Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membangun Bisnis

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membangun Bisnis

Memulai bisnis atau membangun bisnis sendiri memang memerlukan persiapan yang benar-benar matang. Beragam cara memulai bisnis atau usaha tersebar di berbagai media cetak maupun online, namun faktanya, banyak usaha yang harus gulung tikar di setiap tahunnya.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis. Baik itu cara memulai bisnis kuliner, bisnis retail maupun cara memulai bisnis startup lainnya. Meski tak ada jaminan seratus persen berhasil, namun dengan persiapan yang matang Anda akan lebih siap untuk menghadapi persaingan.

Simak lah kelima hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis dan bersiap lah untuk membangun bisnis Anda sendiri.

Sumber Dana / Modal Usaha

Hal paling utama dalam membangun bisnis adalah mengetahui asal sumber dana, dan jumlah perkiraan dana yang dibutuhkan. Bahkan bisnis kecil rumahan pun memerlukan perhitungan yang matang, mulai dari biaya alat dan bahan, biaya cetak kartu nama, hingga biaya saluran telepon.

Modal usaha dapat diperoleh dari berbagai sumber. Cara yang paling sederhana ialah menggunakan dana dari kantong sendiri. Alternatif mudah lainnya ialah dengan meminjam dana dari teman, keluarga, atau kerabat dekat lainnya.

Meminjam dana dari kerabat dekat memang lebih mudah, namun Anda perlu lebih waspada dan bijaksana dalam menggunakannya. Karena tak jarang kasus terputusnya hubungan silaturahmi akibat kelalaian peminjam bahkan sampai terseret ke ranah hukum.

Anda juga dapat memperoleh modal usaha dari institusi finansial baik dari pemerintah maupun swasta. Namun pinjaman dari institusi finansial biasanya memerlukan jaminan tertentu sesuai kebijakan masing-masing institusi. Perhatikan kebijakan dengan seksama agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Sumber Daya Manusia / Tenaga Kerja

Kualitas perusahaan juga ditentukan dari sumber daya manusia di dalamnya. Karyawan maupun pekerja yang ahli dalam bidangnya, sangat menentukan keberlangsungan perusahaan serta memastikan perusahaan masih sesuai dengan visi dan misi awal.

Ada banyak cara untuk memperoleh kandidat terbaik untuk perusahaan, yang termudah ialah melalui referensi dari orang yang Anda percaya. Cara alternatifnya dengan memakai agensi atau lembaga kepegawaian, namun Anda akan membutuhkan biaya tambahan atau ketentuan lainnya sesuai kebijakan lembaga yang bersangkutan.

Namun jika usaha Anda masih berskala kecil, ada baiknya Anda mengelola semuanya sendiri. Selain menghemat pengeluaran, Anda dapat mengetahui segala sesuatu yang terjadi secara langsung dan lebih baik.

Modal usaha membangun bisnis

Sumber Pengetahuan Bisnis

Jika Anda ingin memulai bisnis, maka Anda wajib mengetahui kondisi lapangan dan memperoleh informasi sebanyak-banyaknya tentunya segala informasi berhubungan dengan bisnis yang Anda akan jalani.

Mulai lah dari cara sederhana seperti mempelajari pengetahuan dasar industri serta bidang usaha yang akan dijalankan, hingga meninjau seberapa besar persaingan yang ada. Anda juga dapat mengikuti seminar-seminar umum tentang bisnis, atau bergabung dengan ruang lingkup yang lebih kecil seperti forum diskusi demi memperdalam pengetahuan Anda.

Tips cara memulai usaha baru, terutama saat Anda belum pernah membangun usaha adalah dengan hal-hal yang Anda suka atau Anda ketahui. Misal saja jika Anda menyukai hal yang berhubungan dengan kopi, maka mulailah mencari tahu lebih dalam mengenai kopi. Seperti komunitas pencinta kopi, cara membangun bisnis coffee shop dan lainnya.

Melakukan hobi sekaligus menjadikan hal itu sebagai bisnis akan memberikan semangat yang lebih bagi Anda.

Sumber Daya Fisik

Agar dapat berlangsung lama, seluruh perusahaan dari bidang usaha apapun baik itu kecil maupun besar, memerlukan sumber daya fisik yang pantas dan sesuai. Sumber daya fisik meliputi ruang kerja yang nyaman, jalur komunikasi dan perangkat bisnis yang lancar, sistem yang memadai, hingga materi pemasaran yang efektif.

Perencanaan sumber daya fisik merupakan aspek termahal dari segi biaya jika dibandingkan dengan aspek lainnya. Namun sumber daya fisik merupakan aspek paling penting untuk keberlangsungan perusahaan.

Satu tips bisnis yang perlu Anda lakukan adalah siapkan modal usaha Anda khusus untuk menjaga sumber daya fisik tetap berjalan. Bayangkan jika Anda memiliki bisnis di bidang makanan tradisional, kemudian sistem kasir Anda tidak memadai untuk menampung order yang banyak. Maka akan berdampak pada pengelolaan bisnis khususnya dalam pengaturan order dan pelayanan pelanggan.

Kondisi Emosional

Aspek ini yang paling banyak dilewatkan dan jarang sekali diperhatikan oleh para entrepreneur, padahal aspek ini sangat penting. Memulai bisnis bukan lah sesuatu yang mudah dan tentunya dapat menimbulkan stres. Kondisi emosional yang tidak stabil dapat mempengaruhi setiap keputusan yang Anda ambil.

Sebaiknya Anda perlu menyiapkan wadah khusus untuk menetralisir tingkat stres yang tinggi di ruang lingkup perusahaan. Anda dapat membentuk tim khusus untuk hal ini, mengadakan outing atau menyediakan ruang rekreasi di kantor dan berbagai hal lain yang dapat membantu meningkatkan kondisi emosional dan melepas stres.