[Lengkap] Panduan Copywriting Untuk Tingkatkan Penjualan!

Jul 28, 2022Marketing

Copywriting adalah salah satu topik yang tidak pernah habis untuk dibahas. Pasalnya, terdapat banyak hal yang harus dipahami, mulai dari formula, skill set, hingga trik menulis copywriting yang baik dan benar.

Copywriting yang baik dan benar dapat membuat bisnis Anda mendapatkan banyak pelanggan. Oleh karena itu untuk membuat copywriting yang baik dan benar, Anda harus memahami formula dan juga trik – trik dalam pembuatannya.

Lantas, apa saja formula yang harus terkandung dalam copywriting yang baik? Dan bagaimana cara membuat copywriting yang dapat menarik perhatian pelanggan? Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan penjelasannya!

 

copywriting

 

Baca Juga: 7+ Copywriting Yang Harus Anda Kuasai!

 

Formula Copywriting

Menggunakan formula kepenulisan adalah salah satu strategi dalam pembuatan copywriting. Formula copywriting bertujuan sebagai panduan dalam membuat sebuah copywriting yang menarik. Untuk itu, berikut formula copywriting yang harus Anda pahami!

 

A. Copywriting AIDA/AIDCA

AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Keempat komponen tersebut adalah formula copywriting yang dapat membuat tulisan kamu menarik perhatian pelanggan.

 

Attention:

Copywriting yang bagus adalah penulisan kata yang dapat menarik perhatian pembacanya melalui headline.

 

Interest:

Membangkitkan minat beli konsumen dengan tulisan dapat Anda lakukan melalui sub-headline.

 

Desire:

Dengan meningkatnya minat beli konsumen dapat membuat mereka memiliki keinginan untuk membeli lagi dan lagi. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menyelipkan kata – kata atau kalimat yang dapat mempengaruhi emosi dan juga pikiran pembaca, misalnya yang ada pada iklan produk flash sale.

 

Action:

Salah satu tujuan copywriting adalah untuk membuat pembaca melakukan action seperti membeli produk yang Anda tawarkan. Misalnya, menyuruh pembaca untuk berlangganan newsletter, mendownload ebook, dan lain – lain.

 

Caution/conviction:

Untuk membuat pelanggan tetap setia dengan produk yang Anda tawarkan, yakinkanlah pelanggan Anda bahwa produk yang Anda jual worth to buy. Misalnya, dengan mencantumkan testimoni, tester, atau garansi.

 

B. Copywriting PAS (Problem, Agitate, Solution)

Konsep PAS ini adalah formula copywriting yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan yang terjadi. Selain itu, konsep ini juga dapat memberikan solusi untuk menghadapi masalah tersebut. Berikut penjelasannya!

 

Problem:

Melakukan promosi melalui tulisan berdasarkan masalah yang dialami oleh konsumen. Dengan begitu, Anda dapat menarik perhatian mereka untuk melihat barang yang Anda tawarkan hingga membeli produk tersebut.

 

Agitate:

Agitate adalah teknik copywriting yang dilakukan oleh copywriter untuk mendramatisir masalah pelanggan bahwa problem yang mereka hadapi harus segera diselesaikan.

 

Solution:

Produk yang Anda jual haruslah bisa menjadi solusi bagi permasalahan para konsumen.

 

C. Copywriting FAB (Feature, Advantage, Benefit)

Dengan menggunakan formula copywriting FAB, Anda dapat menonjolkan keunggulan dari produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, pembaca akan tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Berikut penjelasannya!

 

Feature:

Perlihatkan dan tonjolkan fitur utama dari produk bisnis Anda.

 

Advantage:

Setelah menonjolkan fitur produk Anda, perlihatkan kelebihan produk Anda dari produk lainnya.

 

Benefit:

Selain fitur dan juga kelebihan, Anda juga bisa memberitahu konsumen mengenai manfaat apa yang akan mereka dapatkan dengan membeli dan menggunakan produk yang Anda tawarkan.

 

Dorongan Psikologis Copywriting

Dorongan psikologis adalah kemampuan sebuah tulisan dalam menarik perhatian pembaca untuk memberikan sentuhan emosional agar melakukan tujuan tertentu yang ingin dicapai. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan beberapa dorongan psikologis dibawah ini untuk menarik perhatian pembaca!

 

 

A. Curiosity

Copywriting yang dapat membangkitkan rasa penasaran pembaca

 

 

B. Promises

Copywriting yang terdengar meyakinkan dan menjanjikan, seperti dengan menambahkan kalimat “Garansi uang kembali”

 

 

C. Social Proof

Dengan menambahkan testimoni atau sebuah ulasan terkait produk yang Anda tawarkan, dapat meningkat rasa percaya pembaca atau konsumen terhadap brand Anda.

 

 

D. Halo Effect

Dengan adanya citra positive, Anda dapat mendorong dan mempengaruhi seseorang membeli atau menggunakan produk brand Anda. Misalnya, melakukan endorsement atau membuat brand ambassador.

 

 

E. Reciprocity

Mencantumkan manfaat yang akan didapatkan pembaca apabila membeli produk yang Anda jual. Misalnya, menuliskan kalimat “Berlangganan sekarang dan dapatkan 14 hari free trial”.

 

 

F. Scarcity

Copywriting yang menunjukkan kelangkaan terhadap sebuah produk. Misalnya, “Khusus hari kemerdekaan, diskon 50%”

 

G. Emoji

Penggunaan emoji pada sebuah copywriting dapat membuat tulisan Anda terlihat lebih friendly, menarik, dan mudah diingat.

 

copywriting

 

Baca Juga: 7+ Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Anda Coba

 

Ciri Copywriting yang Menarik

Copywriting yang menarik dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Untuk itu, Anda harus membuat copywriting yang dapat membuat pembaca terunggah untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Berikut ciri – ciri copywriting yang menarik yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda!

  • Dapat merubah pandangan pembaca
  • Dapat menghubungkan banyak hal
  • Membuat pelanggan tertarik membaca tulisan Anda
  • Memahami audiens
  • Tidak menggunakan banyak jargon dan hiperbola

 

Skill yang Dibutuhkan Dalam Copywriting

Orang yang membuat copywriting disebut juga dengan copywriter. Copywriting bukan melulu tentang menulis, tetapi juga mampu memahami teknik dan kemampuan yang tepat untuk menciptakan tulisan yang dapat menarik perhatian pembaca. Maka dari itu, berikut beberapa kemampuan yang harus Anda kuasai untuk menjadi seorang copywriter!

  • Kepenulisan
  • Tepat Waktu
  • Riset
  • SEO
  • Kreativitas

 

Trik membuat Copywriting yang Menarik

Berikut langkah – langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat copywriting yang menarik!

 

A. Pelajari dan pahami produk dan layanan Anda

Tanpa memahami produk dan layanan yang Anda tawarkan, proses pemasaran yang dilakukan pun akan susah. Oleh sebab itu, Anda harus mengerti dan memahami produk & layanan yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Setelah memahami dan mempelajari terkait barang & jasa yang Anda tawarkan, ada baiknya jika Anda menuliskan informasi yang didapat dalam bentuk deskripsi. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki pegangan atau referensi dalam proses penulisan.

Untuk membuat sebuah deskripsi, jawablah tiga pertanyaan berikut ini!

  • Apa keunikan dari produk tersebut?
  • Apa saja fiturnya?
  • Apa manfaat yang bisa didapatkan konsumen dari fitur tersebut?

 

B. Pahami Kebutuhan Audiens

Selain memahami produk yang dijual, Anda juga harus bisa memahami kebutuhan target audiens. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Selain itu, dengan memahami target audiens, Anda juga dapat membuat copywriting yang terdengar personal, alias tepat sasaran. Adapun langkah pertama yang Anda lakukan untuk memahami target audience, yaitu memberikan survei pada existing customer.

Dalam membuat survey tersebut, cantumkan pertanyaan wajib berikut ini!

  • “Apa yang membuat Anda tertarik dengan produk kami?”
  • “Apakah Anda pernah menggunakan produk serupa?”
  • “Bagaimana pengalaman Anda menggunakannya?”

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah membuat gambaran target audiens atau yang biasa disebut dengan buyer persona.

 

C. Tentukan Headline dan Lead yang Memikat

Berdasarkan sebuah penelitian, 8 dari 10 audiens membaca headline atau judul dari tulisan Anda. Maka dari itu, Anda harus bisa menciptakan headline yang unik dan menarik agar pembaca tertarik membaca tulisan Anda.

Untuk membuat headline yang menarik, cantumkan poin – poin berikut ini!

  • Jelaskan manfaat yang anda tawarkan
  • Buat pembaca ingin segera membeli
  • Cantumkan persentase

Selain headline, Anda juga harus dapat memikat pembaca dengan lead atau paragraf pembuka sebuah tulisan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Untuk membuat lead yang menarik, Anda bisa memulainya dengan menunjukkan empati, memulai dengan fakta, hingga dapat membuat audiens penasaran.

 

D. Buatlah Copy yang Berkualitas

Disamping headline dan juga lead yang menarik, konten yang berkualitas juga dapat membuat tulisan Anda dilirik oleh pembaca. Dalam hal ini, tulisan tersebut disebut juga dengan copy.

Untuk membuat copy yang berkualitas, terapkan formula berikut ini!

  • Penggunaan kata dan kalimat yang sederhana
  • Buatlah tulisan terlihat lebih personal
  • Jelaskan manfaat produk kepada pembaca
  • Gunakan sub-heading

 

E. Akhiri Dengan Persuasi

Tujuan dibuatnya copywriting adalah untuk mempengaruhi atau membujuk pembaca melalui tulisan untuk melakukan sebuah action tertentu, misalnya membeli barang, mendownload e-book, berlangganan newsletter, dan action lainnya. 

Untuk membuat pembaca melakukan sebuah action tertentu, tambahkanlah call-to-action (CTA) dalam copywriting yang Anda buat. CTA adalah tombol, banner, atau formulir yang berisi perintah bagi audiens Anda.

Ditambah lagi, CTA yang Anda buat juga sebaiknya dapat memberikan manfaat kepada pembaca. Misalnya dengan menyediakan pilihan CTA yang sesuai dengan kebutuhan pembaca.

 

Kesimpulan

Itulah seluk beluk copywriting yang harus Anda pahami dalam mempromosikan produk dengan sebuah tulisan. Hanya dengan tulisan, Anda dapat menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual.

Dalam membuat copywriting, Anda harus memahami formula dan juga teknik yang tepat agar tulisan yang Anda buat bukan hanya menjadi pajangan saja. Dengan copywriting yang menarik, bisnis Anda akan meningkat.

 

copywriting

 

Baca Juga: [Lengkap] Panduan Pengoptimalan Aplikasi di App Store

 

Selain itu, penggunaan Aplikasi Kasir Online Pawoon POS Indonesia juga dapat membantu usaha Anda menjadi lebih sukses. Pawoon menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.

Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan dimana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.

Menarik bukan? Nah tunggu apalagi? Kunjungi website kami untuk mendapatkan demo secara gratis dan rasakan kesempatan mengelola bisnis dalam satu aplikasi.

Dapatkan Demo Gratis!

 

7+ Copywriting Yang Harus Anda Kuasai!

7+ Copywriting Yang Harus Anda Kuasai!

Copywriting atau teknik kepenulisan merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Pasalnya, dalam menjalankan proses promosi sebuah perusahaan, Anda akan membutuhkan kata - kata unik dan tepat untuk menarik perhatian calon konsumen....

7+ Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Anda Coba

7+ Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Anda Coba

Pemasaran online di era digital seperti sekarang ini sangatlah penting. Hampir semua aspek kehidupan telah menggunakan teknologi digital dan juga internet, misalnya  aspek pemasaran dalam sebuah perusahaan. Bagi pelaku bisnis, pemasaran online jauh lebih menguntungkan...

[Lengkap] Panduan Pengoptimalan Aplikasi di App Store

[Lengkap] Panduan Pengoptimalan Aplikasi di App Store

Secara global, terdapat lebih dari 2,6 juta aplikasi Android di Google Play store dan lebih dari 2 juta aplikasi di App Store Apple. Aplikasi tersebut digunakan oleh sekitar 3 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia dimana angka ini akan terus bertambah setiap...

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

LIHAT SEMUA EVENT

Related Article

WhatsApp chat