Langkah – Langkah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

Sep 8, 2022Marketing

Digital marketing adalah salah satu strategi dalam melakukan proses pemasaran online dengan memanfaatkan berbagai media digital, seperti website, media sosial, email, dan lain sebagainya. Maka dari itu, digital marketing merupakan strategi bisnis yang paling sering digunakan oleh para pebisnis/pelaku usaha.

Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang belum memahami secara baik tentang penerapan atau langkah – langkah pengaplikasian digital marketing. Hal tersebut dikarenakan banyaknya platform online digital marketing yang memiliki pendekatan yang berbeda – beda.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, apa sih pentingnya digital marketing bagi sebuah bisnis? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut ini!

 

digital marketing

 

Baca Juga: [Lengkap] Panduan Copywriting Untuk Tingkatkan Penjualan

 

Mengapa Digital Marketing Penting?

Selain jangkauan target konsumen yang lebih banyak, digital marketing juga memiliki beberapa keunggulan yang membuat pebisnis sering menerapkan strategi ini dalam bisnisnya. Keunggulan – keunggulan tersebut meliputi:

  • Biaya yang relatif lebih murah dan dapat diatur sendiri
  • Branding cepat dengan jangkauan konsumen yang lebih luas
  • Akses pengaplikasian yang lebih mudah
  • lebih memfokuskan periklanan kepada calon konsumen yang lebih potensial sehingga iklan lebih tepat sasaran
  • Kemudahan yang perusahaan dapatkan dalam mengumpulkan data konsumen 
  • Berdasarkan penelitian, 70% masyarakat dunia lebih suka dengan iklan online daripada iklan tradisional
  • Hemat waktu dengan fitur – fitur canggih dan efisien
  • Lebih mudah dan cepat dalam melakukan komunikasi dua arah
  • Konsep dan teknis iklan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Mudah dalam Menganalisis Pasar & Pesaing (Kompetitor)
  • Tidak Butuh Sumber Daya Manusia yang Banyak
  • Potensi Pertumbuhan Bisnis yang Signifikan

 

Aset Penting Digital Marketing

Berbicara tentang digital marketing, seorang marketer wajib mengetahui dan juga memahami elemen apa saja yang dapat dimaksimalkan oleh bisnis dan perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan maksimal.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset. Untuk itu, berikut beberapa aset penting digital marketing yang harus Anda pahami untuk dioptimalkan:

  • Identitas Brand
  • Website, Landing Page, dan Aplikasi Mobile
  • Media (Foto, Video, and Audio)
  • Konten Digital
  • Akun Media Sosial
  • Jejak Online (Review/Feedback/Testimoni)
  • Data Analitik

Selain itu, hal penting lainnya yang cukup penting yaitu keaktifan Anda di dalam forum online. Untuk itu, usahakan profil usaha Anda memiliki rating dan kesan yang baik dari pelanggan. Hal tersebut dapat mempengaruhi branding yang bisnis Anda miliki di dunia maya.

 

Langkah Memulai Digital Marketing

Untuk memulai digital marketing, terdapat beberapa langkah yang harus Anda pahami, diantaranya: 

 

A. Tentukan Buyer Persona

Sebelum menerapkan strategi digital marketing, Anda perlu memahami pesona konsumen yang ditargetkan. Buyer Persona adalah profil yang dapat mewakili target pasar produk yang Anda jual.

Dengan menentukan buyer persona, Anda dapat mengukur tingkat keberhasilan proses pemasaran yang dijalankan serta menyusun strategi digital marketing yang lebih tepat sasaran. Namun dalam penentuannya, Anda harus melakukan riset untuk menciptakan profil buyer persona yang lengkap.

 

B. Identifikasi Kebutuhan Target Pasar

Setelah mengetahui buyer persona alias target pasar bisnis Anda, selanjutnya Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan mereka. Sebelum menawarkan produk yang Anda jual kepada customer, pastikan barang/jasa tersebut dapat menjadi solusi kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan.

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan melakukan riset langsung ke lapangan, membuat Focus Group Discussion (FGD), bergabung di forum, dan lain sebagainya.

 

C. Tentukan Tujuan (SMART)

Pada tahapan ini, Anda diharuskan untuk menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan rumus Specific (S), Measurable (M), Attainable (A), Relevant (R), Time-based (T). Meskipun ada banyak tujuan yang mungkin ingin Anda capai, namun cobalah untuk fokus pada tujuan yang akan mendorong strategi Anda ke depan daripada membuatnya tetap stagnan.

digital marketing

Baca Juga: TINGKATKAN OMSET PENJUALAN DENGAN TIKTOK LIVE, EMANG BISA?

 

D. Tetapkan Anggaran Dana

Anggaran dana merupakan sejumlah uang yang dihabiskan dalam periode tertentu untuk melaksanakan suatu program. Dengan adanya anggaran dana, Anda dapat mengelola dan juga membelanjakan budget pemasaran secara efektif sesuai dengan kebutuhan. Penetapan anggaran dana dapat Anda lakukan dengan menerapkan metode SMART untuk mengukur budget yang masuk dan keluar.

 

E. Susun Marketing Plan

Setelah mengetahui buyer persona hingga kebutuhan target pasar, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah menyusun rencana pemasaran atau yang biasa disebut juga dengan marketing plan.

Marketing plan adalah kegiatan merumuskan usaha-usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran pada masa yang akan datang, dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang diharapkan di bidang pemasaran.

Dengan menyusun marketing plan, Anda dapat menjalankan proses pemasaran dengan lebih terarah dan juga efisien. Hal tersebut dikarenakan Anda mengetahui apa yang harus dikerjakan dan tidak, serta Anda juga dapat mengetahui proses untuk mencapai tujuan pemasaran.

 

F. Manfaatkan Media Digital Marketing

Pada langkah ini, Anda harus menentukan channel digital marketing yang akan Anda gunakan. Dalam hal ini, channel digital marketing yang dapat Anda gunakan sangan beragam, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap channel digital marketing memiliki strategi yang berbeda – beda. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami strategi yang tepat untuk setiap channel digital marketing.

Adapun channel digital marketing, yaitu Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, Website, Landing page, SEO, SEM, Content Marketing, Blog, Email Marketing, Video Marketing, Social Media Marketing, PPC, Native Advertising, Affiliate Marketing, dan channel digital marketing lainnya.

 

G. Buat Konten Semenarik Mungkin

Ini merupakan inti dari proses digital marketing, yaitu membuat konten untuk menarik perhatian audiens agar membeli produk yang Anda jual. Dalam hal ini, konten yang menarik biasanya dikemas dalam visual dan juga copywriting yang dapat membuat pembaca membaca iklan Anda.

Namun untuk menciptakan copywriting yang bagus, Anda memerlukan teknik khusus untuk meramu kata-kata terutama demi menyampaikan kepentingan bisnis. Inilah yang disebut dengan copywriting.

Copywriting adalah teknik membujuk pembaca atau audiens dengan rangkaian kata – kata untuk melakukan beberapa action pemasaran. Dengan adanya copywriting yang baik, target pasar dapat memahami manfaat dari layanan Anda dan tahu mengapa mereka harus membelinya.

 

H. Gunakan Marketing Tools

Karena banyaknya channel digital marketing yang bisa Anda gunakan, tentu saja hal tersebut bisa membuat Anda pusing dalam mengelolanya. Namun jangan khawatir, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan marketing tools yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran.

Dengan menggunakan marketing tools, Anda dapat membuat to do list untuk mengatur daftar pekerjaan, aplikasi email otomatis, aplikasi untuk menganalisa data, hingga tools untuk membantu upaya Search Engine Optimization (SEO). Alhasil, manajemen proyek pun lebih mudah dan praktis.

 

I. Buat Keyword Research

Digital marketing adalah tentang menjangkau audiens yang ditargetkan melalui konten yang dipersonalisasi dimana semua konten tidak dapat disebarkan tanpa penelitian kata kunci yang efektif.

Maka dari itu, melakukan penelitian kata kunci sangat penting untuk mengoptimalkan situs web dan konten Anda untuk SEO dan memastikan orang dapat menemukan bisnis Anda melalui mesin pencari. Selain itu, penelitian kata kunci media sosial juga dapat membantu untuk memasarkan produk atau layanan Anda di berbagai saluran sosial.

 

J. Lakukan Evaluasi

Setelah semuanya telah Anda lakukan, tibalah saatnya untuk mengukur tingkat keberhasilan dengan melakukan evaluasi. Melakukan strategi digital marketing tanpa melakukan evaluasi performa adalah sia – sia.

Anda tidak dapat mengukur dan mengetahui sejauh apa strategi yang Anda jalankan kalau tidak melakukan evaluasi? Maka dari itu, Anda harus melakukan evaluasi dengan memahami metrik – metrik digital marketing sebagai tolak ukur kesuksesan. 

 

Job Desk Digital Marketer

Dengan menjadi seorang digital marketer, Anda harus memahami tugas utama yang harus dilakukan, seperti:

  • Melakukan riset Informasi dan menganalisa tren pasar
  • Menganalisis posisi bisnis terhadap kompetitor
  • Membuat perencanaan strategi kampanye dan promosi
  • Merencanakan strategi penjualan produk, jasa, atau layanan
  • Manajemen produk (Harga, distribusi, dan lain – lain)
  • Manajemen Informasi serta Inovasi dalam Bisnis
  • Melakukan pengelolaan anggaran terhadap Return of Investment (ROI)
  • Membangun komunikasi dan hubungan dengan pelanggan
  • Memanfaatkan media online & offline untuk proses pemasaran
  • Melakukan proses branding bisnis 

 

Tantangan dalam Menjalankan Digital Marketing

Melakukan proses pemasaran pun tidak lepas dari tantangan yang bisa dihadapi dalam menjalankannya. Untuk itu, berikut beberapa tantangan dalam menjalankan digital marketing.

  • Investasi waktu
  • Sisi negatif branding
  • Waktu untuk pelatihan
  • Regulasi privasi

 

Kesimpulan

Itu dia beberapa penjelasan mengenai digital marketing yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan omset penjualan, keuntungan, dan juga proses pemasaran bisnis Anda. Dengan mengikuti langkah – langkah diatas, Anda dapat dengan mudah menjalankan digital marketing dengan mudah.

 

digital marketing

 

Baca Juga: Digital Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Proses Pemasaran

 

Selain itu, penggunaan Aplikasi Kasir Online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu usaha Anda menjadi lebih sukses. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal tersebut telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Daftar Sekarang!

 

Kode Referral, Strategi Pemasaran Untuk Capai Tujuan Bisnis

Kode Referral, Strategi Pemasaran Untuk Capai Tujuan Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pemasaran merupakan faktor utama dalam keberhasilan sebuah penjualan. Pemasaran merupakan aktivitas bisnis dalam mempromosikan sebuah produk. Namun dalam pelaksanaannya, dibutuhkan strategi yang tepat dalam memasarkan sebuah produk....

Digital Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Proses Pemasaran

Digital Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Proses Pemasaran

Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini mulai dikenal di kalangan masyarakat. Mulai dari aspek Sumber Daya Manusia (SDM) hingga proses pemasaran yang mulai beralih menggunakan teknologi digital. Istilah tersebut sering kali disebut juga dengan digital...

[Lengkap] Panduan Copywriting Untuk Tingkatkan Penjualan!

[Lengkap] Panduan Copywriting Untuk Tingkatkan Penjualan!

Copywriting adalah salah satu topik yang tidak pernah habis untuk dibahas. Pasalnya, terdapat banyak hal yang harus dipahami, mulai dari formula, skill set, hingga trik menulis copywriting yang baik dan benar. Copywriting yang baik dan benar dapat membuat bisnis Anda...

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat