[Panduan Lengkap] Search Engine Optimization: Hal – Hal Dasar yang Harus Diketahui!

Nov 17, 2022Marketing

Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu strategi untuk mengoptimalkan penjualan bisnis online menggunakan website. Website merupakan salah satu media pemasaran yang paling banyak dan paling sering digunakan oleh pelaku bisnis untuk menerapkan strategi digital marketing.

Dengan begitu, SEO digunakan untuk mempromosikan dan mengenalkan produk ke pelanggan dengan membuat website Anda berada di peringkat teratas mesin pencarian. Selain itu, website merupakan channel pemasaran yang dapat meningkatkan Return On Investment (ROI) sebuah bisnis.

Untuk itu, Anda sebagai pelaku bisnis wajib mengetahui hal – hal dasar mengenai SEO sebelum menerapkannya dalam strategi pemasaran bisnis Online! Berikut penjelasannya!

 

search engine optimization

 

Baca Juga: Tips Jitu Tingkatkan Conversion Rate di Website Agar Bisnis Lebih Untung

 

Apa Itu SEO?

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. Adapun pengertian dari setiap katanya, yaitu “Search” merupakan apa yang dilakukan orang ketika mereka ingin menemukan jawaban atas pertanyaan atau produk maupun layanan yang memenuhi kebutuhan mereka.

“Search Engine” merupakan Situs (seperti Google atau Bing) tempat seseorang dapat melakukan pencarian tersebut. Sedangkan “Search Engine Optimization” merupakan apa yang Anda lakukan untuk mendapatkan mesin pencari tersebut untuk agar dapat terhubung dengan pencarian pada situs Anda.

Dengan demikian, SEO merupakan sekumpulan penerapan teknis dan konten yang bertujuan untuk menyelaraskan halaman situs web dengan algoritma peringkat mesin pencarian sehingga dapat dengan mudah ditemukan, ditelusuri, diindeks, dan muncul di SERP dengan kata kunci yang relevan.

Dengan kata lain, SEO merupakan apa yang Anda lakukan untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan adalah Google.

Hal tersebut dibuktikan dengan sebuah penelitian dimana sebanyak 92% orang di dunia menggunakan Google sebagai mesin pencari. 

 

search engine optimization

Sumber: WordStream.com

 

Mengapa SEO Penting?

Untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian, Anda membutuhkan traffic website dimana traffic tersebut lebih banyak datang dari mesin pencarian. Jumlah traffic yang didapatkan dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah website untuk membuat peringkat Anda menduduki rank teratas mesin pencarian.

Selain mendatangkan traffic, berikut manfaat lain dari SEO yang harus Anda ketahui!

 

A. Memudahkan Pelanggan Untuk Menemukan Website Anda

Strategi SEO adalah salah satu cara jitu untuk membuat pelanggan Anda dapat menemukan website Anda dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan SEO dapat memungkinkan website Anda berada di peringkat teratas mesin pencarian.

Hal ini tentu saja berpotensi membuat website Anda mendapatkan traffic yang lebih banyak. Di sisi lain, kebanyakan orang malas untuk melakukan scrolling ke halaman kedua dan seterusnya yang membuat mereka lebih memilih untuk membuka website yang pertama kali muncul di mesin pencarian.

 

B. Menjangkau Target Audiens yang Lebih Tepat Sasaran

Selain mendatangkan traffic dan juga membuat website Anda dapat lebih mudah ditemukan, SEO juga dapat membuat bisnis Anda menjangkau target audiens yang lebih tepat sasaran.

Dengan menerapkan strategi SEO, Anda bisa membuat kata kunci yang sesuai dengan search intent audiens dalam menelusuri keywords tertentu. 

 

C. Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness

Selanjutnya, SEO juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda melalui website. Hal tersebut didasari oleh kebiasaan orang yang mencari informasi di Google untuk menemukan produk yang diinginkan.

Menurut sebuah survey, terdapat 63% orang yang memilih untuk menggunakan Google sebagai mesin pencarian. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Google adalah sebuah mesin pencari terbaik untuk memasarkan sebuah produk dan juga meningkatkan brand awareness.

 

D. Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan dari menerapkan strategi SEO yaitu keuntungan penjualan dan juga konversi Anda dapat meningkat. Menurut sebuah penelitian, terdapat 75% pelaku bisnis mengatakan bahwa strategi SEO dapat mendatangkan keuntungan dua kali lipat dari strategi marketing lainnya yang bahkan tingkat konversinya dapat mencapai 14,6%. 

Hal tersebut dikarenakan SEO dapat menjangkau target audiens yang lebih luas dan tepat sasaran.

search engine optimization

Sumber: Niagahoster.co.id

 

E. Mencapai Tujuan Bisnis Sebagai Top-of-Mind

Menjadi top-of-mind merupakan tujuan utama dari para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Top-of-mind adalah ingatan pelanggan pertama kali ketika memikirkan sebuah produk. 

Seperti yang diketahui, ketika website Anda berada di posisi teratas, kecil kemungkinan posisi Anda akan tergeser dari peringkat mesin pencarian. Dengan begitu, kredibilitas website Anda mulai dipercaya oleh banyak orang sehingga konten lainnya pun dapat dengan mudah mendapat kepercayaan dari Google untuk menduduki posisi yang sama berdasarkan keywords tertentu. 

Apabila website terus berada di posisi teratas mesin pencarian, pelanggan akan terus mengingat brand Anda yang membuat tujuan sebagai top-of-mind pun dapat tercapai.

 

Baca Juga: 8+ Marketing Tools Untuk Tingkatkan Proses Pemasaran  

 

F. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Karena SEO merupakan salah satu bentuk pencarian organik, maka traffic yang didapatkan secara alami dapat membuat posisi situs di Google lebih kuat dan bisa bertahan untuk waktu yang lama. Dengan begitu, SEO dapat juga dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang.

Menurut sebuah survey, sebesar 39% keputusan calon pembeli didasari oleh hasil pencarian yang relevan. Itulah sebabnya mengapa SEO dapat mendatangkan keuntungan dua kali lipat jika dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya. 

Jadi apabila Anda membutuhkan lebih banyak brand awareness, visibilitas online, leads, keuntungan penjualan, ataupun customer loyalty, SEO adalah pilihan yang tepat.

search engine optimization

Sumber: WordStream.com

Jenis – Jenis SEO

Google dan mesin pencari lainnya mempertimbangkan beberapa faktor saat menentukan peringkat konten, dan dengan demikian SEO memiliki banyak aspek. Untuk itu, berikut jenis – jenis SEO yang harus Anda pahami!

 

A. Search Engine Optimization: On Page

SEO On Page merupakan upaya dalam mengoptimalkan SEO berdasarkan beberapa faktor internal sebuah artikel dengan memaksimalkan beberapa aspek, seperti elemen SEO (meta description, tag, dll), permalink, internal link, sebaran keyword, kualitas konten, judul konten, struktur konten, dan gambar konten.

Dengan mengoptimalkan beberapa aspek diatas, website Anda dapat dengan mudah menduduki posisi pertama pada mesin pencarian. Semakin relevan konten yang Anda buat maka semakin mudah pula website Anda dijangkau para audiens.

SEO On Page merupakan hal yang paling mudah diterapkan dan harus Anda pahami. Untuk itu, sebelum memulai menerapkan strategi SEO, Anda harus memahami dan mempelajari terlebih dahulu mengenai SEO On Page.

 

B. Search Engine Optimization: Off Page

SEO Off Page merupakan upaya pengoptimalan SEO melalui faktor eksternal website, yang meliputi link building, peningkatan domain authority, peningkatan page authority, promosi, dan guest blog.

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mencantumkan link website Anda ke dalam situs atau laman yang memiliki traffic website yang tinggi. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan backlink dan juga referring domain untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin pencarian.

Dengan upaya SEO Off Page yang kuat, mesin pencarian bisa mempercayai website Anda dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi kredibilitas situs dan potensi naiknya ranking Anda di mesin pencarian.

 

C. Search Engine Optimization: Technical SEO

Technical SEO merupakan salah satu upaya pengoptimalan struktur website sehingga memiliki performa yang maksimal dan dapat diterima Google. Sama halnya dengan SEO Off Page, Technical SEO dilakukan guna meningkatkan performa website berdasarkan faktor internal sebuah website.

Misalnya layout website, kecepatan website, tema SEO friendly, XML sitemap, struktur website, keamanan situs (SSL), hingga navigasi. Dengan menerapkan jenis SEO yang satu ini, peluang Google atau mesin pencari untuk mengindeks website Anda menjadi lebih besar.

Dengan demikian, technical SEO  merupakan upaya dalam mengoptimalkan SEO melalui user experience

Menurut WordStream, Selain tiga jenis SEO di atas, terdapat beberapa subjenis SEO yang harus Anda ketahui, diantaranya:

search engine optimization

Sumber: WordStream.com

 

  • Local SEO

Local SEO merupakan salah satu upaya membuat bisnis Anda mendapat peringkat setinggi mungkin di Google Maps dan di hasil lokal SERP. Ulasan, listingan, dan pengoptimalan profil Google Bisnis adalah yang paling penting di sini.

 

  • Image SEO

Image SEO merupakan upaya mengoptimalkan SEO dengan menggabungkan strategi on-page dan technical untuk membuat gambar di halaman situs web Anda mendapat peringkat dalam pencarian gambar Google.

 

  • Video SEO

Video SEO merupakan upaya pengoptimalan SEO dengan menggabungkan strategi on-page, teknis, dan off-page untuk membuat video Anda mendapat peringkat di hasil video YouTube atau Google

 

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi SEO

Dalam meningkatkan peringkat sebuah website untuk berada di posisi teratas mesin pencarian, Google memberikan penilaian berdasarkan beberapa indikator utama. Indikator tersebut merupakan panduan Anda dalam mengoptimalkan sebuah website.  Adapun indikator tersebut meliputi:

    • Domain Factor
    • Desain dan Struktur Website
    • Keamanan Website (SSL/TLS)
    • Kecepatan Website
    • Penggunaan Keyword
    • Topik Konten
    • Search Intent 
    • Struktur Konten
    • Optimasi Gambar
    • Struktur URL
    • Meta Tag
    • Backlink

search engine optimization

Sumber: WordStream.com

 

Kesimpulan

Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu strategi digital marketing yang memiliki segudang manfaat untuk meningkatkan keuntungan penjualan bisnis online. Selain itu, Search Engine Optimization atau SEO juga digunakan untuk meningkatkan ranking sebuah website untuk berada di posisi teratas mesin pencarian.

Semakin tinggi posisi website Anda maka semakin mudah pula bagi pelanggan untuk mengunjungi website Anda. Semakin banyak audiens yang mengunjungi website Anda maka semakin banyak pula traffic yang didapatkan.

Dengan begitu, usaha Anda akan mendapatkan brand awareness yang tinggi dan dapat mencapai tujuan bisnis sebagai top-of-mind. Apabila brand Anda menjadi top-of-mind, maka hal tersebut dapat membuat website Anda menduduki posisi teratas mesin pencarian.

 

search engine optimization

 

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation  

 

Selain penerapan strategi SEO, penggunaan Aplikasi Kasir Online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu usaha Anda menjadi lebih sukses. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Daftar Sekarang!

 

10+ Indikator SEO Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

10+ Indikator SEO Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO digunakan untuk menempatkan website bisnis Anda berada di posisi teratas mesin pencarian. Semakin tinggi posisi website Anda di mesin pencarian maka semakin mudah pelanggan untuk menemukannya. Dengan begitu,...

5+ Contoh Newsletter Untuk Tingkatkan Bisnis Online

5+ Contoh Newsletter Untuk Tingkatkan Bisnis Online

Selain media sosial, pemasaran digital juga dapat dilakukan menggunakan email marketing/newsletter. Email marketing atau yang sering disebut juga dengan newsletter merupakan salah satu strategi jitu dalam meningkatkan keuntungan penjualan sebuah bisnis dan juga brand...

7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation

7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation

Marketing automation merupakan salah satu istilah yang sangat erat kaitannya dengan pemasaran digital atau digital marketing. Karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, banyak pelaku bisnis yang menggunakan marketing automation untuk melakukan proses pemasaran....

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat