Ampuh! 6 Strategi Social Media Marketing Bagi Pemula

Mei 25, 2022Tips and Trick

Social Media Marketing semakin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di zaman yang semakin berkembang ini. Social Media Marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan menggunakan media sosial.

Metode pemasaran jenis ini sangat praktis dan tidak mengeluarkan biaya yang besar. Kamu dapat menjual produk dengan cepat menggunakan social media. Namun dalam melakukan pemasaran menggunakan media sosial, terdapat beberapa strategi ampuh yang bisa diterapkan bagi kamu yang baru merintis usaha atau memulai sebuah bisnis. 

Lalu, apa saja strateginya? Simak artikel berikut ini!

social media

 

Baca Juga: Social Media Marketing: Pengertian Hingga Manfaatnya Bagi Bisnis

 

Strategi Social Media Marketing

Menggunakan media sosial untuk pemasaran membutuhkan beberapa strategi yang tepat. Berikut strategi Social Media Marketing bagi kamu yang baru memulai sebuah bisnis!

 

1. Tentukan tujuan yang jelas

Dalam melakukan pemasaran menggunakan social media, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan paling umum dalam melakukan social media marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness dan juga engagement.

Pastikan tujuan yang dibuat dapat diukur, realistis, relevan, spesifik, dan memiliki tenggat waktu untuk mencapainya. Dengan begitu, proses pemasaran yang dilakukan melalui social media dapat lebih terarah.

 

2. Riset buyer persona

Setelah menentukan tujuan yang ingin dicapai, Anda harus melakukan riset buyer persona. Buyer persona adalah deskripsi mengenai karakter pelanggan ideal yang ingin Anda targetkan dan bersifat semi fiktif.

Melakukan riset buyer persona dapat membantu Anda dalam memahami pelanggan dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat mempengaruhi mereka untuk membeli produk yang dijual.

 

3. Buat konten unik dan menarik

Setelah mengetahui kebutuhan konsumen yang ditargetkan, barulah Anda dapat  membuat konten yang sesuai dengan audience.  Buatlah konten yang dapat menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka melakukan interaksi.

Misalnya, konten konten giveaway atau konten lomba dimana sang pemenang akan mendapatkan reward. Namun sebelum itu mereka harus menyukai dan memberi komen pada postingan tertentu.

Dengan begitu, konten tersebut akan mendapatkan engagement dan juga brand kalian jadi dikenal masyarakat.

 

4. Kerjasama dengan Influencer

Selain konten giveaway, Anda juga dapat meningkatkan engagement social media dengan melakukan kerjasama dengan influencer. Influencer memiliki peran penting dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli sebuah produk.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia cenderung akan melakukan suatu hal yang dilakukan oleh orang yang mereka sukai. Dengan begitu, influencer dapat membantu Anda untuk melakukan pemasaran melalui social media.

 

social media

 

Baca Juga: Mau Promosi Bisnis lewat Media Sosial, Mulai dari Mana, ya?

 

5. Atur jadwal postingan

Agar strategi social media marketing lebih lebih tepat sasaran, Anda perlu merancang tahapan yang spesifik dan berkesinambungan untuk dilakukan setiap hari.

Misalnya, Anda dapat membuat kalender konten atau media planner untuk mengatur jadwal postingan social media. Di dalam planner tersebut, cantumkan secara jelas dan detail tentang jenis konten marketing, bentuk konten, target pasar, karakteristik audiens, dan sebagainya.

 

6. Lakukan analisis dan evaluasi

Strategi selanjutnya adalah melakukan analisis media sosial. Hasil analisis media sosial tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan strategi efektif untuk konten selanjutnya.

Analisis media sosial dapat kalian peroleh setelah mengunggah sebuah konten. Jangka waktu yang tepat untuk melakukan analisis media sosial adalah 7 hari setelah Anda memposting sebuah konten.

Hal tersebut bertujuan karena media sosial merupakan platform real-time dimana data yang didapatkan berdasarkan waktu tertentu. Oleh karena itu, trik ini banyak digunakan oleh para pebisnis untuk mengetahui engagement yang mereka dapatkan

Facebook, Twitter, dan Instagram memberikan fitur analisis untuk mengetahui range time pengguna mereka. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kapan postingan Anda dapat dilihat oleh banyak orang.

Namun apabila terdapat beberapa kendala dalam penggunaan fitur tersebut, Anda dapat memakai beberapa tools khusus social media analysis yang jauh lebih mudah, seperti HubSpot, Sprout Social, Hootsuite, dan SocialBlade.

Setelah mendapatkan hasil dari analisis media sosial selama seminggu, kalian dapat melakukan evaluasi. Evaluasi ini bertujuan untuk memperbaiki hal yang kurang dan menentukan strategi yang cocok untuk konten selanjutnya.

 

Kesimpulan

Dalam melakukan pemasaran, terdapat berbagai macam metode yang dapat Anda terapkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan social media marketing.

Sesuai dengan namanya, Social Media Marketing adalah proses pemasaran yang memanfaatkan media sosial sebagai platform-nya. Social Media Marketing memiliki berbagai macam keuntungan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Salah satunya yaitu Anda dapat mengetahui kebutuhan konsumen secara spesifik dan tidak mengeluarkan biaya yang besar. Hanya dengan membuat sebuah akun, Anda sudah dapat melakukan berbagai macam jenis social media marketing secara cuma – cuma.

 

social media

 

Baca Juga: 4 Cara Buat Caption Instagram Untuk Jualan Kamu

 

Dalam pelaksanaanya, social media marketing membutuhkan beberapa strategi yang tepat agar target yang ingin dicapai lebih tepat sasaran. Selain penggunaan social media marketing, Anda juga dapat menggunakan Aplikasi Kasir Pawoon sebagai salah satu cara untuk meningkatkan bisnis Anda.

Pawoon adalah solusi dalam mengelola bisnis Anda secara online. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat