5 Pebisnis Indonesia Yang Memulai Usaha Dari Hobi - Pawoon

5 Pebisnis Indonesia Yang Memulai Usaha Dari Hobi

Find a job you enjoy doing, and you will never have to work a day in your life.”

Anda mungkin pernah mendengar kutipan dari Mark Twain di atas. Maksud dari kutipan tersebut adalah bila Anda berhasil menemukan pekerjaan yang Anda sukai, maka Anda akan menikmati pekerjaan tersebut dan tidak merasa seperti sedang bekerja. Lalu bagaimana caranya menemukan pekerjaan yang Anda sukai? Salah satu caranya adalah mencari pekerjaan dari hobi. Prinsip ini berlaku juga untuk bisnis. Bukan tidak mungkin menjalani bisnis yang menguntungkan dari hobi!

Tidak sedikit pengusaha di Indonesia yang berhasil mencapai kesuksesan dari bisnis yang berawal dari hobi mereka. Siapa sajakah mereka? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Patricia Hia – House of Beads

5 Pebisnis Indonesia Yang Memulai Usaha Dari Hobi

Sejak dulu, Patricia Hia tertarik pada kerajinan merangkai manik-manik. Kini, hobinya ini berhasil dia kembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan berupa merek House of Beads, yaitu merek aksesoris yang menggunakan batu mulia dan mutiara air tawar. Merek ini juga pernah menggelar pameran di IBEX 2014. Para pecinta hasil karya Patricia tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga warga negara asing yang tinggal di Indonesia. Mereka bahkan rela singgah ke workshop House of Beads di Cilandak untuk melihat dan memesan karya House of Beads yang terbaru.

  1. Bari Setiadi – BaZe

5 Pebisnis Indonesia Yang Memulai Usaha Dari Hobi

Hobi modifikasi audio mobil yang dimilikinya serta kemampuan yang ia dapat dari kuliah di jurusan Teknik Mesin mendorong Bari Setiadi untuk terjun ke bisnis otomotif yang terus dia tekuni hingga saat ini. Bisnis ini dia rintis dengan sederhana, yaitu modifikasi audio mobil di garasi rumahnya. Namun, bisnis tersebut terus berkembang menjadi bisnis modifikasi interior kendaraan mewah yang menguntungkan. Omzet antara Rp300-700 juta pun bisa dia dapatkan untuk satu kali proyek pembuatan interior kendaraan mewah.

  1. Nova Dewi – Suwe Ora Jamu

5 Pebisnis Indonesia Yang Memulai Usaha Dari Hobi

Sejak kecil, saat dia masih tinggal di Surabaya, Nova Dewi memang rajin mengkonsumsi jamu. Namun, saat dia pindah ke Jakarta, dia kesulitan mencari jamu yang biasa dia nikmati. Kegemarannya ini kemudian mendorong dia untuk membuka kedai jamu Suwe Ora Jamu di Petogogan, Jakarta Selatan, pada tahun 2012. Usaha ini terus berkembang dan Nova Dewi membuka 3 cbang kedai jamu lain selain di Petogogan, yaitu di Warung Jati, Salihara, dan Grand Indonesia.

Jamu houseblend buatannya pun sudah bisa ditemukan di banyak outlet di Jakarta, Surabaya, dan Bali. Nova Dewi juga sering menggelar kelas jamu di berbagai tempat, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

  1. Adi Setiadi – Wisata Gunung

5 Pebisnis Indonesia Yang Memulai Usaha Dari Hobi

Sejak duduk di bangku SMP, Adi Setiadi memang suka mendaki gunung. Hobinya ini berlanjut hingga dia dewasa dan menjadi inspirasi bisnis yang ia tekuni, yaitu bisnis wisata alam bernama Wisata Gunung yang menyediakan berbagai layanan dengan banyak pilihan destinasi. Dari bisnis ini, dia berhasil mendapatkan omzet hingga Rp200-350 juta per bulan. Serunya, sambil menjalankan bisnis yang menguntungkan ini, dia masih tetap bisa melakukan hobinya, yaitu mendaki gunung dan travelling.

  1. Nadia Mutia – Kloom Clogs

5 Pebisnis Indonesia Yang Memulai Usaha Dari Hobi

Kecintaannya pada dunia fesyen menjadi inspirasi bagi Nadia Mutia untuk terjun ke bisnis tersebut dan membangun merek sepatu Kloom Clogs. Awal bisnisnya cukup sederhana, dengan penjualan sekitar 20-30 buah sepatu per bulan. Dia pun hanya mempekerjakan empat orang pembuat sepatu dan dua orang penjahit kulit di pabriknya. Kini bisnisnya telah berkembang hingga dia memiliki 20 orang karyawan dan dua pabrik sepatu di Yogyakarta dan Tangerang.

Bila memang mencintai bisnis yang dijalani, Anda tentu lebih bersemangat untuk bereksplorasi dan terus belajar untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi bisnis yang menguntungkan. Jadi, sebelum menentukan bisnis apa yang ingin Anda jalani, bertanyalah pada diri sendiri, apa hobi produktif Anda?

WhatsApp chat