5 Langkah Sukses Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

5 Langkah Sukses Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

Tidak ada satu pun cara pasti dalam menciptakan penjualan yang tinggi untuk bisnis Anda, akan tetapi ada banyak strategi meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan.

 

Memastikan penjualan bisnis Anda terus meningkat bukanlah hal yang mudah, banyak perusahaan telah menggunakan berbagai cara dan metode untuk menghasilkan penjualan. Mulai dari membangun hubungan yang baik dengan pelanggan hingga berbagai teknik penjualan untuk mengembangkan bisnis.

Semua cara tersebut tentu bergantung pada banyak faktor bisnis, salah satunya metode penjualan yang Anda gunakan. Berikut ini 5 tips sukses meningkatkan penjualan yang perlu Anda terapkan dalam bisnis Anda:

1. Buat pelanggan Anda bahagia

Seorang calon pelanggan seharusnya merasa senang saat masuk ke toko Anda, ciptakan suasana ramah yang mengundang mereka untuk datang ke toko Anda dan pastikan staf Anda berinteraksi dengan calon pelanggan.

Perlu Anda ingat bahwa karyawan Anda sangatlah penting dalam menciptakan pengalaman menyenangkan bagi setiap calon pelanggan bisnis Anda. Karyawan yang bahagia sama dengan pelanggan yang bahagia sama dengan peningkatan penjualan bisnis Anda. Lalu, bagaimana cara membuat karyawan Anda bahagia?

Cara memastikan karyawan Anda bekerja dengan perasaan senang adalah dengan memahami alasan dan tujuan pribadi mereka dalam bekerja. Agar karyawan memberikan potensi terbaik mereka, tunjukkan bahwa Anda peduli dengan mereka dan bahwa Anda ingin membantu mereka mencapai tujuan profesional mereka.

Ciptakan keselarasan bekerja yang tepat untuk memiliki karyawan yang bahagia dan termotivasi, sehingga mereka bersemangat untuk menyapa dan berinteraksi dengan pelanggan Anda.

2. Fokus pada kualitas produk Anda

Faktor nomor satu untuk meningkatkan penjualan adalah menjelaskan nilai dan kualitas produk Anda sebelum harga. Hal ini memang sulit karena secara umum pelanggan akan menanyakan harga, akan tetapi pernahkah Anda membeli suatu produk tanpa memikirkan harga? Inilah yang perlu Anda komunikasikan, bahwa nilai dan kualitas produk yang Anda tawarkan sebanding dengan harga tersebut.

Langkah pertama adalah pastikan kualitas produk Anda selalu terjaga. Langkah selanjutnya, melatih karyawan Anda untuk bisa berkomunikasi dengan calon pelanggan mengapa membayar dengan jumlah tertentu untuk produk di toko Anda merupakan pilihan terbaik. Tapi sebelum mereka bisa melakukannya, karyawan Anda perlu memahami nilai produk yang bisnis Anda jual.

3. Tingkatkan jumlah pesanan

Upselling adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pendapatan di toko Anda. Definisi dari upselling adalah menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sudah memiliki niat untuk membeli. Karena calon pelanggan tersebut sudah berada dalam pola pikir pembelian, sehingga Anda bisa membuat mereka menambah jumlah pesanan.

Caranya dengan menawarkan produk lain yang berkaitan dengan produk yang ingin dibeli oleh calon pelanggan Anda. Beberapa kalimat yang bisa Anda gunakan seperti, “Jika Anda menyukai produk ini, saya pikir Anda akan menyukai produk ini juga”.

Anda juga bisa memberikan 2 opsi produk untuk memudahkan pelanggan memilih tambahan pesanan mereka seperti, “Kami memiliki dua produk yang sesuai dengan kopi Anda. Makanan manis yang dibuat dengan madu organik atau produk best seller kami yaitu donat apel – mana yang Anda inginkan?”.

Perlu Anda ingat bahwa teknik penawaran ini harus dilatih dengan benar. Kuncinya adalah menanyakan hal ini dengan cara yang sangat ramah dan persuasif.

4. Berikan promo dengan waktu terbatas

Salah satu cara yang meningkatkan penjualan adalah dengan menciptakan urgensi, seperti memberikan promo dalam waktu singkat. Anda bsia memberikan diskon dalam presentase tertentu kepada setiap pelanggan yang datang, jika mereka melakukan pembelian apa pun khusus pada hari itu.

Anda juga bisa menawarkan barang gratis dengan pembelian produk tertentu. Cobalah berpikir kreatif dengan menggunakan taktik yang berbeda dan lihat manakah taktik yang berhasil meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda dan mana yang tidak.

5. Lakukan komunikasi after-sales

Setelah Anda mendapatkan pelanggan baru, penting untuk tetap berkomunikasi dengan mereka paska pembelian (after-sales). Tujuannya adalah mencari cara untuk meningkatkan lifetime value (LTV) atau loyalitas mereka bagi bisnis Anda.

Anda dapat melakukan hal ini dengan dua cara: Tingkatkan jumlah rata-rata pembelian mereka (upselling) atau tingkatkan frekuensi seberapa sering mereka membeli dari Anda.

Sangat penting bagi sebuah bisnis untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi tentang pelanggan Anda, seperti nama, e-mail, nomor telepon dan lainnya. Sebagian besar sistem point of sale atau sistem kasir berkualitas memungkinkan Anda menyimpan data pelanggan pada saat melakukan transaksi penjualan.

Dengan menyimpan data pelanggan, Anda dapat mengetahui secara lebih detil produk apa yang biasanya dibeli pelanggan tertentu serta frekuensi kedatangan mereka ke toko Anda. Sehingga Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan melakukan personalisasi seperti memberikan rekomendasi produk tertentu yang mungkin disukai oleh setiap pelanggan.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa setiap jam dalam satu hari sangat berharga. Jadi, luangkan beberapa waktu untuk membaca kembali artikel ini dan pilih satu atau dua taktik untuk mulai Anda terapkan pada bisnis Anda. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi hasil setiap taktik dan kembangkan taktik sesuai dengan bisnis Anda.

Terapkan dengan benar, tips ini bisa menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan bisnis Anda.