Meningkatkan Penjualan dengan Pop Up Store - Pawoon

Meningkatkan Penjualan dengan Pop Up Store

Tujuan dari sekian banyak strategi bisnis dan pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk bisnis dan brand Anda sebenarnya sederhana: menarik orang untuk merasakan, mengenal, dan memahami brand Anda, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk Anda. Hal ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi toko online yang hanya menjual produk di dunia maya. Namun belakangan ini ada sebuah strategi bisnis dan pemasaran yang popularitasnya semakin meningkat dan jadi andalan para pemilik bisnis, terutama bisnis online, yaitu pop-up store.

Pop-up store merupakan strategi pemasaran online-to-offline yang bisa diaplikasikan oleh berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, gadget, fashion dan lain-lain. Dalam strategi ini, pemilik brand menjajakan produknya di lokasi toko tertentu secara sementara dalam jangka waktu tertentu. Walau tampak sederhana, strategi ini membutuhkan perencanaan yang matang. Namun, bila dijalankan dengan baik, pop-up store akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

  1. Menarik pembeli baru

Meningkatkan Penjualan dengan Pop Up Store

Walaupun e-commerce sangat meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini, masih ada orang yang ragu membeli produk secara online, terutama bila produk tersebut merupakan produk yang belum pernah dia coba sebelumnya. Dengan pop-up store, pembeli yang ragu untuk berbelanja secara online bisa membeli produk secara langsung (offline). Setelah mencoba produk tersebut, mereka pun tak ragu lagi untuk membeli secara online.

  1. Biaya relatif lebih terjangkau

Meningkatkan Penjualan dengan Pop Up Store

Pop-up store sifatnya sementara, sehingga biaya yang dibutuhkan oleh pemilik brand relatif lebih rendah dibandingkan dengan toko fisik permanen yang membutuhkan biaya kontrak lokasi, staf dan lainnya.

Anda pun bisa menggunakan biaya yang dihemat dari pembukaan pop up store tersebut kepada alokasi pembiayaan bisnis yang lainnya.

  1. Membangun hubungan dengan konsumen

Meningkatkan Penjualan dengan Pop Up Store

Kemudahan dari online store memberikan tantangan tersendiri, karena pemilik brand tidak bisa berinteraksi langsung secara tatap muka dengan para pembeli produknya. Dengan adanya pop-up store, pemilik brand bisa membangun hubungan dengan konsumen dengan lebih baik.

Dengan begitu, pemilik brand bisa mengetahui lebih dalam mengenai selera dan kecenderungan konsumen ketika menjatuhkan pilihan untuk melakukan pembelian.

  1. Membantu market test

Meningkatkan Penjualan dengan Pop Up Store

Bila Anda berencana membuka toko fisik, merilis produk baru, atau rencana pengembangan bisnis lainnya, pop-up store bisa jadi cara market test yang baik.

Melalui pop-up store, Anda bisa melihat reaksi target pasar terhadap produk, mendapatkan umpan balik dan masukan dari pengguna produk, serta hal lain yang tentu sangat berguna bagi bisnis Anda.

  1. Mengaktualisasikan brand

Meningkatkan Penjualan dengan Pop Up Store

Aktualisasi brand seperti image dan karakter brand biasanya dapat dilakukan melalui desain dan penampilan toko fisik. Bagi toko online yang tidak memiliki toko fisik, penggambaran karakter brand dan aktualisasi brand bisa dilakukan melalui pop-up store.

Setelah menyimak penjelasan tersebut, apakah Anda tertarik untuk membuat pop-up store untuk bisnis Anda?

Jangan terburu-buru, ya. Perhatikan beberapa faktor penting berikut ini saat merencanakan pop-up store:

  1. Lokasi

Lokasi pop-up store tidak hanya harus strategis dan ramai, tapi juga sesuai dengan target pasar produk.

  1. Desain

Untuk menarik pengunjung dan pembeli, pop-up store tentu harus tampil menarik. Desain pop-up store tentunya juga harus sesuai dengan karakter dan image dari brand Anda.

  1. Promosi

Tentu saja, pop-up store memerlukan promosi untuk menarik pembeli. Bila Anda sudah memiliki toko online, promosi di toko online merupakan pilihan yang paling mudah dan cukup efektif.

  1. Pencatatan transaksi

Walaupun hanya bersifat sementara, pop-up store Anda tetap membutuhkan pencatatan transaksi yang baik. Aplikasi kasir online seperti Pawoon bisa jadi pilihan Anda, baik di pop-up store maupun di toko online. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi kasir online Pawoon termasuk pilihan pembayaran berupa cash, debit dan kartu kredit, laporan penjualan harian serta pengaturan perangkat yang lebih mudah.

 

Bila Anda sedang merencanakan langkah berikutnya dalam pengembangan bisnis Anda, pop-up store bisa jadi pilihan Anda. Strategi bisnis ini juga bisa jadi langkah bagi Anda yang sudah memiliki toko permanen. Anda tertarik mencoba?

WhatsApp chat