Menyimak Potensi Bisnis Kreasi Minuman Teh di Indonesia - Pawoon

Berbisnis minuman dengan bahan dasar teh jadi salah satu strategi bisnis yang tengah digandrungi saat ini. Fakta bahwa teh bisa dikreasikan menjadi minuman yang modern dengan tambahan cita rasa unik membuat bisnis minuman ini sukses di banyak negara, salah satunya di Indonesia.

Berdasarkan data dari Grab Report, jenis minuman berbahan teh yang dikemas kekinian mendominasi layanan antar-makanan di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Filipina, Thailand dan Indonesia. Selain itu, seiring dengan tren minuman berbahan teh, laporan dari Grab juga mengungkapkan bahwa rata-rata orang Indonesia mengonsumsi 3 (tiga) cangkir per orang setiap bulannya. Jumlah itu di atas rata-rata regional yang hanya dua cangkir per orang setiap bulan.

Sejak awal maraknya minuman berbahan teh, kini sudah banyak jenis minuman teh yang ada di pasaran. Mulai dari thai tea hingga ke boba tea. Ya, boba tea kini menjadi salah satu jenis minuman teh kekinian yang sedang marak saat ini bersama dengan kreasi minuman berbahan teh lainnya. Apa sajakah itu?

Thai Tea

Menyimak Potensi Bisnis Kreasi Minuman Teh di Indonesia

Sesuai namanya, Thai tea merupakan kreasi minuman teh yang berasal dari Thailand. Di negara tersebut, teh ini menggunakan rempah seperti bunga lawang dan kayu manis serta buah tamarind. Untungnya, untuk menikmatinya, gak perlu repot-repot ke Thailand atau ke restoran Thailand. Di Indonesia, Thai tea cukup banyak digemari masyarakat, namun, tentu saja telah mengalami modifikasi agar bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk membuat teh ini adalah teh dan susu. Biasanya ada yang menggunakan teh khusus dari Thailand agar rasanya lebih otentik, tapi bisa juga menggunakan teh hitam biasa.

Milk Tea

Menyimak Potensi Bisnis Kreasi Minuman Teh di Indonesia

Milk tea memang hampir mirip dengan Thai tea, yang membedakan hanya jenis teh yang digunakan. Selain itu, milk tea juga bisa dicampur dengan rasa lain seperti cokelat, madu, dll. Minuman ini juga gak kalah populernya dengan Thai tea, karena pembuatannya yang cukup mudah, tak jarang orang membuatnya sendiri di rumah daripada membelinya di luar. Tapi, tentu saja, untuk rasa yang lebih nikmat dengan tambahan berbagai topping, Anda bisa dengan mudah mendapatkan kreasi milk tea di kafe, kedai minuman teh, atau restoran.

Boba Tea

Menyimak Potensi Bisnis Kreasi Minuman Teh di Indonesia

Satu lagi tren minuman teh di Indonesia, yaitu boba tea. Minuman teh ini berasal dari Taiwan dan ditemukan pada tahun 1980-an oleh pemilik kedai teh terkenal di negara tersebut. Bahan utama yang digunakan dalam teh ini adalah teh, susu, dan gula. Setelah bahan tercampur, kemudian boba atau bola-bola yang terbuat dari tepung tapioka ditambahkan untuk penambah cita rasa. Boba sendiri memiliki julukan ‘mutiara hitam’ karena warnanya hitam dan bentuknya bulat seperti mutiara. Berbagai variasi boba tea telah dikenal dan digemari masyarakat Indonesia. Gak aneh kalau membuka gerai boba tea jadi strategi bisnis yang berpotensi untuk menarik banyak pelanggan.

Green Tea Latte

Menyimak Potensi Bisnis Kreasi Minuman Teh di Indonesia

Tea latte sebenarnya merupakan variasi lain dari milk tea. Bisa dibilang green tea latte adalah teh hijau yang diberi campuran susu. Namun, dibandingkan minuman berbahan dasar teh lainnya, green tea latte memiliki rasa yang sedikit pahit karena penggunaan bubuk teh hijau di dalamnya. Kedai minumah teh di Indonesia pun selalu menyediakan menu ini mengingat betapa tingginya minat masyarakat terhadap kuliner berbahan dasar teh hijau.  Minuman ini juga enak disajikan panas maupun dingin.

Taro Milk Tea

Menyimak Potensi Bisnis Kreasi Minuman Teh di Indonesia

Selain green tea latte, taro milk tea juga sangatlah populer di Indonesia. Taro merupakan Bahasa Jepang dari talas, jadi taro milk tea adalah teh susu rasa talas. Bila green tea berwarna hijau, taro milk tea memiliki warna ungu yang cantik. Bahkan tampak kontras bila ditambahkan boba yang berwarna hitam di dalamnya. Rasanya yang unik dan creamy menjadikan variasi minuman ini sebagai salah satu yang digemari di tanah air selain green tea latte, milk tea, dan variasi lainnya.

Seperti pembahasan di atas, bahwa seiring dengan maraknya minuman teh kekinian di tengah masyarakat, bisnis minuman berbahan teh pun kian meningkat dan makin banyak peminatnya. Kamu bisa melihat di berbagai pusat-pusat keramaian ada banyak toko-toko minuman teh kekinian dan hampir selalu ramai pembeli.

Kondisi tersebut menjadi bagian dari pertumbuhan sektor industri makanan dan minuman secara umum yang menurut catatan Kementerian Perindustrian, di triwulan pertama tahun 2019, sudah menyumbang pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 6,77% dan menjadi salah satu penyumbang terbesar PDB nasional.

Untuk itu, buat kamu yang ingin memulai bisnis, bisnis minuman teh kekinian bisa menjadi pilihan yang bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Selain itu, untuk memulainya pun tidak terlalu sulit, karena ada pilihan bisnis waralaba dari beberapa brand minuman teh kekinian yang sudah tenar.

facebook linkedin twitter link
Kembali