Buka Usaha saat Pandemi, Apa Saja yang Harus Disiapkan?  - Pawoon

Buka usaha di tengah wabah covid 19 mungkin terdengar gila bagi sebagian besar orang. Alasannya masuk akal, karena terhitung sampai artikel ini ditulis, pandemi masih memaksa beberapa usaha untuk tutup demi keamanan bersama. Lalu, bagaimana dengan pemilik bisnis yang punya niat membuka usaha baru di tengah pandemi? Apakah mereka mengambil keputusan yang tepat? 

 

4 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Buka Usaha saat Pandemi

 

Rencana buka usaha di masa pandemi harus diimbangi dengan persiapan yang matang. Bukan hanya hal yang bersifat teknis, namun juga beberapa hal yang membutuhkan strategi. Lalu, kiranya apa saja yang perlu disiapkan sebelum akhirnya memulai bisnis di masa pandemi? Informasi lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini. 

 

Ide Bisnis yang Solutif

 

ide bisnis

 

Perilaku pembeli yang berubah di masa pandemi harusnya bisa mendatangkan ide kreatif dalam berbisnis. Namun, ide kreatif saja nggak cukup. Jika ingin bisnis lancar, kamu harus bisa menghadirkan sebuah ide yang solutif dan dibutuhkan oleh pembeli. Ide yang solutif ini kemudian perlu dieksekusi dengan baik. Jangan terlalu terburu-buru mengambil keputusan, dan perhitungkan semua sudut pandang agar hasil akhir yang kamu dapatkan semakin maksimal. 

 

Perencanaan Keuangan yang Matang

 

modal usaha

 

Dalam keadaan yang tidak stabil seperti sekarang, perencanaan keuangan yang baik adalah solusi tepat yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha. Selain memperhitungkan biaya operasional, kamu juga perlu menyisihkan sedikit uang untuk pengeluaran tak terduga. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk berjaga-jaga pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Kamu yang punya modal seadanya harus lebih pintar mencari cara agar usaha tetap berjalan meski hanya dengan modal kecil. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal, seperti pengajuan pinjaman atau mencari investor bisnis. 

 

Strategi Pemasaran yang Adaptif

 

strategi marketing

 

Salah satu kunci penting dalam membuka dan mengembangkan usaha di masa pandemi adalah beradaptasi. Hal ini juga berlaku dalam menentukan strategi pemasaran yang kamu pakai. Menggunakan strategi yang bersifat digital atau online bisa jadi solusi yang tepat untuk keadaan sekarang. Selain menggunakan kanal iklan digital, kamu juga bisa memaksimalkan media sosial sebagai platform berjualan yang bisa mendatangkan banyak pelanggan. 

 

Rencana Alternatif

 

 

Meskipun semua perencanaan sudah dilakukan, pemilik bisnis yang bijak tentunya akan menyiapkan rencana cadangan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang sulit diprediksi saat memulai usaha. Persiapan seperti ini akan membuat perencanaan bisnis semakin matang dan menghindarkan kamu dari risiko terburuk yang bisa terjadi. 

 

Pandemi tidak hanya menuntut kita lebih berhati-hati dan saling jaga, tapi juga beradaptasi dengan keadaan yang ada. Hal ini juga termasuk dalam dunia bisnis. Menjaga keamanan itu perlu, tapi jangan biarkan pandemi menghalangi kamu wujudkan mimpi. Karena dengan persiapan matang, kamu tetap bisa membangun dan mengembangkan usaha dengan lancar dan tetap aman. 

 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat