5 Tips Meningkatkan Omzet Dengan Aplikasi Kasir

5 Tips Meningkatkan Omzet Dengan Aplikasi Kasir

Banyak pengusaha yang berpikir bahwa point of sale (POS) atau yang biasa disebut aplikasi kasir online hanya dapat digunakan untuk menerima pembayaran. Mereka mungkin memakai sistem yang hanya dapat melacak inventori atau memberikan laporan bulanan untuk bisnis mereka, dan masih banyak yang belum menyadari kelebihan-kelebihan lain dari aplikasi kasir online.

Bagaimanapun, aplikasi kasir dapat membantu banyak hal untuk bisnis Anda, dengan hanya sentuhan jari saja. Semua tentang bisnis, muali dari; dari inventori produk, database pelanggan, penjualan, pemasaran, karyawan, semuanya dapat dilacak di dalam satu aplikasi. Dengan cara memanfaatkan sistem aplikasi kasir anda secara efektif serta engurangi pengeluaran.Andajuga dapat menganalisa data secara baik dan benar, agar dapat meningkatkan profit dan menaikan omzet bisnis.

Selama ini mungkin Anda belum menyadari bahwa tidak hanya perusahaan besar yang memakai aplikasi kasir, tetapi bisnis menengah ke bawah pun dianjurkan untuk dapat memakai agar dapat meningkatkan omzet penjualan.

Berikut ini adalah 5 tip strategi meningkatkan omzet bisnis mu dengan menggunakan aplikasi kasir online. Coba cek tips dibawah ini dan lihat apakah tips ini dapat merubah cara bisnis anda

 

1. Mengurangi biaya operasional

Pengusaha, terkadang hanya fokus dalam mencari strategi harga untuksaat mencari cara dalam meningkatkan omzet mereka, tetapi sebaiknya, pengusaha harus lebih memperhatikan hal dalam mengurangi biaya operasional. Sebagai contoh dengan cara memotong jam lembur karyawan, mengantisipasi tugas mendadak terhadap karyawan, memprioritaskan jam karyawan, memaksimalkan jam karyawan agar waktu mereka dapat secara efektif digunakan di area yang paling penting dari bisnis anda. Ketersediaan inventori juga menjadi hal yang vital dalam bisnis. Jika anda tidak dapat memantau persediaan barang, penjualan, dan pemasaran dengan sistem yang berjalan sekarang, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan satu sistem aplikasi kasir yang  murah dan dapat menyediakan fitur manajemen stok atau pengaturan inventori. Hal ini dapat membuat seluruh toko dan staf Anda berjalan lebih efisien

Kesimpulan:

  • Turunkan biaya operasional karyawan dengan mengurangi pengeluaran dan menggunakan bahan persediaan yang lebih murah (Selama kamu tidak mementingkan kualitas).
  • Menggunakan sistem manajemen stok untuk menyimpan waktu dan mengurangi pengeluaran.
  • Jika kamu sudah memakai Pawoon, kamu bisa mempelajarinya kembali disini

 

2. Menaikan jumlah rata-rata pemasanan produk.

Menaikan jumlah rata-rata angka pemesanan dari pelanggan lama yang kembali berkunjung adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan omzet anda. Kamu sudah mengeluarkan investasi di pemasaran dan sistem manajemen pelanggan; sekarang adalah saatnya untuk mencari jalan bagaimana meningkatkan pengeluaran mereka.

Memulai dengan menawarkan dan merekomendasi produk lain. Kamu dapat mencoba mencari produk yang kemungkinan dapat di beli bersamaan, dan jika pelanggan telah membeli produk yang kamu berikan, coba untuk menaikan pengeluaran pelanggan dengan merekomendasi produk yang yang hampir relevan.

Stategi penempatan produk di cafe, restauran atau toko anda dapat menaikan rata-rata jumlah pemesanan. Dengan meletakan produk terlaris di depan toko anda dan di tempat dimana pelanggan masuk ke dalam toko anda dapat secara memungkinkan menarik mata-mata pelanggan untuk mencoba memesan.

Strategi lain adalah untuk menempatkan produk dengan penjualan tertinggi anda di meja kasir untuk menaikan jumlah rata-rata pemesanan.  

Kesimpulan:

  • Menaikan jumlah pemesanan dengan menyarankan pelanggan untuk membeli produk lain.
  • Cari dan temukan produk yang memberikan keuntungan tertinggi dan tempatkan di tempat strategis yang dapat dilihat oleh pelanggan.
  • Dengan menggunakan aplikasi kasir online yang memiliki fitur manajemen pelanggan, dapat memudahkan kamu didalam melihat profil pelanggan dan melacak penjualan berdasarkan pelanggan.

 

Pantau bisnis Anda dimana saja kapan saja

Gunakan aplikasi kasir Pawoon sekarang

COBA DISINI

 

3. Menaikan harga produk.

Dengan menaikan harga, memungkinan Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih dan meningkatkan margin. Banyak pebisnis yang ragu untuk menaikan harga, karena mereka takut kehilangan pelanggan.

Kami berharap dapat memberikan saran yang tepat dan cepat di dalam menentukan harga. Tetapi nyatanya, keputusan ini diambil dari setiap produk, margin, dan pelanggan. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah melihat bisnis anda, lakukan perhitungan kembali, dan cari titik harga yang paling tepat.

Selain melihat harga pengeluaran setiap produk dan margin, Anda dapat mempertimbangkan harga kompetitor, keadaan ekonomi dari pelanggan. Anda juga dapat mempertimbangkan kenaikan harga dengan meningkatkan kualitas pelayanan untuk kepuasaan pelanggan.

 

4. Anda harus lebih pintar dalam memberikan promosi dan diskon produk

Memberikan diskon terkadang melanggar saran di dalam keuntungan berbisnis, tetapi dapat berhasil jika anda dapat melakukannya dengan baik.

Anda bisa mencoba dengan memberikan penawaran yang sesuai dengan pelanggan. Beberapa pelanggan dapat diberikan 20% diskon untuk membeli produk yang di tawarkan, tetapi ada beberapa pelanggan lain ada yang tidak layak mendapatkan diskon 20%. Lebih baik mengindentifikasi seberapa besar diskon yang diperlukan untuk mengkonversi setiap pelanggan.

Anda dapat melihat riwayat pembelian dan pemesanan pelanggan anda dan memberikan penawaran diskon sesuai dengan perilaku dan preferensi pelanggan. Pelanggan akan merasa ingin lebih membeli produk anda jika diberikan diskon yang berkaitan dengan keingin mereka. Ini juga membantu anda memperbesar margin.  

 

5. Optimalkan program loyalitas pelanggan.

Mengoptimalkan program loyalitas pelanggan dapat memberikan kesempatan yang besar bagi pembisnis untuk mengenal pilihan-pilihan reward, pilihan hadiah, dan dapat membuat strategi berkomunikasi yang dapat disampaikan secara baik kepada pelanggan.

Dengan program loyalitas pelangan ini, Anda terus dapat menarik pelanggan untuk melakukan transaksi.

Apakah Anda tahu bahwa pada umumnya, bisnis dapat menghabiskan biaya pemasran sekitar 5 – 25x untuk mendapat pelanggan baru dibandingkan menjual produk ke pelanggan lama? Tidak hanya itu, pelanggan lama, bisa melakukan 67% transaksi lebih banyak di bandingkan pelanggan baru. Singkatnya, loyalitas pelanggan dan program loyalitas akan sangat membantu dalam menaikan omzet bisnis anda.

Dengan memilih aplikasi kasir yang tepat, dapat memberikan bisnis anda kesuksesan. Jika anda memilih aplikasi yang salah tidak hanya membuang-buang uang, melainkan dapat menurunkan kualitas, reputasi bisnis anda di pasar, dan menurunkan peluang bisnis anda.

Dapatkah anda memikirikan strategi lain yang dapat membantu para pebisnis meningkatkan omzet mereka? Beritahu kami dengan memberikan komentar anda di bawah ini.

Jika anda mau mencoba, bisa daftar sekarang disini.