7+ Rekomendasi Software Terbaik Untuk Marketing Automation

Nov 7, 2022Marketing

Marketing automation merupakan salah satu istilah yang sangat erat kaitannya dengan pemasaran digital atau digital marketing. Karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, banyak pelaku bisnis yang menggunakan marketing automation untuk melakukan proses pemasaran.

Namun sebelum membahas lebih dalam mengenai manfaat marketing automation, Anda bisa memahami terlebih dahulu mengenai hal – hal yang berkaitan dengan marketing automation. Berikut penjelasannya!

marketing automation

 

Baca Juga: Media Sosial vs Website: Manakah yang Cocok Untuk Bisnismu?

 

Pengertian Marketing Automation

Marketing automation atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan otomatisasi pemasaran. Otomatisasi pemasaran merupakan sebuah sistem atau proses yang dilakukan dalam mengefisienkan proses pemasaran sebuah perusahaan menggunakan teknologi digital. 

Marketing automation merupakan salah satu bagian dari Customer Relationship Management (CRM). Hal tersebut yang membuat tim marketing sebuah perusahaan dapat menargetkan pelanggan dengan menggunakan pesan otomatis melalui website, email, maupun media sosial lainnya.

Tentu saja dengan menggunakan marketing automation, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan (return of investment) ROI sembari fokus mengembangkan bisnis. Adapun peran marketing automation berfungsi untuk mengumpulkan data dari berbagai interaksi, seperti email marketing, media sosial, dan juga website.

Data yang didapatkan kemudian digunakan untuk memudahkan proses segmentasi dan menemukan pelanggan yang tepat untuk sebuah bisnis. Namun, contoh otomatisasi pemasaran biasanya bergantung pada jenis bisnis yang digunakan, baik itu B2B (Business to Business) atau B2C (Business to Customer).

Bisnis B2B biasanya menggunakan otomatisasi pemasaran untuk untuk mengedukasi calon pelanggan, dan mengelola database pelanggan untuk menganalisis data. Sedangkan bisnis B2C menggunakan otomatisasi pemasaran untuk memberikan welcome email, email reminder, ucapan ulang tahun atau anniversary, feedback dan review, peluncuran produk baru, juga pengiriman email mengenai informasi terbaru atau newsletter kepada customer

 

Manfaat Marketing Automation

Selain membantu tim marketing menyederhanakan proses pemasaran, otomatisasi pemasaran juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti:

A. Mengurangi tugas yang dilakukan berulang kali

Anda atau tim marketing dapat menghemat waktu dan uang serta dapat fokus pada tugas penting lainnya.

B. Personalisasi

Membuat customer merasa dekat, berharga dan dapat meningkatkan interaksi antara perusahaan dan pelanggan.

C. Segmentasi

Memudahkan Anda atau tim marketing dalam mengelompokkan konten yang relevan pada pelanggan yang tepat.

D. Customer Journey

Meningkatkan pengalaman pelanggan dengan melakukan personalisasi sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

E. Leads Generator

Memudahkan Anda atau tim marketing dalam melakukan proses promosi di berbagai channel penjualan sehingga dapat menjaring banyak calon pelanggan (leads)

F. Loyal Customer

Membantu anda agar tetap terhubung dengan pelanggan yang telah melakukan banyak transaksi atau pelanggan lama sehingga dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan.

marketing automation

 

Baca Juga: 8+ Perbedaan E-Commerce, Marketplace, dan Online Shop

 

Komponen Marketing Automation

Otomatisasi pemasaran memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda dan juga tim marketing untuk meningkatkan keuntungan penjualan, seperti:

  • Basis data pemasaran pusat
  • Mesin engagement pemasaran
  • Analysis
  • MarTech

 

Tips Meningkatkan Sales Menggunakan Marketing Automation

Otomatisasi pemasaran dapat menyederhanakan proses pemasaran Anda, membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik. Alih-alih melakukan proses manual yang berulang, Anda dapat fokus pada tugas yang lebih strategis. Untuk itu, berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keuntungan penjualan melalui otomatisasi pemasaran.

  • Mengelompokkan pelanggan dengan melakukan pendekatan personal
  • Menjaga hubungan antara perusahaan dengan pelanggan
  • Menjalin komunikasi yang lebih bermakna dengan pelanggan
  • Melakukan automation email marketing
  • Melakukan analisis secara berkala

 

Rekomendasi Aplikasi Terbaik Untuk Marketing Automation

Dengan menggunakan software terbaik untuk melakukan marketing automation, anda dapat melakukan proses pemasaran dengan lebih mudah, gampang, dan cepat. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi terbaik otomatisasi pemasaran yang bisa digunakan untuk bisnis Anda, diantaranya:

 

Kesimpulan

Proses pemasaran merupakan hal utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan melakukan proses pemasaran dengan strategi yang tepat, bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak customer potential untuk menjadi pelanggan Anda.

Untuk melakukan itu semua, Anda tentu saja membutuhkan banyak langkah dalam memasarkan sebuah produk. Namun, semakin berkembangnya zaman, terdapat beberapa alat atau tools yang dapat membantu Anda dalam melakukan proses pemasaran secara efisien.

Proses penyederhanaan tersebut disebut juga dengan marketing automation. Untuk menggunakan otomatisasi pemasaran, Anda akan membutuhkan software terbaik agar proses pemasaran bisnis Anda dapat lebih untung.

marketing automation

 

Baca Juga: Conversion Rate: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

 

Selain itu, penggunaan aplikasi kasir online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu Anda dalam menambah pemasukan sampingan. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi, yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah, tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Daftar Sekarang!

 

10+ Indikator SEO Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

10+ Indikator SEO Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO digunakan untuk menempatkan website bisnis Anda berada di posisi teratas mesin pencarian. Semakin tinggi posisi website Anda di mesin pencarian maka semakin mudah pelanggan untuk menemukannya. Dengan begitu,...

5+ Contoh Newsletter Untuk Tingkatkan Bisnis Online

5+ Contoh Newsletter Untuk Tingkatkan Bisnis Online

Selain media sosial, pemasaran digital juga dapat dilakukan menggunakan email marketing/newsletter. Email marketing atau yang sering disebut juga dengan newsletter merupakan salah satu strategi jitu dalam meningkatkan keuntungan penjualan sebuah bisnis dan juga brand...

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat