6 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Kasir - Pawoon

6 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Kasir

Sebagai seorang pebisnis, Anda disarankan untuk memiliki software kasir atau yang disebut dengan Point of Sale (POS). Program kasir yang terdapat dalam POS bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis agar terkelola dengan baik, khususnya untuk manajemen keuangan perusahaan Anda. Aplikasi kasir gratis bisa Anda dapatkan dengan mudah yang juga sudah dilengkapi dengan printer kasir agar Anda bisa langsung mencetak struk penjualan.

Meskipun demikian, Anda tidak bisa sembarang dalam memilih aplikasi kasir yang akan digunakan. Hal ini harus disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda jalani. Fitur-fitur POS yang digunakan untuk bisnis kuliner dan ritel tentunya akan berbeda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih fitur pada program kasir atau POS.

Fitur Pelacak Inventaris Barang

Ketika Anda menjalankan suatu bisnis, Anda harus mengetahui jumlah persediaan barang yang ada di toko. Jangan sampai ketika pelanggan mencari produk tersebut, ternyata stoknya kosong dan Anda lupa untuk melakukan restock untuk sejumlah produk. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan program kasir yang sudah memiliki fitur untuk melacak inventaris barang. Dalam fitur ini, Anda bisa melacak jumlah persediaan barang secara up to date. Karena software kasir sudah diatur secara otomatis untuk urusan pengelolaan persediaan barang.

Fitur Laporan Penjualan

Fitur ini merupakan hal yang wajib ada dalam program kasir atau POS. Dengan adanya fitur laporan penjualan, Anda akan mengetahui bagaimana perkembangan bisnis Anda secara real time dan mudah. Software kasir mampu menyediakan laporan penjualan secara lengkap dan cepat, bahkan Anda juga bisa mengetahui laporan penjualan dari perusahaan cabang yang tersebar di berbagai lokasi. Dari fitur ini, Anda bisa menentukan jenis produk yang akan dikembangkan selanjutnya untuk menarik minat konsumen. Dalam program kasir tersebut, Anda bisa mengatur bentuk laporan yang Anda butuhkan secara berjangka.

Fitur Pengelolaan Pelanggan

Program kasir juga ternyata bisa menyimpan data pelanggan secara berkala. Setiap pelanggan yang berkunjung untuk membeli produk Anda, datanya akan masuk ke dalam sistem. Hal ini bisa membantu Anda dalam membuat riwayat tran pelanggan yang sudah mengkonsumsi produk Anda. Biasanya, data pelanggan yang tersimpan berupa nama, alamat, dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Kelengkapan fitur pada aplikasi POS akan berpengaruh pada performa bisnis

Fitur Pemisahan Tagihan

Ketika akan melakukan transaksi, konsumen terkadang ingin memisahkan tagihannya agar jumlah tagihan yang harus dibayar bisa diketahui lebih detail. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda menambahkan fitur ini pada software kasir yang Anda gunakan. Karena hal ini juga bisa membantu Anda untuk memeriksa tagihan pelanggan secara cepat dan mudah.

Fitur Pilihan Metode Pembayaran

Zaman sekarang, konsumen selalu menginginkan metode pembayaran yang mudah dan cepat. Bahkan kebanyakan dari mereka melakukan pembayaran secara non tunai, seperti menggunakan kartu debit atau kredit. Karena itulah Anda sebagai pebisnis harus menggunakan aplikasi POS dengan fitur pilihan metode pembayaran.

Pilihan metode pembayaran konsumen tidak hanya secara tunai saja, tetapi lengkapi juga dengan non tunai. Software kasir Anda akan terintegrasi dengan bank terkait atau yang bekerja sama dengan perusahaan Anda. Sehingga konsumen pun lebih nyaman dalam bertransaksi di toko Anda.

Fitur Multi User

Setiap software kasir yang digunakan tentunya tidak selalu digunakan oleh satu orang saja. Oleh sebab itu dibutuhkan fitur multi user agar aplikasi kasir tersebut bisa digunakan oleh lebih dari satu orang. Apalagi jika bisnis yang Anda jalankan merupakan bisnis berskala besar, sehingga setiap pegawai yang menggunakan mesin kasir diharuskan memiliki akun sendiri.

WhatsApp chat