Ini Cara Aplikasi Kasir Mudahkan Kamu Kembangkan Usaha - Pawoon

Penggunaan aplikasi kasir adalah salah satu elemen penting dalam perkembangan bisnis modern. Selain memudahkan operasional di toko, aplikasi kasir juga bisa membantu meningkatkan penjualan dan pelayanan kepada pelanggan yang datang. Masa sih, hanya itu fungsinya? Tentu tidak, dong

Dengan pengelolaan yang optimal, aplikasi kasir bisa memberikan manfaat lebih dari sekadar mempermudah proses transaksi di toko. Melalui fitur lengkap aplikasi kasir, kamu juga bisa lebih mudah mengambil keputusan dan menentukan strategi yang bisa membantumu mengembangkan usaha. Gimana caranya? 

 

Mudah Kembangkan Usaha dengan Sistem Aplikasi Kasir 

 

aplikasi kasir

 

Memulai bisnis adalah satu hal, namun mengembangkannya adalah hal yang berbeda. Tantangan yang dihadapi oleh pemilik usaha dalam mengembangkan bisnis tentunya bukan cuma satu atau dua. Walaupun bisnismu dimulai dari mimpi, rasa lelah pasti ada, apalagi saat segala urusan, dari penjualan hingga seleksi karyawan harus dilakukan seorang diri.

Kamu nggak sendirian! Faktanya, sebagian besar pemilik bisnis setuju bahwa mengembangkan bisnis kecil lebih sulit saat dilakukan sendiri. Mereka juga setuju, bahwa penggunaan aplikasi kasir digital menjadikan semuanya lebih mudah. Kita bukan hanya bicara soal waktu dan tenaga yang lebih efisien karena tidak harus melakukan pencatatan secara manual. Ini juga soal fitur terbaik yang bisa memudahkan proses pengelolaan data yang jauh lebih optimal. 

Lalu, apa saja sih kriteria aplikasi kasir terbaik yang bisa mengembangkan usaha? Lanjutkan membaca untuk mengetahui informasi lengkapnya ya! 

 

Memiliki fitur lengkap

Kita sudah sempat menyinggung soal manfaat maksimal yang diberikan aplikasi kasir saat fiturnya digunakan secara optimal. Ini benar adanya, oleh karena itu setiap pemilik bisnis harus memastikan fitur yang dimiliki aplikasi kasir sudah optimal. Selain fitur utama yang ada di aplikasi, kamu juga membutuhkan berbagai fitur pendukung seperti manajemen stok/inventori, pelanggan, karyawan, hingga promo. Kenapa itu penting? Mari kita uraikan. 

1. Manajemen Inventori/Stok

Coba bayangkan rasa sedih kecewa yang dirasakan pelanggan saat pelayan toko bilang “Maaf kak, menu/item  ini sudah sold out”, nggak enak, kan? Sebagai pemilik bisnis, yang setidaknya bisa kamu lakukan adalah memastikan jumlah supply sudah sesuai dengan jumlah demand yang ada. Dengan fitur manajemen inventori, kamu bisa dengan mudah melihat produk atau bahan baku mana yang lebih cepat habis, dan sudah waktunya untuk dipesan lagi. 

2. Manajemen Pelanggan

Seiring berjalannya bisnis, tentu ada satu (dua, atau lebih) wajah familiar yang kembali untuk kunjungan kesekian kali. Peluang ini jangan dibiarkan begitu saja, karena kamu bisa melakukan yang lebih ketimbang sekadar menyapa dan berlalu pergi. Dengan fitur manajemen pelanggan, kamu bisa lebih mengenal siapa pelanggan setiamu. Bukan hanya nama dan tanggal lahir, tapi juga item atau menu yang disukai saat berkunjung ke toko atau restoran. 

3. Manajemen Karyawan

Pemilik usaha sukses tentu paham bahwa memiliki karyawan itu bukan hanya soal kemitraan, tapi juga soal kepercayaan. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan bisa dilakukan dengan proses seleksi yang baik dan manajemen yang maksimal. Fitur kelola karyawan pada aplikasi kasir dapat membantu kamu meminimalisir kecurangan yang terjadi di toko, dan memastikan hubungan kemitraan dengan karyawan lebih terjaga.

4. Manajemen Promo

Fitur manajemen promo menjadi penting, karena inilah fitur yang bisa memudahkan kamu memberikan privilege pada pelanggan setia. Kamu membutuhkan aplikasi kasir dengan fitur manajemen promo yang mudah dibuat, dan mudah dioperasikan oleh kasir toko. Pastikan juga kamu memilih aplikasi kasir yang memberikan beragam pilihan jenis promosi dan program loyalitas yang bikin pelanggan happy, dan nggak ragu balik lagi. 

 

Terintegrasi dengan tools pendukung

Yakin fitur aplikasi kasir di atas sudah cukup untuk mengembangkan usaha? Jawabannya: Kalau bisa kasih lebih, kenapa enggak?! Aplikasi kasir terpercaya akan selalu berupaya memberikan inovasi terbaik untuk penggunanya. Salah satunya adalah dengan memfasilitasi beberapa integrasi pendukung yang semakin memudahkan transaksi bisnis. 

Salah satu integrasi yang kamu butuhkan adalah digital payment. Integrasi ini akan memudahkan kamu memberikan kebebasan pada pelanggan memilih metode pembayaran yang diinginkan. Bisa dengan cash, kartu debit/kredit, dan dompet virtual seperti Gopay, OVO, DANA, LinkAja, dan ShopeePay. Semakin banyak opsi pembayaran, pelanggan akan semakin nyaman dan tentunya bisa mendongkrak target penjualan. 

Salah satu tools pendukung yang juga dibutuhkan khususnya di era pandemi seperti sekarang adalah online ordering platform. Tools tambahan ini akan membantu kamu memperluas jangkauan bisnis dengan kemudahan yang ditawarkan. Kamu juga bisa memastikan keamanan transaksi dine in di toko, dengan menu digital yang bisa meminimalisir kontak antara karyawan dan pelanggan. 

 

Penyajian Laporan Lengkap dan Terperinci

Coba sebutkan, apa saja aset berharga yang perlu dijaga dalam berbisnis? Sebagian besar dari kamu tentu menyebutkan beberapa hal seperti gedung, kendaraan inventaris, mesin kasir, mesin kopi, hingga karyawan. Jangan sampai lupa ya, ada aset paling penting yang harus selalu dijaga dan dipelihara: Data Penjualan

Mengembangkan usaha bukan perkara harian, mingguan, atau bulanan. Setiap pemilik bisnis perlu waktu yang lama untuk memikirkan strategi penjualan dan mengambil keputusan yang bijak untuk bisnisnya. Inilah mengapa laporan penjualan punya peran penting bagi bisnismu. Seperti pepatah ‘tak ada asap, jika tak ada api’, tentunya takkan ada strategi bisnis yang baik, kalau tidak ada data yang diteliti dengan baik pula. 

Dengan laporan penjualan yang optimal, lengkap dan terperinci, kamu bisa lebih mudah mengambil keputusan dalam mengembangkan usaha. Kamu juga bisa membandingkan berbagai data laporan lainnya, agar keputusan yang kamu ambil lebih objektif dan tidak salah sasaran. Selain itu, kamu juga bisa memilih aplikasi kasir yang sudah terintegrasi dengan software accounting, jika kamu membutuhkan data pendukung seperti laporan akuntansi yang lebih terperinci. 

 

Aplikasi Kasir Online untuk Kemudahan Bisnis Waralaba

 

aplikasi kasir online

 

Apapun tipe bisnis yang kamu jalani, mengambil keputusan untuk menambah cabang bukanlah hal mudah. Butuh pertimbangan dan perhitungan khusus, yang bisa jadi lebih mudah saat kamu punya aplikasi kasir dengan fitur laporan terlengkap. 

Bicara soal bisnis waralaba atau franchise tentunya berbeda dengan bisnis biasa. Tak hanya skalanya  yang lebih besar, manajemen yang dilakukan juga harus lebih serius. Inilah mengapa pemilik bisnis waralaba membutuhkan aplikasi kasir terbaik untuk mempertahankan kualitas bisnis di hadapan mitra dan pelanggan setia. 

Fitur lengkap yang dimiliki aplikasi kasir seperti Pawoon bisa memudahkan kamu mengelola cabang atau franchise yang kamu punya. Dengan fitur menarik seperti transfer stok, kamu bisa memaksimalkan peran masing-masing cabang dalam menjaga kualitas dan pelayanan di toko. Pawoon juga dilengkapi dengan opsi Laporan per Outlet, yang bisa memudahkan kamu memantau penjualan di setiap cabang bisnis yang kamu punya. 

Nggak sampai di situ saja! Seluruh fitur yang dimiliki Pawoon bisa kamu sesuaikan dan aplikasikan ke seluruh outlet atau beberapa outlet terpilih milikmu. Kamu juga  bisa dengan mudah mengatur pajak, service charge, hingga promo berdasarkan outlet atau cabang yang ada. Kamu nggak perlu repot kerja sendirian, karena kamu bisa berbagi akses Super Admin dengan staff operasional untuk mengelola day to day business. 

Dengan basis cloud, kamu bisa dengan mudah mengakses dan memantau perkembangan bisnis waralaba di mana saja dan kapan saja, lho! Mudah dan praktis banget, kan? Tunggu apa lagi? Ayo tumbuhkan bisnis impianmu bersama Pawoon. Nggak perlu takut, karena Pawoon siap jadi sahabat seluruh pemilik usaha seperti kamu. Yuk, Daftar Sekarang! 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat