Belajar dari 3 Kendala Finansial yang Sering Dialami UMKM - Pawoon

Pemilik usaha kecil atau UMKM tentu punya tantangan tersendiri dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya. Bukan hanya kendala yang berkaitan dengan operasional, pemilik usaha kecil juga seringkali dihadapkan dengan tantangan dan kendala finansial yang cukup berisiko pada kelancaran bisnis. 

 

Kendala finansial bisa berujung pada risiko yang cukup fatal jika tidak dipersiapkan dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa kendala finansial yang bisa kamu hindari dengan perencanaan yang tepat. Simak ulasan lengkapnya, ya! 

 

1. Rekening Pribadi dan Bisnis Tercampur

 

rekening bisnis

 

Sebagian besar pemilik umkm adalah pebisnis pemula yang menjalankan bisnis pertamanya. Itulah mengapa mereka masih menggunakan rekening pribadi untuk keperluan bisnisnya. Seiring perkembangan bisnis, hal ini akan berdampak dan memicu kendala yang kurang baik untuk kesehatan finansial bisnismu. Beberapa hal yang bisa terdampak dari menggabungkan pemasukan di rekening pribadi dan bisnis adalah: 

  • Mempengaruhi perhitungan pajak

Saat data pemasukan pribadi dan bisnis tercampur, petugas pajak akan kesulitan untuk mengklasifikasikan usaha sebagai pribadi atau sebuah badan/perusahaan. Kerancuan ini bisa menyebabkan kamu melanggar ketentuan sebagai wajib pajak dan berujung pada dilakukannya audit atau pemeriksaan pajak. 

  • Mempengaruhi nilai kredit

Penggunaan kartu kredit pribadi untuk keperluan bisnis sebaiknya dihindari. Dengan memisahkan keperluan pribadi dan bisnis, kamu akan lebih mudah membangun skor kredit bisnis yang bagus. Pastikan kamu membayar tagihan tepat waktu agar skor kredit tidak terganggu, ya! 

 

2. Cash Flow Berantakan

 

kas

 

Kendala finansial yang sering dialami oleh usaha kecil atau UMKM adalah cash flow yang berantakan. Hal ini tentunya bisa dihindari jika kamu bisa mengelola seluruh alur kas dengan cara dan alat yang tepat. Beberapa kesalahan yang dilakukan pebisnis pemula dalam mengelola alur kasnya adalah:

  • Boros

Banyak pebisnis pemula yang berpikir bahwa mengeluarkan uang yang besar di awal bisnis akan membawa keuntungan yang besar juga. Nyatanya, jika kamu tidak bijak dalam mengelola keuangan, maka alur kas bisnis yang menjadi taruhannya. Oleh karena itu, pastikan kamu menyesuaikan anggaran dengan kebutuhan bisnis, dan mengurangi anggaran yang sifatnya tidak esensial untuk perkembangan bisnismu. 

  • Transaksi cicilan dengan kartu kredit

Memiliki cicilan kartu kredit tertagih di setiap bulan juga bisa mengganggu alur kas bisnis. Apalagi jika kamu masih menggabungkan penghasilan pribadi dan pemasukan yang kamu dapat dari usaha.  Oleh karena itu, lakukanlah perhitungan sebelum melakukan pembelian agar kamu terhindar dari risiko hutang yang menyulitkan di kemudian hari. 

  • Tidak menyiapkan dana cadangan

Memiliki uang lebih yang disisihkan untuk biaya tak terduga akan lebih memudahkan kamu dalam menghadapi risiko kendala finansial. Oleh karena itu, sisihkanlah sedikit dana cadangan yang terpisah dari alur kas untuk berjaga-jaga dari pengeluaran mendadak yang tidak ada di anggaran. 

 

3. Rekap Kas Manual

 

rekap kas

 

Melakukan rekapitulasi kas secara manual adalah kendala finansial yang terlihat sepele, namun bisa berakibat fatal. Selain alur kas yang tidak rapi, perhitungan manual bisa berujung pada masalah seperti selisih jumlah pemasukan yang didapatkan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi kasir online. Aplikasi kasir POS memiliki fitur rekap kas menggunakan sistem, dengan cara yang mudah dan minim kendala. Dengan basis cloud, data rekap yang sudah dilakukan bisa langsung tercatat dalam menu laporan yang lengkap. 

 

Bicara soal aplikasi kasir dengan fitur lengkap, Pawoon POS memang nggak ada tandingannya. Selain bisa digunakan untuk bertransaksi di toko, kamu juga bisa menikmati fitur lengkap lain seperti Laporan penjualan yang lengkap, pengaturan produk yang mudah dan praktis, dan opsi pengaturan promosi yang beragam. Semuanya bisa kamu dapatkan tanpa ada tambahan biaya atau add ons, lho! 

 

Tunggu apa lagi? Coba Pawoon sekarang dan nikmati kemudahan pengelolaan bisnis impianmu!

 

 

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat