Pilihan Strategi Marketing Terkini untuk Bisnis Online - Pawoon

Pilihan Strategi Marketing Terkini untuk Bisnis Online

Bisnis online memang bukan lagi hal yang baru, tapi kini keberadaannya semakin stabil di antara masyarakat. Terutama mereka yang berjualan barang-barang dengan kapasitas terbatas, modal yang tidak terlalu besar, atau tidak punya toko fisik, bisnis online menjadi peluang manis yang bikin isi kantong tidak lagi tragis. Untuk bisa membuat bisnis online bertahan, Anda perlu pintar-pintar melihat pasar, mulai dari kebiasaan membeli para pelanggan hingga tren yang sedang berkembang. Nah, kali ini Pawoon merangkumkan beberapa strategi marketing dari bisnis online yang terkini sehingga dapat digunakan untuk bisnis Anda. Mau tahu apa saja?  

  

Lakukan promosi rutin dan seasonal

Promosi menjadi cara klasik yang selalu berhasil dalam hal menjaring pelanggan. Sesuai dengan sifatnya, pelanggan memang cenderung untuk mencari keuntungan. Dengan memberikan keuntungan, Anda akan dapat dengan lebih mudah mendapatkan perhatian mereka. Lalu, promosi apakah yang perlu dimiliki sebuah bisnis online? Salah satu promosi yang penting dilakukan misalnya yang dilakukan secara rutin dan menyesuaikan dengan peringatan tertentu. 

Segala hal yang rutin dilakukan dapat membuat pelanggan mudah mengingat usaha Anda. Tidak ada salahnya, buatlah sebuah hari khusus untuk memberikan diskon tertentu, misalnya setiap awal bulan atau saat weekend., Anda tidak perlu memberikan diskon setiap hari dan pengunjung akan dengan mudah mengingat toko Anda di waktu-waktu tersebut. Selain itu, promosi yang dilakukan dengan tema tertentu juga perlu dilakukan, misalnya saat ada hari kemerdekaan atau hari raya. Sebab, pelanggan pun banyak yang mencari promosi di waktu-waktu libur seperti ini baik di toko fisik maupun bisnis online. Agar lebih menguntungkan, buat promosi ini juga menguntungkan untuk Anda, misalnya buatlah syarat tertentu seperti share media sosial atau mengajak teman untuk membeli.

Kerja sama dengan brand lainnya

Sudah bukan lagi zamannya saling menjatuhkan dalam usaha, kini adalah waktu yang tepat untuk saling bekerja sama dan berkolaborasi. Salah satu cara bisnis online meningkatkan ketertarikan pelanggan saat ini adalah dengan membahu-bahu dengan brand lain. Cara ini kini dapat lebih sering Anda temukan untuk brand-brand kecantikan dan pernak-pernik atau brand sandang dengan kebutuhan tambahan lainnya. Misalnya, beberapa produk kecantikan sering berkolaborasi menjual beberapa produk yang berbeda dalam satu pouch. Hal ini akan sangat menguntungkan, sebab brand lain sering kali menyediakan produk yang dapat digunakan sebagai komplimen dari brand Anda. Begitu juga sebaliknya. Dengan menggunakan cara ini, Anda bukan hanya meningkatkan awareness terhadap target market, tapi juga membantu atau terbantu usahanya dengan pamor brand lain. Sering kali, kerja sama juga dapat dilakukan oleh brand baru untuk diperkenalkan ke publik dengan hadir sebagai paket komplimentari atau bonus pembelian.

Beriklan untuk jangkau pembeli baru

Semua macam produk memang membutuhkan rangkaian pemasaran yang panjang untuk dapat diterima oleh masyarakat. Hal ini dapat dimulai dengan memasarkan produk tersebut dan mendapat citra lewat testimonial pembeli. Bagi Anda yang ingin menargetkan pelanggan baru, tentu saja harus memperkenalkan diri terlebih dahulu. Untung saja, beriklan kini tidak sulit untuk dilakukan terutama bagi bisnis yang sudah menampakkan dirinya di dunia digital. Dengan fitur promotions dari media sosial, kini beriklan dapat dilakukan dengan mudah dan tentunya terjangkau bagi usaha kecil dan menengah.

Dalam beriklan, pastikan Anda memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembeli. Jangan lupa, hadirkan juga sisi unik usaha Anda agar pelanggan dapat dengan mudah mengingat brand Anda. Tidak perlu beriklan secara besar-besaran, tapi lakukanlah secara berkala dan sesuai dengan kemampuan usaha.

Buat pelanggan nyaman dengan tampilan di toko online Anda

Produk memang hal nomor satu yang penting untuk diperhatikan. Namun, bukan hanya itu. Sama halnya dengan toko fisik, keberadaan pelanggan di toko Anda juga perlu dijamin kenyamanannya. Dengan memberikan kenyamanan, pelanggan dapat berlama-lama melihat barang-barang di toko Anda dan berbelanja dengan nyaman. Pastikan penampilan sama baiknya dengan pengalaman yang didapatkan, ya!

Jika Anda berjualan di media sosial, pastikan tampilan yang nyaman di mata. Lalu, sajikan informasi secara jelas dan cepat untuk diakses. Selain agar mereka nyaman, ini juga dapat menjadi cara Anda untuk menempelkan “branding”, pelanggan pun akan mudah teringat dengan brand Anda. 

Walau kini pebisnis online sudah ada dalam jumlah yang banyak, setiap harinya masih dibutuhkan berbagai inovasi produk baru yang akan memudahkan. Selain itu, adanya variasi produk antara merek satu dan lainnya juga akan semakin meramaikan pasar. Nah, di atas tadi adalah beberapa strategi marketing yang dapat dilakukan oleh bisnis online. Bagaimana dengan Anda? Punya cara tersendiri untuk memasarkan bisnis online Anda?

WhatsApp chat