3 Cara Jitu Sukseskan Flash Sale di Akhir Tahun! 

Des 9, 2021Tips and Trick

Akhir tahun adalah salah satu momen yang tepat untuk kamu yang ingin memasarkan bisnis. Jika kamu pemilik bisnis online, Flash Sale bisa jadi cara ampuh tingkatkan penjualan dan meningkatkan pemasaran. Sesuai dengan namanya, Flash Sale adalah jenis promosi atau diskon yang hanya berlaku dalam periode yang sebentar. Karena periode promosi yang singkat, biasanya pemilik bisnis memberikan diskon dan potongan harga yang tak biasa, untuk semakin meningkatkan minat pembeli untuk belanja. 

Mengadakan Flash Sale bukan perkara mudah, apalagi di momen akhir tahun yang sarat dengan promosi dan diskon besar-besaran. Selain memperhitungkan harga, kamu juga perlu mempertimbangkan jumlah stok produk yang akan dijual pada momen Flash Sale. Nggak cuma itu! Masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar program Flash Sale berjalan lancar dan tetap menguntungkan. Mau tahu informasi lengkapnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini. 

 

flash sale

 

1. Sasar Pembeli yang Spesifik

 

Kalau berharap bisa dapat untung besar-besaran hanya dalam satu kali momen flash sale, itu tandanya kamu salah besar. Daripada sibuk menargetkan angka besar yang belum tentu tercapai, lebih baik kamu fokus memastikan flash sale berjalan dengan lancar meski peserta yang ikut serta belum terlalu banyak. 

Namun, sebelum memulai persiapan flash sale, kamu perlu menentukan terlebih dahulu target dan tujuan dari flash sale yang ingin dilakukan. Apakah kamu ingin menyasar pembeli baru dalam jangka pendek? Atau kamu ingin mencari pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan tetap dalam jangka waktu yang panjang? Cobalah spesifikasikan tujuan dan target agar kamu bisa lebih mudah mengeksekusi seluruh persiapan flash sale dengan baik. 

 

2. Amankan Jumlah Stok 

 

Saat melakukan listing produk yang akan dijual di flash sale, kamu perlu memastikan terlebih dahulu jumlah stok produk tersebut. Untuk meningkatkan urgensi dan ketertarikan pembeli terhadap flash sale, kamu bisa memberikan diskon besar pada jumlah stok yang terbatas. Dengan begitu, pembeli akan lebih semangat dan tidak akan melewatkan kesempatan berbelanja. 

Ini lah yang membuat manajemen inventori berperan penting dalam bisnis. Mengelola jumlah stok produk dengan baik bisa membuat kamu lebih mudah mempersiapkan strategi jualan di momen flash sale akhir tahun, maupun di sebelum dan sesudah momen tersebut. Kamu juga perlu mengelola stok di toko online maupun offline yang kamu punya, agar tidak terjadi selisih pada jumlah stok aktual yang bisa berujung pada kekecewaan pembeli yang kehabisan stok produk. 

 

3. Perhitungkan Alur Transaksi hingga Pengiriman

 

Melakukan persiapan sebelum mengadakan flash sale memang penting, namun memastikan alur transaksi setelahnya juga tidak kalah penting, lho! Tentu kamu harus memikirkan bagaimana flow pembelian, pengemasan, hingga pengiriman produk sampai akhirnya tiba di tangan pembeli yang beruntung. Jika alur ini tidak dipikirkan, kamu bisa saja kehilangan rasa percaya atau kepuasan pelanggan, yang membuat mereka enggan berbelanja di toko online milik kamu di kemudian hari. 

Untuk memudahkan proses pencatatan pesanan, kamu membutuhkan alat khusus seperti aplikasi kasir yang memiliki ekosistem lengkap, mulai dari kemudahan transaksi, operasional, hingga pengiriman yang aman dan dapat dipercaya. Dengan begitu, alur transaksi flash sale dapat terlaksana dengan baik, dan kepuasan pelanggan tetap terjamin. 

 

 

Bicara soal ekosistem lengkap, Pawoon POS bisa jadi andalan kamu dalam mengembangkan bisnis. Bukan sekadar aplikasi pencatat pesanan, Pawoon bisa membantu kamu memudahkan seluruh kegiatan bisnis dengan fitur terbaik seperti manajemen produk, manajemen stok dan bahan baku, manajemen promosi dan pemasaran, hingga pembayaran dengan metode digital yang lengkap dan memudahkan pelanggan. 

 

Tunggu apa lagi? Kembangkan bisnis bersama ekosistem terlengkap dari Pawoon. Yuk, daftar gratis sekarang! 

 

WhatsApp chat