Promosi Bisnis Kuliner dengan Modal Minim - Pawoon

Promosi Bisnis Kuliner dengan Modal Minim

Bisnis kuliner dan bisnis franchise merupakan bisnis dengan persaingan yang ketat. Namun karena keuntungan besar yang bisa didapat dari bisnis tersebut, jumlah orang yang tetap berminat memulai bisnis kuliner dan bisnis franchise tetap banyak.

Bila Anda ingin memulai bisnis kuliner baru, salah satu langkah penting yang harus jadi perhatian Anda adalah promosi.

Tapi bagaimana bila bisnis kuliner Anda tidak memiliki modal yang besar dan Anda tidak bisa mengeluarkan banyak biaya untuk memasarkan bisnis Anda?

Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak langkah yang bisa Anda ambil untuk mempromosikan bisnis Anda dengan modal yang minim. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Promosi melalui media sosial

Dengan cara yang tepat, media sosial bisa menjadi media promosi yang efektif dan murah. Penggunaan tagar, unggahan informasi secara rutin, serta interaksi yang komunikatif dengan followers akun media sosial Anda merupakan beberapa langkah untuk meningkatkan followers serta memastikan bahwa semakin banyak orang mendapatkan informasi mengenai bisnis kuliner Anda.

Tentu saja, konten yang bagus juga harus jadi perhatian untuk menarik followers baru, dan pada akhirnya menarik pelanggan baru. Media sosial juga bisa menjadi media untuk mempromosikan langkah-langkah pemasaran lain dari bisnis kuliner Anda.

2. Mengadakan giveaway

Kuis berhadiah alias giveaway merupakan salah satu konten yang bisa Anda promosikan di media sosial dan menarik pelanggan baru ke bisnis kuliner Anda. Bila modal Anda tidak besar, Anda tidak perlu menyiapkan hadiah yang besar.

Giveaway sederhana berupa makan gratis atau voucher makan pun bisa memberikan daya tarik bagi promosi Anda. Anda juga bisa memanfaatkan langkah promosi ini dengan mempromosikan bisnis kuliner Anda di media sosial. Misalnya,

3. Membagikan suvenir

Salah satu cara agar pelanggan Anda terus mengingat bisnis kuliner atau bisnis franchise Anda adalah melalui suvenir yang unik dan fungsional. Anda bisa memadukan program suvenir ini dengan program kesetiaan pelanggan.

Misalnya, pelanggan yang telah membeli makanan di bisnis kuliner Anda dalam jumlah tertentu akan mendapatkan suvenir unik. Dengan cara ini, pelanggan akan tertarik untuk terus kembali pada bisnis Anda. Bila suvenir Anda benar-benar unik, bukan tidak mungkin akan menarik pelanggan baru pula.

4. Review di aplikasi pencarian restoran

Saat ini, kebanyakan orang mengandalkan aplikasi pencarian restoran dan ulasan kuliner untuk menentukan restoran atau tempat makan yang akan mereka kunjungi. Salah satu faktor yang mendorong mereka untuk mengunjungi suatu bisnis kuliner atau bisnis franchise adalah ulasan positif yang mereka temukan di aplikasi pencarian restoran.

Oleh karena itu, pastikan bisnis Anda memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan Anda. Beri tanggapan cepat pada ulasan negatif, sehingga calon pelanggan melihat bahwa bisnis Anda selalu siap untuk memperbaiki pelayanannya.

5. Program diskon

Tak bisa disangkal, semua orang menyukai diskon. Karena itu, program diskon merupakan salah satu langkah yang bisa menarik pelanggan ke bisnis kuliner Anda.

Program diskon bisa disesuaikan dengan hari-hari penting, misalnya diskon spesial Lebaran, diskon Hari Kemerdekaan, dll. Anda juga bisa membuat program diskon pada hari tertentu, misalnya diskon untuk pelajar setiap hari Senin, dll.

Selain langkah-langkah promosi di atas, tentu saja media promosi terbaik adalah kelezatan produk yang disajikan oleh bisnis kuliner Anda. Bila produk bisnis kuliner atau bisnis franchise Anda lezat dan menarik, kabar tentang keistimewaan bisnis kuliner Anda bisa tersebar dari mulut ke mulut.

Sebaliknya, bila produk bisnis kuliner atau bisnis franchise Anda tidak enak, langkah promosi yang Anda lakukan justru akan menyebarkan sisi buruk bisnis Anda.

Langkah promosi yang efektif bukan tidak mungkin dilakukan dengan biaya yang minim, asalkan dilakukan dengan tepat. Jadi, langkah apa yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda?

WhatsApp chat