Cara Efektif Manajemen Waktu dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Jun 6, 2022Tips and Trick

Apakah Anda sering merasa sibuk sepanjang hari namun pekerjaan tidak juga kunjung selesai? Atau Anda merasa 24 jam sehari tidak pernah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan? Hal tersebut menandakan bahwa Anda tidak memiliki manajemen waktu yang baik. 

Manajemen waktu adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan waktu sebaik mungkin. Manajemen waktu yang baik dapat memberikan banyak manfaat, khususnya bagi seseorang yang sedang menjalankan sebuah bisnis. Dengan manajemen waktu yang baik, seseorang dapat menjadi lebih produktif.

Apabila seseorang menjadi lebih produktif dalam hal pekerjaan, maka bisnis yang dijalankan akan lebih cepat berkembang dan mendapatkan keuntungan. Namun, sebelum pembahasan yang lebih lanjut, apa itu manajemen waktu? Bagaimana cara efektif dalam manajemen waktu?

Nah, untuk mengetahui informasinya, simak artikel berikut ini ya!

 

manajemen waktu

 

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membangun Bisnis

 

Pengertian Manajemen Waktu

Seperti yang dibahas sebelumnya, manajemen waktu adalah kemampuan seseorang dalam mengelola dan menggunakan waktu mereka sebaik mungkin. Beberapa ahli juga telah mengemukakan konsep terkait pengertian manajemen waktu, diantaranya:

 

A. Forsyth

Manajemen waktu adalah sebuah upaya dalam mengendalikan waktu guna meningkatkan atau menciptakan efektivitas dan juga produktivitas seseorang.

 

B. Atkinson

Manajemen waktu merupakan adalah kemampuan yang berkaitan dengan upaya seseorang yang telah direncanakan dalam memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

 

C. Frederick Winslow Taylor

Proses pencapaian tujuan hidup setelah mengenyampingkan aktivitas atau kegiatan yang kurang bermanfaat dan memakan banyak waktu disebut juga sebagai manajemen waktu.

 

D. Antonius Atosökhi Gea

Manajemen waktu, proses perencanaan dan pelaksanaan kontrol sadar atas sejumlah waktu yang akan digunakan untuk aktivitas tertentu, khususnya untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas

 

Karakteristik Manajemen Waktu

Manajemen waktu yang baik memiliki beberapa karakteristik, diantaranya

 

A. Evaluasi

Sediakan waktu untuk mencatat dan merangkum kegiatan yang telah dan yang akan dikerjakan. Setelah itu, tentukan target yang ingin dicapai dan menandai beberapa aktivitas yang dapat mengalihkan fokus. Selain itu, mencatat tugas – tugas yang bisa disederhanakan dapat membantu Anda untuk menghemat waktu dan mengerjakan pekerjaan lainnya.

 

B. Rencana dan Prioritas

Setelah melakukan evaluasi dengan mencatat beberapa target yang akan dicapai, Anda dapat menentukan rencana dan urgensi setiap kegiatan yang akan dilakukan. Dengan begitu, aktivitas yang dilakukan dapat dikerjakan dengan efisien dan terarah.

 

C. Pengalihan Waktu

Tetapkan jadwal kapan Anda harus menjawab telepon atau membalas pesan dan email, kecuali panggilan mendesak. Hindari penggunaan media sosial yang terlalu lama dan berbicara mengenai selain pekerjaan di jam kerja dengan teman kantor.

Hal ini dilakukan agar aktivitas – aktivitas tersebut tidak mengalihkan fokus Anda dan membuang – buang waktu dalam mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan.

 

D. Delegasi

Jika memungkinkan, Anda dapat mendelegasikan pekerjaan kepada junior atau bawahan agar mereka juga dapat mempelajari hal baru lainnya. Ditambah lagi hal tersebut dapat mengefisienkan waktu Anda agar tidak terbuang percuma.

 

E. Katakan Tidak

Belajarlah mengucapkan kata “tidak” dengan sopan. Hal ini berlaku untuk menolak beberapa pekerjaan dan kegiatan yang tidak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Misalnya, Anda merasa tidak enak jika rekan kerja mengajak Anda ngobrol yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Anda bisa menolak mereka secara halus dan sopan agar waktu Anda tidak terbuang percuma.

 

manajemen waktu

 

Baca Juga: Apa Saja Keahlian Yang Anda Butuhkan Sebelum Memulai Usaha?

 

F. Rehat

Beristirahat dapat memulihkan tenaga dan membuat pikiran seseorang lebih relax. Maka dari itu, beristirahat adalah hal yang penting bagi setiap orang.

Buatlah jadwal untuk beristirahat sejenak setelah melakukan pekerjaan. Hal tersebut dapat membantu Anda lebih produktif karena tubuh akan kembali fit dan juga menjadi lebih segar. 

Olahraga yang rutin dan juga mengkonsumsi makanan sehat membuat Anda menjadi lebih fokus dan tidak lesu dalam beraktivitas. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan bisnis dengan mudah.

 

Manfaat Manajemen Waktu Bagi Bisnis

Manajemen waktu yang baik dapat memberikan dampak yang baik dalam segala aspek kehidupan. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, semua kegiatan/aktivitas dapat dilakukan dengan lebih efektif dan terarah. Berikut, manfaat – manfaat manajemen waktu bagi bisnis.

 

A. Hidup Jadi Lebih Teratur

Manajemen waktu adalah pengelolaan waktu yang digunakan agar lebih efisien dan produktif. Dengan mengelompokkan jadwal kegiatan sesuai dengan skala prioritasnya, hidup dapat  menjadi lebih teratur. Hal ini dikarenakan waktu yang digunakan jadi tidak terbuang percuma.

 

B. Disiplin

Dengan adanya pembagian waktu yang sesuai, Anda akan terbiasa untuk hidup disiplin. Awalnya, melakukan hidup disiplin akan terasa sulit. Namun, jika anda telah terbiasa, tanpa sadar Anda dapat mengikuti dan melakukan aktivitas sesuai dengan waktu – waktu yang telah ditentukan agar lebih efisien.

 

C. Meningkatkan Produktivitas

Kebiasaan hidup disiplin akan memudahkan Anda dalam mengerjakan pekerjaan atau tugas lainnya secara efisien. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih produktif dan juga terorganisir dalam melakukan pekerjaan.

 

D. Tujuan dan Target Terpenuhi

Dengan menyelesaikan pekerjaan secara efisien, tujuan dan target yang telah ditetapkan dapat terpenuhi dengan mudah. Dengan begitu, produktivitas akan meningkat dan banyak tugas dan kewajiban yang terselesaikan.

 

E. Mengurangi Stress

Apabila target dan tujuan yang ingin dicapai terpenuhi, tentu saja perasaan akan lega dan juga dapat mengurangi stress. Membuat dan mengikuti jadwal kegiatan dapat membantu Anda mengurangi kecemasan.

 

Cara Efektif Melakukan Manajemen Waktu

Membaca teori tidak cukup untuk melakukan manajemen waktu, diperlukan beberapa pengaplikasian dengan cara yang efektif dalam mengelola waktu. Berikut cara efektif dalam melakukan manajemen waktu.

 

  • Menentukan target/tujuan yang ingin dicapai.
  • Menentukan skala prioritas untuk setiap aktivitas.
  • Membuat jadwal atau schedule kegiatan.
  • Menetapkan deadline untuk masing – masing kegiatan.
  • Disiplin dan fokus.
  • Meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak.
  • Konsisten dalam penerapannya.
  • Mengatur dan menahan diri dari kegiatan yang tidak berguna.

 

Kesimpulan

Dengan melakukan manajemen waktu, Anda dapat melakukan pekerjaan lainnya yang dapat diselesaikan secara mudah dan efisien. Manajemen waktu dapat membantu Anda menjadi lebih produktif dalam melakukan pekerjaan.

Manajemen waktu juga dapat membantu Anda menjadi lebih produktif. Selain manajemen waktu, penggunaan Aplikasi kasir online Pawoon POS Indonesia dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis.

 

manajemen waktu

 

Baca Juga: 5 Cara Sukses Menarik Pelanggan Kembali Ke Toko Anda

 

Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah, tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat