4 Cara Buat Caption Instagram Untuk Jualan Kamu - Pawoon

Selama ini mungkin kita tidak menyadari karena tidak memperhatikan kalau ada beberapa akun Instagram online shop pilihan kita saat ingin mencari sesuatu karena feed Instagramnya enak dilihat dan menarik kita untuk membeli, berkomentar atau paling tidak like di posting-an mereka. Kamu tau gak? kalau hal itu muncul dari kata-kata yang ditulis pada caption foto jualan mereka lho!

Caption tak hanya digunakan untuk melengkapi foto saja, tapi kata-kata yang ada di caption bisa menjadi sebuah cara untuk menarik calon pembeli kamu. Makanya, saat memulai online shop, ada beberapa cara yang perlu kamu kuasai untuk memaksimalkan penggunaan caption di foto Intagram kamu. Yuk simak cara-cara nya!

1. Ketahui dulu audience kamu, lalu tentukan brand voice

Sebagai orang yang menjadi calon pelangganmu nantinya, kamu harus memperhatikan audience dengan memberikan konten yang relate dengan mereka supaya dapat tertarik dengan produk yang kamu jual. Untuk mengetahui audience kamu, membuat list sangat diperlukan untuk mencari tau kira-kira siapa saja yang tertarik dengan produk kamu, misalnya seperti berapa usianya, tinggal dimana, pekerjaannya apa, dan hobi mereka apa. setelah itu kamu bisa menentukan brand voice, dengan cara menggunakan kata sifat yang menunjukkan value dari brand kamu. contohnya kamu jualan baju dengan harga murah untuk anak kuliahan, maka kamu bisa menggunakan kata fashionable, up to date, dan terjangkau. Dari sana kamu bisa tentukan gaya komunikasi kamu bisa dengan cara yang santai dan tidak formal.

2. Teknis perhitungan panjang dan peletakkan kata pada caption

Walau kamu bisa memasukkan banyak kata pada caption Instagram, tapi kamu tidak bisa asal memasukkan itu semuanya. Menurut Influencer Marketing Hub jumlah huruf terbaik bagi kamu adalah antara 138 sampai 150 huruf. Social Report juga menyarankan jika kamu tidak ingin muncul tulisan ‘more’ pada caption kamu, maka tulislah sebanyak 125 huruf saja. Tetapi jika kamu ingin membuat audience klik tombol ‘more‘ maka kamu harus membuat caption yang menarik supaya mereka penasaran, kuncinya terletak pada kata yang paling penting pada awal kalimat.

3. Menggunakan tagar supaya produkmu muncul di pencarian

Saat kamu ingin menggunakan tagar, kata yang digunakan harus relevan dengan produk yang kamu jual. Jangan sampai menggunakan terlalu banyak tagar pada caption yang akhirnya tulisanmu jadi tidak terbaca. Kamu bisa mengubur tagar ini dengan melakukan enter atau menaruh jarak berupa titik agar berada jauh di bawah dan memisahkanya dengan caption yang ada atau kamu juga bisa menaruh tagar di bagian komentar setelah foto diunggah

4. Gunakan call to action yang akan berujung pada peningkatan penjualan

call to action adalah suatu ajakan untuk audience melakukan sesuatu pada posting-an kamu, seperti meninggalkan komentar, menandai teman atau memberikan opini. Tapi, untuk mendapatkan respon dari audience kamu, maka awal caption dan gambar  harus dibuat lebih menarik.

Gimana Sobat Pawoon, kamu sudah mengetahui kan cara cara bikin caption untuk akun Instagram kamu? Kamu juga bisa loh menyaksikan #KelasPawoon Webinar yang menjelaskan lebih jauh tentang konten dan keywords yang bisa kamu gunakan untuk melakukan posting. saksikan tayangan ulang webinarnya disini ya!. Pawoon sebagai #SahabatPemilikUsaha akan terus hadir dan membantu kamu untuk memajukan bisnismu.

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat