Bisnismu Tidak Kunjung Sukses? Kenali Jenis Strategi Pemasaran Berikut Ini!

Apr 21, 2022Marketing

Strategi pemasaran adalah elemen penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Pasalnya, untuk mendapatkan kesuksesan bisnis dibutuhkan peran customer/klien/konsumen didalamnya. Sedangkan untuk mendapatkan customer, Anda membutuhkan strategi atau kiat – kiat tertentu dalam melakukan pemasaran atau penjualan.

 

Tapi sebelum itu, apa pengertian strategi pemasaran? Bagaimana cara melakukannya? Nah untuk mengetahui penjelasan lebih lanjutnya, simak artikel berikut ini!

 

strategi pemasaran

Baca Juga: 4 Strategi Cermat Agar Bisnis Lebih Efisien

 

Pengertian Strategi Pemasaran

 

Strategi pemasaran adalah rencana penjualan perusahaan atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Sejalan dengan itu, beberapa ahli mengemukakan pengertian strategi pemasaran sebagai berikut:

 

1. Philip Kotler

 

Strategi pemasaran adalah rangkaian pandangan dan pola pikir terkait pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai marketing goals.

 

2. Robert W. Palmatier dan Shrihari Sridhar

 

Strategi pemasaran adalah sebuah keputusan dan tindakan yang berfokus dalam membangun keunggulan dan pencapaian yang berkelanjutan dan menciptakan nilai bagi perusahaan.

 

3. Kotler dan Amstrong

 

Bersama Kotler, Amstrong mengemukakan bahwa strategi pemasaran adalah Rangkaian logika terkait pemasaran usaha/bisnis tertentu untuk mendapatkan nilai lebih serta keuntungan dari bentuk hubungan dengan klien atau konsumen.

 

4. Kurtz

 

Marketing strategy atau strategi pemasaran adalah program perusahaan dalam menentukan target pasar untuk memuaskan konsumen dengan membangun perpaduan dari produk, promosi, marketing mix, distribusi dan harga.

 

5. Tjiptono

 

Alat yang mendasar yang didesain untuk mencapai tujuan perusahaan dalam mengembangkan daya saing yang berkesinambungan serta memberikan pelayanan terbaik bagi target bisnis.

 

6. Stanton

 

Strategi marketing adalah sebuah sistem yang memiliki hubungan antara tujuan perencanaan, penentuan harga, promosi penjualan, dan mendistribusikan produk berupa barang atau jasa kepada konsumen.

 

Fungsi Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran memiliki beberapa fungsi, yaitu:

 

  1. Meningkatkan pertumbuhan perusahaan;
  2. Membangun reputasi;
  3. Membangun dan meningkatkan brand awareness;
  4. Mendapatkan target pasar yang tepat;
  5. Mengontrol dan memastikan perusahaan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki.

 

Berdasarkan penjelasan diatas, Anda perlu memahami lebih lanjut mengenai tujuan strategi marketing bagi sebuah perusahaan. Berikut penjelasannya!

 

Tujuan Strategi Pemasaran

Dalam hal ini, terdapat empat tujuan strategi pemasaran, yaitu:

 

  1. Meningkatkan komunikasi antar individu
  2. Sebagai Alat Ukur Kinerja Perusahaan
  3. Sebagai dasar logis dalam mengambil keputusan pemasaran
  4. Meningkatkan kemampuan beradaptasi dalam perubahan

 

Baca Juga: 3 Strategi Penting Memulai Usaha dengan Modal Kecil

 

strategi pemasaran

Jenis – Jenis Strategi Pemasaran

Berikut ini merupakan jenis – jenis strategi pemasaran produk yang perlu Anda ketahui:

 

A. Direct Selling

 

Direct selling atau penjualan langsung adalah strategi pemasaran yang menjual produk secara langsung kepada konsumen dengan melakukan door-to-door atau menemui konsumen secara langsung.

 

Strategi jenis ini tidak membutuhkan modal yang besar melainkan dengan mengandalkan kemampuan persuasif penjual terhadap konsumen. Di sisi lain, strategi pemasaran direct selling dinilai dapat membuat para marketer atau pemasar menjadi lebih cepat lelah karena harus mendatangi konsumen satu persatu secara langsung.

 

Selain itu, beberapa diantara konsumen juga merasa kurang nyaman dengan strategi jenis ini. Pasalnya para konsumen merasa mereka seperti dipaksa untuk membeli produk yang ditawarkan sehingga hal tersebut cukup mengganggu.

 

B. Earned Media

 

Berbeda dengan direct selling, earned media justru melakukan pemasaran secara tidak langsung dimana hal penting yang harus dilakukan untuk menerapkan strategi jenis ini adalah dengan membangun kepercayaan konsumen. 

 

Maka dari itu, brand atau image perusahaan haruslah terlihat baik di semua media pemasaran yang digunakan.

 

C. Point of Purchase (POP)

 

Strategi jenis ini dilakukan dengan membuat design marketing yang eye catchy lalu menempatkannya di lokasi yang mudah dilihat atau di dekat produk yang sedang dipromosikan

 

Strategi POP lebih banyak digunakan oleh toko retail atau toko yang menjual berbagai macam produk. Menurut sebuah penelitian, sebanyak 64% konsumen yang datang di sebuah toko retail belum menentukan produk apa yang akan mereka beli.

 

Maka dari itu, iklan yang unik dan juga eye catchy  serta kemampuan komunikasi yang bagus dapat menarik perhatian konsumen yang ingin belanja dan membuat mereka susah untuk menolak penawaran yang Anda tawarkan.

 

D. Internet Marketing

 

Internet marketing adalah jenis strategi marketing yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan. Pasalnya, dengan kemajuan teknologi, sosial media menjadi populer di kalangan masyarakat.

 

Hal tersebut mendorong banyak pelaku usaha lebih menggunakan jenis strategi ini dibandingkan strategi pemasaran yang lainnya. Selain efisien, strategi marketing internet marketing dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

 

Platform yang digunakan pun juga beragam, seperti sosial media marketing, website, email marketing dan masih banyak lagi. Namun, strategi jenis ini mengharuskan Anda untuk membuat konten yang dapat menarik perhatian konsumen.

 

Tingkatkan Strategi Pemasaranmu Dengan Pawoon

 

strategi pemasaran

 

Berdasarkan penjelasan diatas, strategi marketing adalah hal penting yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya strategi marketing, pengelolaan bisnis dapat dilakukan secara terstruktur dan juga dapat meningkatkan keuntungan bagi pelaku usaha.

 

Baca Juga: Bidik Pasar Kaum Milenial? Ada Strategi Khususnya!

 

Sementara itu terdapat beberapa jenis strategi bisnis yang dapat Anda terapkan, salah satunya yaitu internet marketing. Strategi ini tentu saja menggunakan kemajuan teknologi yang membuat semua aktivitas bisnis menjadi lebih cepat dan efisien. 

 

Untuk itu, Pawoon hadir sebagai solusi bagi para pelaku usaha dalam meningkatkan keuntungan bisnis. Adapun fitur – fitur yang ditawarkan Pawoon meliputi fitur laporan keuangan yang lengkap dan akurat, manajemen stok, manajemen pelanggan dan fitur-fitur lainnya yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami atau klik tombol dibawah ini untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

Stay Updated About Us!

* indicates required


WhatsApp chat