Social Media Marketing: Pengertian Hingga Manfaatnya Bagi Bisnis

Mei 24, 2022Marketing

Social Media Marketing atau SMM adalah salah satu dari beragam jenis marketing strategy yang menggunakan platform media sosial sebagai bentuk pemasarannya. Marketing jenis ini sangat populer di semua jenis bisnis.

Pasalnya, social media marketing adalah jenis pemasaran yang jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan jenis marketing konvensional lainnya. SMM dapat membantu perusahaan meningkatkan brand awareness, engagement, dan optimisasi penjualan secara online di era digital seperti sekarang ini.

Namun sebelum menerapkan SMM, Apa itu Social Media Marketing? Apa saja manfaatnya bagi bisnis? Simak artikel berikut ini untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan di atas!

 

social media marketing

 

Baca Juga: Pilihan Strategi Marketing Terkini untuk Bisnis Online

 

Pengertian Social Media Marketing

Untuk memahami lebih dalam terkait pengertian SMM, berikut definisi Social Media Marketing menurut para ahli:

 

A. Tamar Weinberg

Social Media Marketing adalah proses pemasaran yang dilakukan melalui situs web, produk, atau layanan lainnya melalui sosial media dengan memanfaatkan media digital dibandingkan periklanan tradisional.

 

B. Tract L. Tuten

SMM adalah bentuk periklanan online menggunakan konteks kultural dari komunitas sosial yang meliputi jejaring sosial, dunia virtual, situs berita sosial, dan situs berbagi pendapat sosial untuk mencapai tujuan komunikasi.

 

C. Susan Gunelius

Salah satu bentuk pemasaran langsung maupun tidak langsung yang digunakan untuk membangun brand awareness, online engagement, product branding, atau entitas lainnya dengan menggunakan tools dari web seperti blogging, microblogging, social networking, social bookmarking, dan content sharing disebut Social Media Marketing.

 

Jenis – Jenis Social Media Marketing

Berdasarkan sebuah penelitian pada bulan Febuari 2022, terdapat lebih dari 7 miliar populasi di dunia, 4 miliar diantaranya adalah pengguna aktif social media. Sedangkan di Indonesia dengan lebih dari 277 juta populasi orang, lebih dari 191 juta diantaranya menggunakan social media.

Social media adalah teknologi yang baru yang sangat populer digunakan, khususnya dalam berbisnis. Social media akan terus berubah seiring berkembangnya zaman. Untuk itu, berikut jenis – jenis Social media yang sering digunakan banyak orang untuk keperluan bisnisnya:

 

A. Facebook

Dengan pengguna aktif 2,7 miliar pengguna dan persentase gender 56% laki – laki dan 44% perempuan, facebook menjadi salah satu media sosial yang paling bayak dipakai orang.

Dalam tujuan marketing, Facebook digunakan oleh pebisnis untuk meningkatkan brand awareness menggunakan konten. Selain itu, Facebook juga cocok dijadikan platform untuk memasang iklan di Facebook ads.

 

B. YouTube

YouTube adalah salah satu social media terbaik untuk melakukan video marketing. Dengan jumlah pengguna aktif hampir 2 miliar orang, ada sekitar satu miliar jam video yang ditonton setiap harinya di YouTube.

Oleh karena itu, banyak pebisnis yang membuat channel di YouTube untuk memasang iklan atau memasarkan produk yang mereka jual menggunakan video dengan beragam durasi. Jangka waktunya pun beragam, bahkan ada beberapa iklan YouTube yang dikemas menjadi sebuah drama pendek.

 

C. Instagram

Social media yang memiliki segudang fitur menarik ini memilki 1 miliar pengguna aktif di dunia. Adapun fitur – fitur yang dimiliki Instagram dapat kamu gunakan secara cuma – cuma, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

Untuk keperluan social media marketing, Instagram cocok dijadikan sebagai katalog produk yang ditampilkan dalam bentuk foto di feeds Instagram.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kolom komentar atau fitur polling dan question sebagai wadah diskusi antara pelanggan dengan perusahaan. Maka dari itu, banyak pebisnis yang menggunakan Instagram sebagai media promosi penjualan atau social media marketing.

 

D. Twitter

Social media dengan pengguna aktif 335 juta orang di dunia ini berfokus pda konten atau insformasi secara seal-time. Dalam hal social media marketing, Twitter banyak digunakan oleh perusahaan untuk tujuan Customer Service.

Hal tersebut dilakukan karena perbedaan utama Twitter dengan media sosial lainnya adalah interaksi. Ini tentu saja berbeda dengan strategi marketing yang digunakan di Instagram atau Facebook yang lebih mengutamakan publikasi konten.

 

social media marketing

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Yang Bisa Bikin Bisnis Kamu Melejit!

 

E. Tiktok

Tiktok adalah social media yang paling banyak digunakan oleh anak – anak muda Generasi Z dengan perkiraan 689 juta pengguna aktif tiktok. Untuk keperluan social media marketing, tiktok sangat cocok bagi Anda yang ingin memasang iklan dalam bentuk video pendek dengan target pasar anak – anak muda.

 

F. LinkedIn

Social media yang banyak digunakan oleh para pekerja dan profesional di bidangnya adalah LinkedIn. Dengan 738 juta pengguna aktif dan demografi terbesar merupakan pengguna dengan umur 40 tahun keatas, LinkedIn dapat dijadikan sebagai wadah social media marketing yang cocok untuk bisnis yang bergerak di bidang B2B.

 

G. Pinterest

Dengan 400 juta pengguna aktif dan persentase gender 22% laki – laki dan 78% perempuan, Pinterest dapat dijadikan sebagai platform untuk memasarkan produk kamu dengan target pasar perempuan. Papan digital yang dapat menempelkan foto, video, atau gif di akun Anda dapat kamu gunakan sebagai alat pemasaran yang efektif untuk katalog produk yang kamu jual.

 

Kenapa Social Media Marketing Penting?

Berdasarkan poin – poin yang telah disebutkan, social media marketing menawarkan banyak keuntungan bagi semua jenis bisnis. Untuk itu, berikut manfaat – manfaat social media marketing yang harus kamu ketahui!

 

A. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah situasi konsumen yang langsung mengenali dan mengingat brand sebuah perusahaan hanya dengan melihat logo, gambar, warna, atau contoh produk saja. Brand awareness akan terjadi ketika konten penjualan/pemasaran diunggah di social media secara terus menerus.

 

B. Meningkatkan User Engagement

Dengan meningkatnya brand awareness, maka produk yang dijual pun akan dengan mudah dikenali oleh konsumen atau calon pelanggan. Hal tersebut bisa saja membuat mereka untuk tertarik membeli produk yang Anda tawarkan. Mengunggah produk atau jasa kita pada media sosial juga mampu meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan para calon konsumen.

 

C. Memetakan Target Pasar

Dengan semakin populernya media sosial di kalangan masyarakat, tentu saja banyak perusahaan dan brand yang beralih menggunakan media sosial dalam memasarkan produk mereka. Penggunaan social media marketing juga dapat membantu Anda dalam mempelajari kompetitor, mulai dari strategi marketing yang digunakan hingga inovasi produk yang dikeluarkan.

 

D. Mendapatkan feedbackproduk dan strategi pemasaran.

Dengan adanya social media marketing, Anda dapat dengan mudah mendapatkan feedback atau masukkan secara online. Hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan strategi yang cocok dalam memasarkan produk Anda.

 

E. Hemat Biaya

Selain praktis, social media marketing juga tidak mengeluarkan budget yang besar atau bahkan tanpa biaya sepeserpun untuk proses pemasara. Anda dapat membuat akun social media gratis lalu mengunggah foto atau video yang Anda jual di akun profile yang telah dibuat.

Pengeluaran hanya diperlukan apabila Anda membeli iklan berbayar di media sosial tersebut atau membeli tools pendukung.

 

F. Efektif dan Efisien

Pemasaran menggunakan social media dapat membantu Anda melakukan segmentasi pasar secara akurat melalui beberapa fitur analisis yang telah tersedia. Anda bisa mengatur umur, gender, tempat tinggal, hobi, hingga status hubungan sekalipun. Dengan begitu, pemasaran Anda akan jauh lebih efektif dengan cara yang efisien dan tak berbelit-belit.

 

Kesimpulan

Penggunaan social media di era digital seperti sekarang ini telah menjadi populer bagi semua kalangan. Mulai dari anak – anak, remaja, bahkan orang tua pun menggunakan social media. Beberapa diantaranya menggunakan social media untuk keperluan bisnis.

Alhasil, dengan menggunakan social media, banyak bisnis menjadi untung dengan proses pemasaran yang hemat dan efisien. Selain itu, social media marketing juga dapat membantu para pebisnis untuk mendapatkan calon pelanggan dan keuntungan yang banyak.

 

social media marketing

 

Baca Juga: 10+ Trik Marketing Biar Bisnismu Makin Cuan!

 

Selain penggunaan social media, penggunaan Aplikasi Kasir Online Pawoon POS juga dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Misalnya, proses transkasi menjadi lebih mudah dan efisien, laporan penjualan yang akurat, inventori stok barang, hingga pengelolaan karyawan dan bisnis yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami atau klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat