Gunakan 5 Strategi Bisnis Ini Untuk Menjadikan Tahun Terbaik Bagi Anda

Jadikan 2017 Tahun Terbaik Anda Dengan 5 Strategi Bisnis Ini!

Tentunya setiap Anda sebagai pemilik bisnis pasti ingin agar bisnis Anda terus berkembang semakin baik setiap tahunnya. Mungkin pada tahun 2016 lalu, Anda telah berhasil mencapai target yang sesuai dengan harapan Anda. Namun jika tahun lalu belum memuaskan, maka jadikanlah tahun baru 2017 ini sebagai puncak kejayaan bisnis Anda.

Ada begitu banyak hal yang dapat Anda perbaiki di Tahun 2017 ini. Mulai dari pembaruan strategi marketing atau strategi pemasaran, menerapkan otomatisasi penjualan, dan strategi bisnis lainnya.

Agar peningkatan bisnis Anda lebih pesat, cobalah untuk melakukan kelima hal di bawah ini.

1. Lakukan pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak

Tak dapat dipungkiri, Anda akan sangat kesulitan menjalankan bisnis tanpa perangkat-perangkat pendukung. Sepanjang tahun lalu hingga saat ini, Anda telah dibantu oleh perangkat-perangkat Anda yang sekarang dan kini sudah saatnya Anda memperbaruinya.

Berikut ini adalah daftar perangkat yang perlu mendapat perhatian Anda.

• POS System (Points of Sales / Sistem Kasir)

Jika Anda masih menggunakan mesin kasir konvensional, saatnya Anda beralih ke aplikasi kasir atau program kasir berbasis perangkat lunak yang tentunya jauh lebih memudahkan Anda. Tak perlu lagi melakukan pencatatan dan penjualan maupun penghitungan stok secara manual yang tingkat kesalahannya lebih tinggi.

Anda bisa menggunakan aplikasi kasir, sehingga pekerjaan Anda akan secara otomatis menjadi lebih mudah, lebih cepat dan menghindari kesalahan penghitungan Anda.

• Program Loyalitas Konsumen (Sistem Member)

Jika toko retail Anda memiliki program loyalitas bagi pelanggan, maka sudah saatnya Anda memperbaruinya juga menjadi lebih praktis. Sama halnya dengan pelanggan Anda, tentu mereka akan merasa repot jika diharuskan membawa kartu member yang hanya memenuhi dompet setiap ingin berbelanja di toko Anda.

Manfaatkan program loyalitas yang terintegrasi dengan POS system atau sistem kasir sehingga pelanggan cukup mengaksesnya lewat Smartphone saja.

• Sistem Finansial

Tinggalkanlah kertas, map, dan dokumen fisik lainnya, segera beralih menggunakan software. Selain lebih mudah untuk diakses dan dicari, sistem finansial akan menghemat waktu serta tempat di ruangan Anda.

• Website

Sudah kah Anda memiliki situs web? Jika sudah, pastikan tampilan website Anda diperbarui agar pelanggan dapat mengaksesnya lebih mudah dan nyaman. Jangan lupa untuk memperbarui sistem keamanan pada website Anda agar data-data Anda dan pelanggan tetap terjaga.

• Metode Pembayaran

Selalu cek setiap saat apakah mesin pembayaran Anda masih bekerja secara optimal dan sesuai standar keamanan nasional. Jika diperlukan, sebaiknya perbaharui mesin pembayaran tersebut sehingga mendukung metode pembayaran yang terkini.

2. Menjalin hubungan dengan pelanggan

Setiap tahunnya, kompetisi di pasar akan terus meningkat. Anda sudah harus mempersiapkan strategi bisnis secara personal seperti menjalin hubungan erat dengan pelanggan. Seperti menyapa nama pelanggan atau memberikan ucapan tahun baru pada mereka.

Dengan demikian, Anda dapat mengubah pembeli musiman menjadi pelanggan tetap Anda yang tentunya akan sangat menguntungkan.

Berikan program loyalitas jika pelanggan Anda belum memilikinya. Lalu segmentasi pelanggan berdasarkan gender, riwayat pembelian, serta lokasi agar Anda dapat menawarkan promosi-promosi terbaru yang tepat guna melalui email, ataupun SMS.

3. Berikan perhatian lebih kepada karyawan

Akan sangat sulit bagi Anda untuk mencapai tujuan tanpa dukungan dari karyawan. Jadi, luangkanlah waktu Anda sejenak untuk mengenal karyawan lebih dekat. Caranya dengan makan bersama atau berpergian bersama sehingga dapat memotivasi kembali karyawan Anda.

4. Membuat jadwal promosi

Promosi adalah inti utama dari strategi marketing dan jika Anda gagal dalam merencanakannya, Anda hanya akan melewatkan peluang besar yang ada.

Perhatikan kalender 2017 dan mulailah membuat jadwal promosi menyesuaikan dengan hari-hari besar atau hari libur. Buatlah target yang akan dicapai sehingga Anda mengetahui sebarapa besar usaha dan biaya yang Anda perlukan.

5. Lakukan perhitungan stok mulai dari sekarang

Ada kemungkinan bahwa tahun 2017 merupakan tahun yang sibuk. Luangkan waktu lebih untuk meneliti stok barang Anda secara detail. Namun jika Anda masih menggunakan cara lama yang menggunakan kertas, tentu Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga.

Manfaatkan software toko yang terintegrasi dengan sistem POS atau sistem kasir yang secara otomatis menghitung stok barang berdasarkan penjualan di setiap toko Anda.

Setelah mengetahui kelima hal di atas, bagaimana perencanaan Anda untuk membuat tahun 2017 menjadi tahun terbaik bisnis Anda? Lakukan sekarang.