Tips Jitu Meminimalkan Biaya Tanpa Mengurangi Kualitas Produk Anda

Tips Jitu Meminimalkan Biaya Tanpa Mengurangi Kualitas Produk Anda

Salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan dalam berbisnis adalah mengurangi pengeluaran. Ada banyak upaya yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengurangi pengeluaran, namun untuk melakukannya adalah tantangan tersendiri.

Mengetahui cara menurunkan biaya merupakan salah satu cara berbisnis yang baik. Dana yang semula untuk operasional, dapat dialihkan untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih luas lagi.

Menekan biaya operasional dapat dilakukan dengan mengorbankan kualitas produk Anda, atau mengurangi kebutuhan karyawan Anda. Hal tersebut adalah cara menghemat biaya operasional tercepat dan termudah. Namun tentunya hal ini tidak baik bagi kemajuan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Anda perlu tidak khawatir, ada banyak cara yang lebih baik untuk menekan biaya operasional. Cobalah beberapa tips menurunkan biaya berikut ini tanpa mengurangi kualitas atau pun kesejahteraan karyawan.

Fokus Kepada Pelanggan Tetap

Biaya yang diperlukan untuk mendatangkan pelanggan baru jauh lebih tinggi ketimbang mempertahankan pelanggan tetap. Maka demikian itu akan lebih efisien untuk menjaga pelanggan Anda agar terus menerus membeli dari Anda ketimbang mengeluarkan dana besar untuk beriklan agar pelanggan baru berdatangan.

Manfaatkan data-data dari pelanggan lama seperti riwayat pembelian, data diri, alamat email, dan tanggal lahir yang dapat Anda peroleh ketika mereka mengakhiri transaksi. Anda dapat memberikan kejutan berupa diskon pada pembelian berikutnya, atau penawaran spesial di hari ulang tahunnya.

Dengan cara ini, pelanggan akan merasa spesial dan berpotensi untuk tetap membeli dari Anda tentunya dengan biaya jauh lebih rendah ketimbang Anda beriklan ke luar baik secara online, maupun offline.

Fokus Pada Elemen Kejutan Bagi Pelanggan Tetap

Hampir sama dengan apa yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat lebih memaksimalkan pendapatan dengan mendapatkan pelanggan setia. Manfaatkan berbagai bentuk kejutan bagi mereka, dan buatlah mereka merasa spesial dan terkesan dengan tawaran-tawaran menarik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sehingga mereka akan merasa sangat berharga dan membuatnya cenderung ingin kembali lagi. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan promosi seperti buy 1 get 1, atau kupon khusus yang dapat diklaim di hari spesial.

Fokus Pada Kualitas dan Pelayanan Terbaik

Selain gencar promosi dan penawaran menarik lainnya bagi pelanggan tetap, cara berbisnis yang baik lainnya yakni dengan memberikan kualitas barang terbaik dan memberikan pelayanan yang luar biasa.

Dengan menawarkan produk serta pelayanan luar biasa, berpotensi mendapatkan pelanggan setia dan juga meningkatkan produk Anda lebih dikenal melalui mulut ke mulut.

Salah satu contohnya yaitu sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang pakaian, telah menjalankan cara ini. Mereka hanya menyajikan produk dengan kualitas di atas rata-rata, dan juga melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

Ketimbang berinvestasi untuk beriklan, mereka mengalihkan dananya untuk menciptakan produk terbaik di kelasnya. Mereka juga mempercayakan pelanggan sebagai mitra untuk menyebarkan informasi mengenai produk-produk yang mereka tawarkan.

Memperkecil Lini Produk

Mungkin Anda memiliki terlalu banyak lini produk yang dijual, hingga pada akhirnya hanya bersarang di display. Cobalah untuk mulai menyortir produk-produk tersebut, dan pertimbangkan untuk tidak menjualnya lagi di masa mendatang.

Selain dapat membingungkan pelanggan untuk memilih, terlalu banyak jenis produk membuat biaya produksi, serta biaya marketing meningkat. Menjual sedikit lini produk terbukti mampu meningkatkan penjualan karena pembeli akan lebih fokus kepada apa yang benar-benar dibutuhkan.

Ambil contoh sebuah perusahaan pakaian yang khusus memproduksi produk yang terbuat dari kulit asli. Hal tersebut tentunya selain menekan biaya produksi, mempermudah pelayanan after sale service dan tentunya pembuatan laporan penjualan semakin mudah.

Menyewakan Kembali Beberapa Ruang Toko

Biaya sewa tempat merupakan biaya operasional tertinggi dalam berbisnis. Anda dapat menyewakan kembali beberapa bagian toko untuk digunakan oleh pelaku bisnis lainnya.

Jika lokasi toko bukan milik sendiri, ada baiknya Anda berdiskusi dengan pemilik tempat agar Anda dapat berbagi biaya sewa. Jika Anda mendapatkan izin, maka segera lah cari pebisnis lainnya dan tawarkan mereka sebuah tempat.

Meningkatkan Jumlah Pesanan atau Produksi

Pada umumnya, semakin banyak Anda memesan jumlah barang, maka semakin rendah pula biaya yang dibutuhkan. Maka ada baiknya Anda mulai untuk membeli barang dalam kuantitas yang besar.

Tak hanya menekan biaya saja, dengan membeli dalam jumlah besar, otomatis akan meningkatkan profit Anda.

Menjalin Hubungan Baik dengan Distributor

Jadilah pelanggan terbaik bagi distributor Anda. Anda dapat memulainya dengan lebih jujur kepadanya, membayar sesuai dengan tenggat waktu yang telah dijanjikan, dan pelajari etika berbisnis dengannya. Ambillah kepercayaannya.

Dengan demikian, Anda tengah membuka peluang untuk mendapatkan penawaran terbaik darinya. Anda akan lebih mudah melakukan negosiasi dengannya untuk mendapat penawaran yang tepat bagi Anda. Tentunya dengan ini tak hanya mengurangi biaya saja, melainkan menghindari stok mati di toko Anda.

Menjaga Kesejahteraan Karyawan Lama

Cara berbisnis yang baik lainnya yaitu memulai untuk berinvestasi pada kesejahteraan dan kebahagiaan karyawan Anda terutama untuk mereka yang telah lama mendedikasikan dirinya di perusahaan Anda. Selalu berikan motivasi, pelatihan, serta bonus terbaik untuknya.

Meski terlihat sangat berlawanan dari tujuan Anda yakni menghemat pengeluaran, namun pada kenyataannya biaya yang dibutuhkan untuk merekrut karyawan baru jauh lebih besar ketimbang mempertahankannya
Jika budget Anda tidak memungkinkan, Anda dapat menawarkan sesuatu yang lain kepada mereka seperti menawarkan keleluasaan waktu, atau memberinya hadiah di hari ulang tahunnya. Memberikan bonus prestasi juga dapat menjadi alternatif murah.

Memanfaatkan Otomatisasi dalam Berbisnis

Lakukan pengecekan pada segala aktivitas bisnis Anda, dan mulailah untuk melakukan otomatisasi untuk hal-hal tersebut. Tugas-tugas seperti data entry, jadwal pegawai, mencatat keluar masuk barang, dan lain sebagainya dapat Anda otomatisasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Selalu ingat bahwa waktu adalah uang. Semakin banyak Anda mengerjakan tugas secara manual, semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan. Sedangkan waktu yang telah terbuang seharusnya dapat Anda manfaatkan untuk tugas lainnya.

Cobalah menggunakan berbagai program gratis atau lebih murah seperti aplikasi kasir atau aplikasi stok manajemen. Selain dapat menghemat biaya untuk mempekerjakan orang khusus mencatat penjualan, menghitung stok dan lainnya. Mengerjakan tugas secara manual juga memperbesar kemungkinan terjadinya kesalahan yang tentunya berdampak pada peningkatan biaya.

Untuk itulah Anda perlu menggunakan otomatisasi di beberapa bidang operasional, sehingga dapat membantu Anda dalam mengurangi biaya pengeluaran.

Kesimpulan

Anda tidak perlu menurunkan kualitas produk bahkan mengabaikan kesejahteraan karyawan demi menekan biaya. Dengan berfokus pada apa yang Anda miliki, serta menjalankan strategi di atas, menekan pengeluaran tanpa menurunkan kualitas sangat memungkinkan.