10+ Indikator SEO Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Nov 24, 2022Marketing

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO digunakan untuk menempatkan website bisnis Anda berada di posisi teratas mesin pencarian.

Semakin tinggi posisi website Anda di mesin pencarian maka semakin mudah pelanggan untuk menemukannya. Dengan begitu, Anda bisa mendatangkan traffic atau leads yang banyak untuk meningkatkan keuntungan penjualan.

Selain meningkatkan traffic dan juga leads penjualan, SEO juga dapat membantu Anda menjangkau target audiens yang lebih tepat sasaran. Untuk itu, SEO memiliki peranan penting dalam meningkatkan dan mengembangkan bisnis online.

Namun dalam penerapannya, terdapat beberapa indikator yang perlu diperhatikan agar SEO dapat menaikan peringkat website Anda di posisi teratas mesin pencarian. Apa saja indikatornya? Simak artikel berikut ini!

 

seo

 

Baca Juga: 5+ Contoh Newsletter Untuk Tingkatkan Bisnis Online  

 

Indikator – Indikator Utama SEO

Indikator SEO merupakan hal penentu Google dalam menilai kelayakan website Anda berada di posisi teratas mesin pencarian. Dengan begitu, indikator SEO menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan untuk menerapkan strategi SEO. Berikut indikator – indikator SEO yang harus Anda ketahui!

 

A. Struktur URL

Setiap website yang ada di mesin pencarian memiliki URL yang diawali dengan World Wide Web (www). Adapun website yang mencantumkan keyword pada URL dapat dengan mudah ditemukan oleh audiens.

Dalam hal ini, terdapat beberapa faktor URL yang dapat mempengaruhi performa SEO, seperti ejaan yang jelas, ukuran domain, usia domain, hingga sejarah domain.

 

B. Desain dan Struktur Website

Indikator yang termasuk dalam jenis technical SEO ini juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan rank website Anda di mesin pencarian. Perlu digaris bawahi bahwa struktur website adalah susunan halaman – halaman penting di website termasuk elemennya.

Adapun elemen – elemen penting website, seperti susunan isi, navigasi, link, dan layout konten, dan sebagainya. Selain itu, website Anda juga harus SEO-friendly dimana website Anda harus memiliki akses yang mudah dan cepat, struktur website yang rapi, memiliki menu navigasi yang jelas, link yang mudah dikenali, judul konten dan URL yang unik, konten yang berkualitas, skema warna yang sesuai, Call to Action (CTA) yang jelas, form sederhana, dan responsif / mobile-friendly.

 

C. Keamanan Website (SSL/TLS)

SSL/TLS merupakan protokol keamanan untuk melindungi seluruh aliran data pada website. Biasanya, SSL/TLS memiliki tanda gembok pada URL untuk menandakan bahwa data pada website tersebut telah diamankan oleh protokol keamanan website.

Sebuah mesin pencarian akan selalu berfokus dan mengutamakan keamanan data yang dimilikinya. Oleh karena itu, SSL/TLS memiliki peranan penting bagi sebuah website. 

Selain itu, audiens ataupun pengunjung juga akan merasa nyaman dan aman untuk menggunakan mesin pencarian apabila website tersebut menerapkan SSL/TLS atau protokol keamanan website.

 

D. Kecepatan Website

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Google, sejak tahun 2018 Google telah menetapkan bahwa salah satu indikator ranking sebuah website di mesin pencarian dapat dipengaruhi oleh kecepatan sebuah website ataupun desktop.

Semakin cepat website bisnis Anda, maka semakin mudah Anda mendapatkan ranking teratas di mesin pencarian. Indikator ini ditetapkan berdasarkan jawaban atas keinginan user (page experience).

Apabila website yang Anda buat memiliki kecepatan yang lambat, maka pengunjung akan meninggalkan website tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan leads ataupun traffic.

 

E. Penggunaan Keyword

Indikator lain yang dapat mempengaruhi strategi SEO yaitu penggunaan keyword dalam sebuah website. Dalam hal ini, penggunaan keyword merupakan hal yang mendasar yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah website.

Hal tersebut dikarenakan audiens akan memasukkan kata kunci tertentu untuk menemukan website Anda. Biasanya website yang menggunakan keyword dengan volume yang lebih besar akan dengan mudah untuk ditemukan di mesin pencarian.

Namun, penggunaan keyword dalam mengoptimalkan SEO sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis, maka dari persaingan yang ada pun sangat ketat. Untuk Menyiasatinya, Anda bisa menggunakan membidik beberapa keyword sekaligus menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing) ataupun  Long tail keyword.

 

F. Topik Konten

Indikator selanjutnya ada topik konten. Anda bisa menggunakan topik apa saja untuk mengoptimalkan website. Namun, lebih baik jika Anda menerapkan topik konten yang sesuai dengan keyword ataupun target pasar Anda.

Dengan begitu, audiens atau user yang ingin mencari tahu tentang website Anda akan dengan mudah untuk menemukannya. Mengapa demikian? Karena semakin sesuai konten Anda buat maka semakin mudah mesin pencarian untuk memahami konteks website Anda.

 

G. Search Intent

Indikator jenis ini merupakan tujuan pengguna dalam menelusuri keyword pencarian. Dalam hal ini, apabila audiens ataupun user memasukkan satu kata kunci ke dalam mesin pencarian, bisa saja satu kata kunci tersebut mengandung dua hal berbeda atau lebih.

Misalnya, ketika memasukkan kata kunci “Kasir”, maka hasil pencarian teratas akan menampilan berbagai jasa kasir atau hal lain yang berkaitan dengan kasir, seperti aplikasi kasir, cara menggunakan kasir, pekerjaan kasir, atau lain sebagainya.

Selain itu, terdapat empat jenis search intent yang harus Anda ketahui, seperti informational search intent, navigational search intent, commercial investigation search intent, dan transactional search intent.

 

seo

 

Baca Juga: [Panduan Lengkap] Search Engine Optimization: Hal – Hal Dasar yang Harus Diketahui!

 

H. Struktur Konten SEO

Walaupun terlihat sepele, penyusunan struktur sebuah konten juga dapat mempengaruhi SEO lho! Hal tersebut dikarenakan penggunaan Heading (H1, H2, H3,dll) membuat Google atau mesin pencari dapat dengan mudah membaca konten Anda.

Adapun penggunaan Heading dilakukan tidak sembarangan. Anda harus memahami hierarki nya, seperti semakin kecil Heading yang digunakan maka informasi yang dicantumkan pun harus semakin rinci atau detail

Selain itu, Audiens juga akan dapat dengan mudah memahami isi konten yang Anda di website apabila Anda memiliki struktur konten yang baik. Dengan begitu, audiens ataupun user merasa nyaman untuk mengunjungi website Anda.

 

I. Optimasi Gambar

Hal sepele lainnya yang memiliki pengaruh dalam pengoptimalan SEO yaitu pengoptimalan gambar yang ada. Pengoptimalan gambar dapat meningkatkan performa website Anda.

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan dengan memastikan penamaan file-nya tepat, memilih gambar dengan ukuran yang sesuai, dan sebagainya. Gambar yang bisa Anda optimalkan berupa sampul konten, ilustrasi pendukung, video, ataupun format visual lainnya.

 

J. Meta Tag

Indikator penting lainnya yang dapat mempengaruhi SEO yaitu dengan menyisipkan Meta Tag yang terdiri atas title tag dan meta description ke dalam website ataupun konten yang sesuai.

Title tag merupakan judul artikel yang muncul dalam sebuah konten untuk mengoptimalkan sebuah website. Sedangkan, meta description adalah ringkasan konten Anda yang berada di bawah meta tags.

Dengan mencantumkan meta tag, audiens dapat dengan mudah mengenali konten ataupun website bisnis Anda. Hal tersebut dikarenakan meta tags adalah hal pertama yang dilihat audiens sebelum melihat konten ataupun mengunjungi website Anda.

Adapun hal yang perlu Anda ingat bahwa, Google menjelaskan bahwa title tags yang terlalu panjang akan dipotong oleh Google secara otomatis. Dengan begitu, jumlah meta tag yang paling optimal yaitu hanya 120 hingga 130 karakter saja.

 

K. Backlink

Indikator yang terakhir yang dapat mempengaruhi SEO yaitu backlink. Backlink merupakan sebuah tautan ataupun link yang dicantumkan ke dalam sebuah artikel yang dapat mengarahkan audiens ke situs lain apabila di klik. 

Jenis indikator yang satu ini merupakan jenis SEO Off Page yang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, dengan banyaknya backlink yang didapatkan bisa membuat website Anda mendatangkan traffic yang banyak.

Dengan begitu, backlink memiliki peranan penting dalam meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari. Semakin banyak backlink maka semakin mudah untuk website Anda menduduki posisi teratas mesin pencarian. 

 

Kesimpulan

Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu strategi yang digunakan para pelaku bisnis untuk meningkatkan proses pemasaran melalui online platform. Dengan menerapkan strategi SEO, Anda akan mendapatkan banyak traffic untuk website Anda.

Semakin banyak traffic yang Anda dapatkan maka akan semakin mudah website Anda untuk menduduki posisi teratas mesin pencarian. Dengan begitu, bisnis Anda dapat menjadi top of mind.

Apabila bisnis Anda menjadi top of mind, maka Anda dapat dengan mudah meningkatkan dan juga mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik lagi. Selain menerapkan strategi SEO, pengoptimalan proses pemasaran menggunakan automation tools  juga dapat membantu bisnis Anda untuk mendatangkan keuntungan penjualan.

Salah satunya dengan menggunakan automation tools yang terpercaya seperti MTARGET. Dengan menggunakan automation tools, proses pemasaran yang dijalankan dapat dilakukan secara efektif.

 

seo

 

Baca Juga: Tips Jitu Tingkatkan Conversion Rate di Website Agar Bisnis Lebih Untung  

 

Selain penggunaan automation tools, penggunaan aplikasi kasir online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu Anda dalam menambah pemasukan sampingan. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi, yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah, tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Daftar Sekarang!

 

5+ Contoh Newsletter Untuk Tingkatkan Bisnis Online

5+ Contoh Newsletter Untuk Tingkatkan Bisnis Online

Selain media sosial, pemasaran digital juga dapat dilakukan menggunakan email marketing/newsletter. Email marketing atau yang sering disebut juga dengan newsletter merupakan salah satu strategi jitu dalam meningkatkan keuntungan penjualan sebuah bisnis dan juga brand...

7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation

7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation

Marketing automation merupakan salah satu istilah yang sangat erat kaitannya dengan pemasaran digital atau digital marketing. Karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, banyak pelaku bisnis yang menggunakan marketing automation untuk melakukan proses pemasaran....

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat