6 Film Sebagai Inspirasi Bisnis untuk Anda - Pawoon

6 Film Sebagai Inspirasi Bisnis untuk Anda

Sama halnya dengan berbagai hal yang Anda lakukan dalam hidup, berbisnis juga butuh yang namanya masukan yang bisa menjadi inspirasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan, khususnya saat menghadapi berbagai tantangan. Ada banyak sumber inspirasi yang bisa Anda dapatkan, seperti dari idola atau panutan, kerabat atau rekan, dari buku, atau bisa juga dari film.

Dalam cerita dari sebuah film, pasti ada pesan-pesan yang hendak disampaikan buat penontonnya. Pesan-pesan tersebut bisa tentang banyak hal, termasuk dalam hal berbisnis, yang bisa menjadi sumber inspirasi buat Anda. Nah, buat Anda yang doyan nonton, mencari inspirasi dari film-film tentu akan jadi hal yang menyenangkan!

Pentingnya Inspirasi Dalam Menjalankan Bisnis

Salah satu hal tersulit dalam membangun bisnis yang menguntungkan  adalah menemukan ide. Tanpa adanya ide, bisnis akan sulit berjalan dan berkembang. Makanya, ide menjadi salah satu modal utama dalam menjalankan bisnis. Dalam menemukan ide-ide kreatif untuk bisnis, Anda butuh inspirasi.

Inspirasi akan memudahkan Anda dalam menemukan dan mempelajari hal-hal baru. Selain itu, inspirasi juga bisa menjadi motivasi tersendiri untuk kemudian mendorong Anda dalam melahirkan ide-ide kreatif baru yang bisa dipraktekan untuk mengembangkan bisnis.

6 Film Yang Bisa Menjadi Sumber Inspirasi Dalam Berbisnis

Seperti yang disebutkan di atas, inspirasi untuk membangun bisnis yang menguntungkan salah satunya bisa didapatkan melalui film. Melalui cerita yang disampaikan Anda bisa mendapatkan banyak sekali inspirasi, termasuk untuk berbisnis. Berikut ini adalah 6 film layar lebar yang bisa menjadi sumber inspirasi bisnis Anda:

The Pursuit of Happiness (2006)

6 Film Sebagai Inspirasi Bisnis untuk Anda

Film ini berceritakan tentang seorang pria bernama Chris Gardner (Will Smith) yang berusaha untuk mempertahankan hidupnya di California. Ia mengawali karirnya sebagai salesman untuk produk mesin X-Ray yang ditawarkan secara door to door. Mesin yang ditawarkan memang bagus dan hasilnya jernih, namun sebagian besar dokter menganggap harganya terlalu mahal.

Gardner tetap berjuang mempertahankan hidupnya dan bergabung dengan perusahaan saham Dean Witter Reynolds yang menawarkan kesempatan magang tanpa dibayar. Film ini memberikan inspirasi bahwa dalam berbisnis Anda harus mau berjuang dari awal dan tidak pernah menyerah.

The Founder (2018)

6 Film Sebagai Inspirasi Bisnis untuk Anda

Anda yang sudah menonton film ini pastinya sudah tahu bagaimana perjalanan bisnis McDonald’s hingga menjadi sukses seperti sekarang. The Founder menceritakan kisah nyata dari Ray Kroc dalam membangun bisnis McDonald’s. Awalnya, Ray Kroc adalah seorang salesman mesin milkshake namun sering mendapatkan penolakan pada saat menawarkan produknya.

Ia selalu memiliki visi jauh ke depan dan memiliki kebiasaan mendengarkan rekaman motivasi agar ia terus bangkit. Intinya, film ini mengajarkan Anda untuk memiliki pikiran terbuka dalam bisnis yang disertai dengan kerja keras dan keyakinan positif untuk mengubah segala hal.

Nightcrawler (2014)

6 Film Sebagai Inspirasi Bisnis untuk Anda

Film yang rilis tahun 2014 ini memberikan pelajaran bahwa peluang bisnis bisa didapatkan dari mana saja, misalnya menjadikan lokasi tindak kriminal sebagai ladang rezeki, terutama bagi seorang jurnalis. Dengan peralatan seadanya, Lou Bloom mampu membuat laporan berita secara real time dan menarik perhatian stasiun televisi.

The Social Network (2010)

6 Film Sebagai Inspirasi Bisnis untuk Anda

Film ini menceritakan tentang bagaimana platform media sosial Facebook dikembangkan oleh penemunya, Mark Zuckerberg. Di usia mudanya, Mark mampu menciptakan bisnis startup berupa situs jejaring sosial. Melalui ide yang kuat dan kreativitas yang tinggi, Mark akhirnya mampu membuat Facebook hingga seperti saat ini.

Jerry Maguire (1996)

Jika ingin mendapatkan inspirasi bisnis melalui pengalaman hidup, Anda bisa menonton film Jerry Maguire. Hal ini terjadi pada Jerry yang sering kali mengalami perputaran kehidupan. Jerry merupakan seorang atlet sukses, jago dalam bernegosiasi, dan menguasai dunia bisnis secara mendalam.

Joy (2015)

6 Film Sebagai Inspirasi Bisnis untuk Anda

Joy Mangano adalah seorang pencipta mop yang sekarang semakin mendunia. Ia menjadi tulang punggung keluarga dan terinspirasi untuk membuat mop yang merupakan alat pel praktis. Dalam perjalannya, Joy menghadapi berbagai rintangan, mulai dari utang-piutang hingga kasus penipuan. Akhirnya, Joy mampu menghadapi setiap masalah tersebut bersama keluarganya dan ia menjadi pebisnis yang kaya raya.

Bagaimana Film Bisa Menjadi Sumber Inspirasi Yang Efektif?

Meskipun tidak sepenuhnya merupakan kisah nyata, namun film mampu meningkatkan semangat Anda dalam berbisnis. Sebagian besar masyarakat sulit untuk mendapatkan inspirasi secara spontan. Tapi, melalui film, Anda secara tidak langsung akan mendapatkan ide cemerlang untuk berbisnis.

Oleh sebab itu, film menjadi sumber inspirasi yang efektif bagi seorang pebisnis. Itulah beberapa inspirasi yang bisa Anda dapatkan melalui film untuk mengembangkan bisnis yang menguntungkan. Film ternyata memiliki sisi positif terutama bagi para pebisnis.

WhatsApp chat