promo dan juga merchandise pada 3 pembeli pertama di setiap lokasi yang berbeda saat soft opening.

 

  • Melakukan promosi melalui sosial media

Promosi yang akan dilakukan yaitu pengiklanan berbayar sosial media, kerja sama/endorse influencer, mengadakan giveaway, dan mengadakan seminar online terkait produk.

 

  • Membuat promo

Promo yang akan diadakan berupa promo bundling, double date, buy 1 get 1, voucher, dan gratis ongkos kirim (ongkir).

 

D. Budget Pemasaran

Riset pasar : Rp 200.000

Branding : Rp 2.000.000

Soft Opening : Rp 2.500.000

Pemasaran Sosial Media : Rp 2.000.000

Total biaya : Rp 6.700.000

 

Kesimpulan

Rencana pemasaran adalah upaya sebuah usaha/bisnis dalam merumuskan hal – hal yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran. Dalam penentuannya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti melakukan analisis, menetapkan target, merekrut tim yang kompeten di bidangnya, serta menyusun anggaran dana yang akan dikeluarkan.

Dengan membuat rencana pemasaran, bisnis yang Anda jalankan dapat meningkat dan mendatangkan keuntungan yang berlebih secara terarah. Selain itu, hal lain yang dapat meningkatkan bisnis Anda adalah dengan menggunakan Aplikasi Kasir Pawoon. Pawoon adalah solusi dalam mengelola bisnis Anda secara online.

 

rencana pemasaran

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran dalam Bisnis Franchise

 

Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat