[Lengkap] Panduan Pengoptimalan Aplikasi di App Store

Jul 13, 2022Marketing

Secara global, terdapat lebih dari 2,6 juta aplikasi Android di Google Play store dan lebih dari 2 juta aplikasi di App Store Apple. Aplikasi tersebut digunakan oleh sekitar 3 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia dimana angka ini akan terus bertambah setiap tahunnya.

Dengan lebih dari 4 juta aplikasi seluler di app store, membuat aplikasi Anda untuk ditemukan adalah salah satu masalah terbesar yang sering dihadapi oleh para pengembang teknologi/aplikasi saat ini. Inilah sebabnya mengapa memahami pengoptimalan app store atau yang biasa disebut dengan App Store Optimization (ASO) sangat penting dalam menjalankan bisnis.

 

aso

 

Baca Juga: 5 Fitur Aplikasi POS Ini Siap Bantu Tingkatkan Penjualan di Toko

 

Apa Itu App Store Optimization (ASO)?

App Store Optimization (ASO) adalah proses meningkatkan visibilitas aplikasi di app store, meningkatkan rasio konversi aplikasi, dan mendapatkan lebih banyak jumlah unduhan. App store yang paling banyak digunakan  adalah AppStore untuk iOS dan Google Play Store untuk aplikasi Android.

Dengan meningkatkan visibilitas aplikasi dapat menghasilkan lebih banyak traffic atau jumlah user untuk mengunjungi atau mendownload aplikasi Anda yang ada di App Store. Proses ASO juga memerlukan pemahaman penting tentang basis pelanggan target, termasuk kata kunci yang digunakan calon pelanggan untuk menemukan aplikasi yang serupa dengan aplikasi Anda.

Selain peringkat tinggi dalam hasil pencarian app store, ASO juga berfokus pada rasio Click-Through Rate (CTR). Untuk mengoptimalkan CTR yang tinggi, Anda harus meyakinkan orang untuk mengklik halaman app store Anda setelah mereka menemukannya. Pengoptimalan CTR umummnya mencakup nama aplikasi, judul aplikasi, ikon aplikasi, tangkapan layar aplikasi, dan peringkat aplikasi.

 

Kenapa ASO Penting?

Membuat aplikasi Anda diunduh oleh banyak orang dan mengembangkan basis pengguna adalah salah satu Key Performance Indikator (KPI) atau indikator penilaian kinerja terpenting bagi para pengembang teknologi/aplikasi.

Oleh karena itu, terdapat dua cara utama agar aplikasi bisnis Anda dapat diunduh dan ditemukan dengan mudah di App Store, yaitu dengan menjalankan kampanye aplikasi berbayar yang disertai dengan biaya per pemasangan atau Cost Per-Install (CPI) dan mengoptimalkan aplikasi Anda untuk lalu lintas organik dengan mengikuti praktik terbaik ASO.

 

Manfaat – Manfaat ASO Bagi Bisnis

Dengan mengoptimalkan ASO, berikut manfaat – manfaat yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:

  • Meningkatkan visibilitas dan traffic user
  • Mudah ditemukan oleh user dan berada pada peringkat atas App Store
  • Meningkatkan jumlah pengunduh aplikasi secara organik dan berkelanjutan
  • Memotong biaya akuisisi user dan mendapatkan pertumbuhan secara berkala
  • Meningkatkan rasio konversi penjualan
  • Menjangkau audiens global

 

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengoptimalan ASO

Berikut faktor – faktor yang perlu diingat saat mengoptimalkan aplikasi Anda di App Store untuk peringkat yang lebih baik, diantaranya:

  • Nama Aplikasi
  • Deskripsi Aplikasi
  • Metadata Kata Kunci
  • Subjudul Aplikasi
  • Ulasan dan Peringkat Aplikasi
  • Jumlah User yang Mengunduh Aplikasi

 

 

aso

 

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Bisnis

 

Tips Sukses Dalam Melakukan ASO

Dengan menerapkan tips sukses berikut ini Anda dapat memasarkan aplikasi bisnis secara efektif, mengidentifikasi kompetitor, dan meningkatkan kualitas aplikasi bisnis Anda. Adapun tips – tips tersebut, diantaranya:

 

A. Menggunakan Kata Kunci Yang Sesuai

Anda perlu menentukan kata kunci apa yang dicari oleh calon pelanggan dan idealnya kata kunci yang sering digunakan kompetitor Anda. Menyesuaikan kata kunci dengan kebutuhan pelanggan Anda akan membantu mereka lebih mudah menemukan aplikasi Anda di app store.

  • Jangan menggunakan kata kunci yang tidak sesuai dengan aplikasi Anda
  • Gunakan satu bentuk kata kunci (tunggal atau jamak).
  • Jangan gunakan kata kunci yang menyertakan kata “aplikasi”, “app” atau nama merek kompetitor Anda.

 

B. Optimalkan Nama dan Deskripsi Aplikasi Anda

Buatlah nama aplikasi yang tidak lebih dari 25 kata sehingga seluruh nama aplikasi dapat terlihat penuh di layar penelusuran. Selain itu, nama aplikasi juga harus kata yang mudah diingat untuk meningkatkan jumlah user yang mengunduh aplikasi Anda.

Menggunakan nama perusahaan dan kata kunci teratas akan membuat aplikasi Anda lebih mudah dicari oleh user di app store. Setelah menentukan nama aplikasi, cobalah untuk menelusuri aplikasi Anda.

Jika terdapat ribuan hasil dalam penelusuran Anda maka nama tersebut tidak cukup kreatif. Kemudian deskripsi yang diisi harus menyertakan kata kunci yang relevan sebanyak mungkin dalam 250 karakter pertama. Apa pun setelah deskripsi awal ini memerlukan klik “baca lebih lanjut” dari calon pelanggan.

 

C. Sertakan Icon dan Tangkapan Layar Yang Menarik

Gunakan icon aplikasi yang mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Hal tersebut bertujuan untuk menggunakan warna dan gambar yang unik serta berbeda dari kompetitor.

Kebanyakan konsumen melihat tangkapan layar sebuah aplikasi sebelum memutuskan untuk mengunduhnya. Maka dari itu gunakanlah tangkapan layar sebagus dan sebanyak mungkin yang dapat ditampilkan dalam page app store aplikasi bisnis Anda.

Selain itu, padukan dengan warna – warna yang selaras dengan konsep halaman dan juga aplikasi anda. Hal tersebut dapat membuat laman app store Anda terlihat profesional dan menyenangkan secara estetika.

Untuk visual, teks tidak boleh menjadi fokus utama, usahakan Anda menyertakan visual yang dapat menggambarkan produk yang Anda tawarkan secara keseluruhan dan berbeda dari kompetitor.

 

D. Tambahkan Video 

Menurut sebuah penelitian, menambah sebuah video dalam halaman aplikasi Anda di app store dapat meningkatkan jumlah unduhan sebesar 35%. Peningkatan ini lebih dari sekedar mengoptimalkan judul dan visual.

Semakin banyak user yang mengunduh aplikasi Anda maka ranking di app store pun akan meningkat. Kebanyakan orang mencari dan mengunduh aplikasi dalam waktu yang cepat sehingga penting bagi Anda untuk menonjolkan fitur unggulan aplikasi Anda.

 

E. Lakukan Analisis Kompetitor

Memahami siapa kompetitor anda dan juga strategi apa yang mereka gunakan dalam menjalankan bisnisnya merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan ASO. Sebelum mencantumkan aplikasi Anda di App Store, Anda harus menentukan kategori terbaik apa yang cocok dengan aplikasi Anda.

Berikut faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan kategori yang cocok untuk aplikasi Anda di App Store:

  • Jumlah kompetitor
  • Jumlah aplikasi yang diperbarui secara konsisten
  • Tingkat kepopuleran peringkat kategori (dalam unduhan)

 

Lakukanlah hal yang dapat menjaga dan meningkatkan peringkat kata kunci Anda sebelum kompetitor memiliki kesempatan untuk melakukannya. Menurut App Tweak, alat analisis kompetitor, Anda harus dapat mempersempit kompetitor teratas Anda dengan membuatkan daftar top lima teratas. Hal tersebut dapat secara efektif mengelola rutinitas ASO Anda secara konsisten.

 

F. Membangun Backlink

Untuk membuat atau membangun backlink, aplikasi anda harus secara aktif ditautkan pada situs website yang relevan dengan aplikasi Anda dan memiliki otoritas sesuai dengan standar terbaru algoritma Google. Backlink dapat berupa teks atau gambar yang disematkan dalam ALT text atau ALTernative text.

Namun kenyataannya, penggunaan backlink dalam meningkatkan ranking Anda di App Store memiliki beberapa kontroversi. Meskipun demikian, kualitas yang bagus dengan jumlah yang banyak adalah metode yang disukai untuk mendapatkan backlink yang terbaik.

 

G. Meningkatkan Traffic dan Juga Jumlah Unduhan ke Halaman App Store

Memiliki website yang dioptimalkan oleh Search Engine Optimization (SEO) memungkinkan anda untuk mengarahkan traffic ke halaman aplikasi di App Store. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda di Google.

Dengan begitu, user akan lebih mudah mengenali website maupun lama aplikasi Anda yang ada di App Store. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan iklan aplikasi berbayar untuk mengarahkan traffic ke aplikasi Anda.

 

Kesimpulan

Pengoptimalan ASO tidak dapat dilakukan dalam semalam. Namun, jika pengoptimalan dilakukan secara konsisten maka target dan tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan ASO ini juga akan cepat terselesaikan.

Setelah semua usaha organik telah Anda coba untuk melakukan ASO, Anda dapat mencoba promosi berbayar untuk lebih memanfaatkan ASO dan meningkatkan pangsa pasar aplikasi Anda. Dengan melakukan ASO, Anda dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan juga layanan bisnis Anda.

 

aso

 

Baca Juga: Ini Cara Aplikasi Kasir Mudahkan Kamu Kembangkan Usaha

 

Selain itu, penggunaan Aplikasi Kasir Online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu usaha Anda menjadi lebih sukses. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

 

Dapatkan Demo Gratis!

 

 

 

[Lengkap] Panduan Copywriting Untuk Tingkatkan Penjualan!

[Lengkap] Panduan Copywriting Untuk Tingkatkan Penjualan!

Copywriting adalah salah satu topik yang tidak pernah habis untuk dibahas. Pasalnya, terdapat banyak hal yang harus dipahami, mulai dari formula, skill set, hingga trik menulis copywriting yang baik dan benar. Copywriting yang baik dan benar dapat membuat bisnis Anda...

7+ Copywriting Yang Harus Anda Kuasai!

7+ Copywriting Yang Harus Anda Kuasai!

Copywriting atau teknik kepenulisan merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Pasalnya, dalam menjalankan proses promosi sebuah perusahaan, Anda akan membutuhkan kata - kata unik dan tepat untuk menarik perhatian calon konsumen....

7+ Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Anda Coba

7+ Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Anda Coba

Pemasaran online di era digital seperti sekarang ini sangatlah penting. Hampir semua aspek kehidupan telah menggunakan teknologi digital dan juga internet, misalnya  aspek pemasaran dalam sebuah perusahaan. Bagi pelaku bisnis, pemasaran online jauh lebih menguntungkan...

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat