10+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Dijamin Cuan!

Okt 4, 2022Tips and Trick

Pekerjaan waktu merupakan salah satu sumber penghasilan aktif yang dimiliki oleh setiap karyawan. Meski demikian, tidak jarang sebagian dari mereka masih membutuhkan penghasilan tambahan. 

Adapun masalah yang seringkali terjadi dalam mendapatkan penghasilan tambahan yaitu keterbatasan waktu, tenaga, dan modal yang tidak memungkinkan. Namun di masa yang serba internet ini, semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan sumber penghasilan tambahan? Lihat selengkapnya di artikel berikut ini!

 

penghasilan tambahan

 

Baca Juga: Intrapreneurship, Langkah Tepat Kembangkan Bisnis

 

A. Freelancer

Di zaman yang penuh dengan teknologi ini, semua orang bisa mendapatkan informasi lowongan kerja sebagai freelance atau pekerja lepas melalui internet. Saat ini terdapat banyak situs atau website yang menyediakan informasi lowongan kerja sampingan yang bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja.

Profesi ini merupakan salah satu solusi bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan besaran gaji yang cukup menggiurkan. Semakin banyak pengalaman yang Anda punya maka semakin besar pula penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

 

B. Reseller atau Dropshipper

Jika Anda ingin berbisnis tanpa mengeluarkan modal, dropshipper adalah pekerjaan yang cocok. Reseller adalah pedagang yang menjual kembali produk yang telah dibeli dari pihak pertama dengan menyimpan stok produk dalam jumlah tertentu.

Sedangkan dropshipper merupakan seseorang yang menjual kembali barang supplier tanpa harus memiliki stok. Dalam hal ini, Anda dapat menaikkan harga dan melakukan promosi barang jualan agar memperoleh keuntungan.

 

C. Investasi

Cara yang satu ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya, Anda diharuskan memiliki sejumlah modal untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui investasi.

Investasi adalah kegiatan menanamkan dana ke aset berharga atau instrumen tertentu dengan harapan akan memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Meski demikian, investasi dapat lebih menguntungkan dibandingkan hanya mendiamkan uang di tabungan. 

 

D. Menjual Barang Bekas

Barang bekas yang masih layak pakai bisa mendatangkan keuntungan loh! Misalnya baju, jaket, sepatu, tas, dan barang bekas lainnya yang masih bisa dipakai lagi.

Daripada hanya disimpan begitu saja, Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa menjualnya di secara online atau offline dimana Anda harus menyiapkan foto dan juga narasi yang dapat menarik pelanggan untuk membeli barang yang Anda tawarkan.

 

E. Jasa Titip (Jastip)

Pekerjaan yang satu ini cukup menyenangkan untuk dilakukan bagi sebagian orang. Pasalnya, dengan membuka Jastip, Anda tetap bisa mendatangkan keuntungan hanya dengan berlibur atau berwisata ke suatu tempat.

Misalnya, Anda sedang berliburan ke korea dan Anda menginformasikan ke teman ataupun kerabat bahwa Anda menerima jasa pembelian di wilayah tersebut. Anda dapat menawarkan produk – produk lokal yang bisa Anda jual kembali dengan keuntungan yang berlebih pada teman atau kerabat yang menginginkannya.

 

penghasilan tambahan

 

Baca Juga: Kode Referral, Strategi Pemasaran Untuk Capai Tujuan Bisnis

 

F. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sistem bisnis yang dilakukan dengan cara bekerjasama dengan seseorang untuk melakukan proses pemasaran kepada konsumen agar membeli produk yang Anda tawarkan. Prinsip kerja affiliate marketing adalah penjualan berbasis komisi. Misalnya, Anda berhasil menjual sebuah produk kepada pelanggan, dengan begitu Anda akan mendapatkan uang atau komisi dari penjualan produk tersebut.

Metode marketing ini sangat menguntungkan bagi bisnis atau usaha yang tidak mau repot dalam melakukan proses pemasaran. Selain itu, affiliate marketing ini juga cukup menguntungkan bagi konsumen, pasalnya mereka tidak perlu melihat semua produk yang ada di toko. Mereka cukup melihat ulasan produk atau jasa tersebut dari afiliasi.

 

G. Give Away Social Media

Dengan banyaknya pengguna social media yang membuat para influencer berlomba – lomba untuk mendapatkan follower dan engagement dari pengikut mereka di media sosial. Salah satunya dengan mengadakan giveaway.

Cukup dengan mengikuti instruksi yang diberikan, seperti membagikan konten, men-tag, mem-follow, berkomentar sebanyak-banyaknya, ataupun melakukan interaksi lainnya. Apabila Anda rutin melakukannya, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan giveaway yang diselenggarakan oleh para influencer.

 

H. Menjadi Tutor Online

Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan pemasukkan tambahan dengan menjadi tutor online. Di zaman yang serba online ini, Anda dapat menawarkan jasa les private online yang cukup bermodalkan HP saja. Dengan menjadi seorang tutor, tentu saja Anda diharuskan untuk bidang yang sesuai dengan keahlian Anda.

 

I. Translator Online

Dengan menjadi translator online, Anda hanya membutuhkan hp untuk mendatangkan pemasukan tambahan. Cukup menerjemahkan beberapa dokumen yang dapat dilakukan dari satu perangkat seperti hp atau laptop.

 

J. Blogger

Anda dapat menjadikan hobi menjadi pekerjaan yang bisa mendatangkan keuntungan, misalnya dengan menulis beragam topik di sebuah blog. Menulis di sebuah blog dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan atau passive income yang bisa Anda manfaatkan.

Artikel di sebuah blog merupakan salah satu konten yang memiliki audience yang cukup banyak. Dengan begitu, Anda dapat menulis konten semenarik mungkin sehingga dapat menarik pengunjung internet untuk membaca artikel yang telah Anda muat di blog.

Setelah itu, Anda dapat membuka jasa iklan yang berbentuk promosi produk dan jasa di blog. Dengan begitu, cuan dapat terus mengalir ke dompet Anda. Namun, pekerjaan ini harus dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan traffic website yang memuaskan.

 

K. Content Creator

Selain membuat konten berupa artikel, Anda juga dapat membuat konten dalam bentuk foto maupun video yang kemudian dimuat ke sosial media. Pekerjaan ini disebut juga sebagai content creator.

Dalam hal ini, Anda harus membuat atau menciptakan konten yang kreatif dan juga semenarik mungkin sehingga dapat memberikan manfaat kepada para audience. Dengan banyaknya audience yang melakukan interaksi dengan konten yang telah Anda muat di sosial media, Anda dapat mengundang banyak brand untuk melakukan kerjasama berupa promosi ataupun barang di media sosial.Kegiatan tersebut disebut juga endorsement.

 

L. Menjual Foto dan Video

Bagi Anda yang memiliki hobi photographer ataupun videographer, Anda dapat mendatangkan keuntungan dengan menjual hasil jepretan atau rekaman yang telah Anda ambil. Dengan begitu Anda dapat mendatangkan keuntungan sebagai pemasukkan tambahan melalui hobi yang Anda senangi.

Hasil foto maupun rekaman yang didapat bisa Anda jual lagi di berbagai website yang menawarkan jasa tersebut, seperti Shutterstock, iStockphoto, dan berbagai platform lainnya. 

 

M. Berjualan Online

Jenis pekerjaan yang satu ini merupakan pekerjaan sampingan yang paling banyak dilakukan oleh banyak orang. Selain mudah, keuntungan yang didapatkan pun bisa lebih banyak dibandingkan pekerjaan utama.

 

N. Broker Properti atau Kendaraan Bermotor

Jenis pekerjaan yang satu ini juga cukup mudah dilakukan, hanya dengan melakukan promosi penjualan di berbagai channel sosial media, Anda sudah dapat mendatangkan keuntungan.

Broker adalah seseorang yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli dengan sistem komisi untuk setiap transaksi yang dilakukan. Dalam hal ini, Anda bertugas untuk mencari pembeli atau menjual properti atau kendaraan bermotor kepada calon pelanggan dimana apabila transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan persetujuan awal dengan penjual.

 

O. Jasa Sewa Kendaraan Pribadi

Apabila Anda memiliki kendaraan pribadi namun memilih untuk naik transportasi publik ke kantor, Anda dapat menyewakan mobil atau motor yang dimiliki agar mendatangkan keuntungan. Tentu saja hal tersebut dapat menambah pemasukkan Anda sebagai seorang pegawai ataupun karyawan di sebuah perusahaan.

Cukup dengan mendaftarkan kendaraan Anda ke perusahaan yang menyediakan jasa sewa mobil atau motor. Selain itu, Anda juga dapat memasang iklan promosi di sosial media atau pun channel lainnya. Namun, jenis pekerjaan ini memiliki risiko yang tinggi, yaitu adanya insiden pencurian kendaraan. 

Maka dari itu, penting bagi penyedia untuk menentukan prosedur penyewaan, termasuk syarat dan ketentuan sewa agar kendaraan yang disewakan terhindar dari tindak pencurian.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk menambah pemasukkan. Terdapat beberapa pekerjaan mudah yang cukup dilakukan melalui handphone. Semua pekerjaan yang telah disebutkan akan mendapatkan hasil yang optimal apabila dilakukan secara konsisten. 

Selain itu, penggunaan Aplikasi kasir online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu Anda dalam menambah pemasukan sampingan. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

 

penghasilan tambahan

 

Baca Juga: ROI: Pengertian, Manfaat Hingga Cara Hitungnya

 

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah, tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Daftar Sekarang!

 

8+ Marketing Tools Untuk Tingkatkan Proses Pemasaran

8+ Marketing Tools Untuk Tingkatkan Proses Pemasaran

Marketing tools merupakan salah satu komponen digital yang paling sering digunakan oleh marketer atau para pebisnis dalam mendatangkan keuntungan dan meningkatkan profit. Tentu saja, hal tersebut tidak lepas dari proses pemasaran digital yang belakangan ini menjadi...

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat