Affiliate Marketing: Model Bisnis Yang Cukup Menjanjikan

Jul 6, 2022Marketing

Affiliate marketing adalah istilah yang sudah tidak asing lagi didengar oleh para marketer. Dengan berkembangnya zaman, banyak marketer yang lebih memilih menggunakan model bisnis jenis ini.

Selain mudah, proses pemasaran menggunakan sistem afiliasi ini juga cukup membutuhkan internet sebagai pendukung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 80% perusahaan dan 84% marketer menggunakan affiliate marketing. Sementara itu, sekitar 15% industri media mendapatkan revenue dari affiliate marketing. 

Berbicara tentang affiliate marketing, apa itu affiliate marketing? Dan bagaimana cara kerjanya? Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya!

 

affiliate marketing

 

Baca Juga: 5+ Strategi Email Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan!

 

Definisi Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sistem bisnis yang dilakukan dengan cara bekerjasama dengan seseorang untuk melakukan proses pemasaran kepada konsumen agar membeli produk yang Anda tawarkan. Secara umum, istilah affiliate marketing mengacu pada penggunaan afiliasi untuk membantu penjual menyampaikan produk atau jasa kepada konsumen, misalnya dengan melakukan endorsement dan paid promote.

Dilansir dari Smart Passive Income, affiliate marketing adalah proses penawaran atau promosi produk menggunakan jasa afiliasi profesional. Sementara itu, menurut CJ Affiliate, agensi pemasaran ternama Amerika menjelaskan bahwa affiliate marketing adalah proses promosi yang dilakukan berdasarkan tiga sisi, yaitu penjual, afiliasi, dan konsumen.

Prinsip kerja affiliate marketing adalah penjualan berbasis komisi. Misalnya, Anda berhasil menjual sebuah produk kepada pelanggan, dengan begitu Anda akan mendapatkan uang atau komisi dari penjualan produk tersebut.

Metode marketing ini sangat menguntungkan bagi bisnis atau usaha yang tidak mau repot dalam melakukan proses pemasaran. Selain itu, affiliate marketing ini juga cukup menguntungkan bagi konsumen, pasalnya mereka tidak perlu melihat semua produk yang ada di toko. Mereka cukup melihat ulasan produk atau jasa tersebut dari afiliasi.

 

Mengapa Affiliate Marketing Penting?

Affiliate marketing merupakan metode bisnis yang banyak digunakan oleh perusahaan saat ini. Hal tersebut dikarenakan pemasaran afiliasi memiliki keuntungan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan nilai penjualan. Lantas, apa saja keuntungannya? Berikut poin – poinnya!

  • Modal yang kecil atau bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali
  • Fleksibel dan sangat mudah dilakukan bagi pemula.
  • Meningkatkan dan mendapatkan ROI atau keuntungan yang sangat besar.
  • Risiko bisnis yang kecil.
  • Salah satu kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang besar.
  • Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  • Ragam pilihan produk yang bisa ditawarkan.

 

Selain keuntungan yang lebih banyak, pemasaran afiliasi juga memiliki beberapa kekurangan apabila tidak dilakukan dengan benar. Kekurangan tersebut, diantaranya:

  • Penghasilan yang tidak tetap
  • Membutuhkan waktu yang lama
  • Persaingan yang sangat ketat
  • Perkembangan kompetitor yang sulit dikelola

 

affiliate marketing

 

Baca Juga: Pahami Hal Berikut Ini Sebelum Memulai Pemasaran Dengan Email Marketing!

 

Cara Kerja Affiliate Marketing

Seorang affiliate adalah orang yang menjalankan program afiliasi dengan mendaftarkan diri pada perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Setelah itu, seorang affiliate cukup mempromosikan link yang telah didapatkan dalam proses pendaftaran program afiliasi.

Bentuk promosi yang dilakukan dapat berupa online marketing, seperti endorsement, paid promote, atau mempromosikan link tersebut di berbagai platform sosial media, web, blog, forum online, atau pada siapa saja yang mungkin tertarik. Setelah itu, apabila seorang pelanggan menekan link hingga melakukan transaksi, Anda secara otomatis akan mendapatkan komisi yang telah disepakati di awal pada saat proses pendaftaran.

Metode pemasaran afiliasi ini merupakan passive income yang sangat mudah dilakukan bagi pemula yang ingin menjalankan sebuah bisnis tanpa memiliki website sendiri. 

 

Kesimpulan

Affiliate marketing adalah sistem penjualan yang memberikan keuntungan pada 3 sisi, yaitu perusahaan, konsumen, dan affiliate itu sendiri. Hal ini tentu saja mampu meningkatkan nilai penjualan sebuah bisnis.

Selain murah, metode yang berbentuk seperti salesperson ini juga cukup mudah dilakukan dan memiliki banyak keuntungan bagi setiap pihak. Selain affiliate marketing, penggunaan Aplikasi Kasir Online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu usaha Anda menjadi lebih sukses.

affiliate marketing

 

Baca Juga: Omnichannel, Strategi Marketing Yang Tepat Untuk Bisnis Ritel

 

Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

[Lengkap] Panduan Copywriting Untuk Tingkatkan Penjualan!

[Lengkap] Panduan Copywriting Untuk Tingkatkan Penjualan!

Copywriting adalah salah satu topik yang tidak pernah habis untuk dibahas. Pasalnya, terdapat banyak hal yang harus dipahami, mulai dari formula, skill set, hingga trik menulis copywriting yang baik dan benar. Copywriting yang baik dan benar dapat membuat bisnis Anda...

7+ Copywriting Yang Harus Anda Kuasai!

7+ Copywriting Yang Harus Anda Kuasai!

Copywriting atau teknik kepenulisan merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Pasalnya, dalam menjalankan proses promosi sebuah perusahaan, Anda akan membutuhkan kata - kata unik dan tepat untuk menarik perhatian calon konsumen....

7+ Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Anda Coba

7+ Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Anda Coba

Pemasaran online di era digital seperti sekarang ini sangatlah penting. Hampir semua aspek kehidupan telah menggunakan teknologi digital dan juga internet, misalnya  aspek pemasaran dalam sebuah perusahaan. Bagi pelaku bisnis, pemasaran online jauh lebih menguntungkan...

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat