Apa Perbedaan Kasir Konvensional dan Teknologi Software Kasir? - Pawoon

Apa Perbedaan Kasir Konvensional dan Teknologi Software Kasir?

Zaman yang semakin berkembang ke arah digital menawarkan berbagai kemudahan untuk manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam bidang bisnis. Perkembangan teknologi selalu diterapkan untuk memberikan kepraktisan dalam bertransaksi. Contohnya bisa kita lihat dalam perkembangan mesin kasir. Dari waktu ke waktu, selalu ada inovasi baru untuk menghasilkan mesin kasir yang serbaguna. Tak hanya untuk transaksi pembayaran, tapi juga kegiatan lainnya.

Seperti yang kita tahu bahwa zaman sekarang ini hampir semuanya serba online, maka begitu pula dengan mesin kasir. Mesin kasir modern memanfaatkan software kasir yang dapat membantu para pebisnis dalam mengelola bisnis mereka. Berikut beberapa perbedaan antara kasir konvensional dengan teknologi software kasir modern saat ini.

POS Lebih Fleksibel Dibanding Mesin Kasir Konvensional

Teknologi software kasir ini diterapkan pada mesin yang disebut POS atau Point of Sale. Bedanya dengan mesin kasir biasa, mesin Point of Sale ini sudah memanfaatkan teknologi komputer sehingga mampu menampung informasi yang lebih kaya. Selain itu, Point of Sale juga dilengkapi dengan pemindai kode barang, tempat menyimpan uang, dan juga peranti lainnya sehingga memudahkan kita dalam melakukan transaksi dengan pelanggan.

Karena sudah terkomputerisasi, maka pemilihan program juga bisa dilakukan oleh kita sebagai pemilik dengan lebih fleksibel. Kita bisa memasang berbagai macam program semau kita. Misalnya program yang mampu memudahkan kita dalam melakukan pengawasan stok barang, melacak karyawan, atau bahkan membuat laporan keuangan. Sedangkan, jika menggunakan mesin kasir konvensional, mau tidak mau kita harus menerima menu yang ada di dalamnya tanpa bisa menambahnya.

Kompatibel dengan Piranti yang Mendukung

Mesin pembayaran modern yang sudah menggunakan teknologi software kasir online ini bisa dipasangi beberapa hardware atau peranti keras yang mampu mendukung aktivitas transaksi, misalnya mesin pemindai kode barang. Dengan adanya mesin ini, karyawan Anda tidak perlu memasukkan satu per satu kode barang yang ada di setiap produk. Bayangkan jika satu orang berbelanja puluhan produk berbeda sehingga data kode barangnya harus dimasukkan satu per satu. Tentunya hal ini akan membuat antrean di kasir semakin lama, bukan?

Akan jauh lebih menghemat waktu jika Anda memakai scanner kode barang. Anda tinggal memosisikan barisan angka pada barcode ke sensor mesin scanner dan harga pun akan tampil secara otomatis di layar mesin kasir. Transaksi pelanggan bisa dilakukan secara cepat dan tepat.

Teknologi Kasir Modern Lebih Memungkinkan Pemilik untuk Mengecek Persediaan Barang

Selain praktis untuk melancarkan kegiatan transaksi, ada software kasir yang dibuat untuk fungsi logistik. Dalam hal ini maksudnya untuk menunjukkan jumlah stok barang. Mungkin pada mesin kasir konvensional biasa, fitur tersebut sudah ada, tetapi tidak pada semua mesin. Pada umumnya, mesin kasir konvensional yang sudah dilengkapi dengan fitur pengecekan stok barang harganya sangat mahal. Tentu saja dibanding mesin Point of Sale yang sudah menggunakan teknologi software kasir online, cukup membuat kita sebagai pengelola bisnis merugi.

Harga Lebih Mahal

Karena sudah lebih modern dengan dibekali teknologi yang sudah maju, tentu saja membuat mesin Point of Sale yang sudah berisi teknologi software kasir online dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding mesin kasir konvensional. Namun, harga ini sebaiknya tidak menjadikan Anda penghalang untuk membeli mesin tersebut karena harga menentukan kualitas. Tidaklah mengapa jika Anda mengeluarkan budget yang lebih banyak untuk membeli mesin Point of Sale. Namun, ke depannya, Anda akan terbantu dengan banyak aktivitas bisnis yang bisa dilakukan oleh program yang terpasang di mesin kasir Anda.

Mesin Kasir Konvensional Tidak Bisa Membuat Laporan Keuangan

Menyusun laporan keuangan adalah hal rutin yang harus Anda lakukan setiap bulan, bukan? Mesin kasir konvensional belum dibekali dengan teknologi yang memadai untuk mengerjakannya. Sedangkan, mesin kasir modern sudah dilengkapi dengan software-software tertentu yang bisa membantu Anda menyusun laporan keuangan. Dengan hal ini, tentunya akan ada banyak waktu yang tersisa dan Anda pun bisa memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan lain guna menunjang bisnis Anda.

Memiliki kelebihan tak lantas membuat mesin kasir modern bebas kerugian. Karena sudah terkomputerisasi, maka programnya juga rentan terserang oleh virus. Namun, Anda tak perlu khawatir karena masing-masing pengembang software juga pasti sudah memikirkan hal tersebut ketika membuat software kasir online mereka. Oleh sebab itu, pasti ada cara menanggulanginya. Jika perlu, Anda bisa menanyakannya sebelum membeli. Layanan apa yang mereka berikan untuk menanggulangi dan mencegah adanya kemungkinan software kasir terserang virus.

Jadi, sebaiknya Anda lebih bijak dalam mempertimbangkan keuntungan dan kerugian antara mesin kasir konvensional dan mesin kasir yang sudah memanfaatkan teknologi software online.

WhatsApp chat