Wajib Tahu! Ini Biaya 'Tersembunyi' yang Harus Disiapkan Saat Buka Bisnis Kuliner - Pawoon

Punya rencana buka bisnis kuliner? Sejauh ini, apa saja yang sudah kamu siapkan? 

Bicara soal persiapan dalam membuka bisnis, tentu ada banyak hal yang harus disiapkan. Bukan hanya soal persiapan operasional seperti mencari tempat usaha, berlangganan kasir pintar, hingga merekrut karyawan, kamu juga perlu menyiapkan beberapa strategi, khususnya strategi mengelola budget yang akan dikeluarkan dalam proses pembukaan bisnis kuliner. Mengapa itu penting? 

Kamu mungkin sudah tahu ada banyak hal detil yang harus diperhatikan dalam proses pembukaan bisnis kuliner. Namun ada satu hal lagi yang perlu diantisipasi, yakni biaya-biaya ‘tersembunyi’ yang ternyata membutuhkan perhitungan yang matang. Hal ini bisa jadi cara menghemat budget dan menghindari kamu dari kemungkinan overspend budget di tahap awal perjalanan bisnis kuliner yang kamu punya. 

Lalu, apa saja biaya tersembunyi tersebut dan adakah solusi yang bisa dilakukan untuk tetap mengamankan budget saat buka bisnis kuliner? Simak ulasannya di bawah ini, ya! 

 

bisnis kuliner

 

Dekorasi Toko

 

Sebagai pemilik bisnis, kamu tentu ingin punya toko yang bukan hanya nyaman, tapi juga memanjakan mata pelanggan. Tidak bisa dipungkiri, selain rasa dan kualitas produk yang dijual, suasana nyaman dan menarik juga bisa bikin pelanggan yang datang jadi makin betah dan tak segan kembali. Namun jangan sampai lengah, ya! Karena sadar atau tidak, menyiapkan berbagai macam pernak pernik dekorasi dan interior di toko bisa jadi sumber utama kebocoran modal usaha yang kamu punya. 

Menyediakan tempat yang nyaman dan dilengkapi dengan dekorasi yang baik boleh saja, namun kamu harus memikirkan juga biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain bisa menyebabkan overspend, dana tersebut juga bisa dialokasikan ke kebutuhan lain yang lebih primer dan krusial untuk bisnis kuliner yang kamu kembangkan. Jadi, nggak ada salahnya memilih desain dan dekorasi yang minimalis dan tidak berlebihan, agar toko tetap nyaman dan budget tetap aman

 

Perlengkapan Meja Makan

 

Selain dekorasi toko, kamu juga perlu mengantisipasi biaya ‘tersembunyi’ yang berasal dari barang-barang yang digunakan untuk operasional toko. Barang seperti alat makan, tissue makan, perlengkapan kebersihan, sampai barang-barang yang dibutuhkan di dapur bisa saja membuat kamu harus mengeluarkan kocek lebih untuk melengkapinya. 

Oleh karena itu, kamu perlu mencatat keperluan barang-barang yang bersifat mandatory atau harus tersedia untuk kenyamanan pelanggan. Dengan mencatat dan membuat list barang yang ingin dibeli, kamu akan terhindar dari kemungkinan belanja berlebihan yang berbahaya untuk persediaan modal usaha yang kamu punya. 

 

Bahan Baku 

 

Pemilik bisnis kuliner tentu mengerti bahwa bahan baku adalah unsur penting yang harus dipersiapkan dengan baik. Jika tidak diperhitungkan dengan baik, kamu bisa saja menghabiskan biaya yang cukup besar untuk melengkapi stok bahan baku yang diperlukan di toko. Selain membuat budget membengkak, pembelian bahan baku yang sembarang jika akan memperbesar kemungkinan bertambahnya limbah sisa makanan atau food waste yang menimbulkan kerugian bagi bisnis dan memberikan dampak yang kurang baik untuk lingkungan. 

Selain melakukan pencatatan dan pengelolaan bahan baku yang baik, kamu juga perlu lebih bijak memilih waktu dan tempat yang tepat untuk belanja bahan baku dan kebutuhan di toko. Hindari pembelian bahan baku banyak dalam satu waktu, dan belanja dalam kurun waktu berjarak dekat seperti satu atau dua minggu sekali. 

 

 

Untuk proses pengelolaan bahan baku yang lebih optimal, kamu bisa mempercayakannya pada Pawoon POS yang lebih dari sekadar mesin kasir. Dilengkapi dengan menu manajemen inventori, Pawoon bisa membantu kamu mengelola arus stok produk dan bahan baku yang digunakan di toko. 

Pawoon juga menghadirkan Pawoon Grosir, sebuah platform belanja bahan baku online yang lengkap dan berkualitas. Dengan Pawoon Grosir, kamu bisa belanja berbagai kebutuhan bahan baku di toko dengan praktis, cepat sampai, dan gratis ongkir! Lengkap banget kan? Pawoon juga punya banyak fitur menarik yang siap memudahkan kamu mengembangkan bisnis impian, lho! Yuk, coba gratis Pawoon sekarang! 

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat