5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa - Pawoon

5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa

Faktor penting yang dibutuhkan dalam memulai usaha kreatif bukan hanya modal saja, tapi juga kemampuan dan mental yang kuat. Oleh karena itu, sebenarnya siapa saja bisa memulai usaha, bahkan para mahasiswa yang masih kuliah, asalkan mereka memiliki berbagai faktor yang akan mendukung usaha mereka. Kemajuan teknologi dan perkembangan di zaman modern saat ini juga sangat membantu para wirausahawan untuk menciptakan bisnis kreatif yang menarik dan bisa dijalankan oleh mahasiswa, karena pemasaran bisa lebih mudah dilakukan secara online atau melalui media sosial.

Lalu, bisnis kreatif apa saja yang bisa jadi langkah awal bagi para mahasiswa yang ingin mencoba mengasah pengalaman sebagai wirausahawan? Berikut ini adalah beberapa bisnis kreatif yang bisa jadi pilihan:

  1. Bisnis online shop

5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa

Dengan begitu meningkatnya industri e-commerce di Indonesia, membuka online shop adalah salah satu pilihan bisnis kreatif dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Toko online tak cuma bisa dimulai dengan mudah dan gratis, tapi juga relatif mudah dikelola. Sesuaikan saja produk yang dijual dengan kemampuan atau hobi Anda.

Misalnya, bila Anda suka olahraga, Anda bisa menjual jersey sepakbola, jersey basket, sepatu, atau produk lainnya. Anda tinggal mencari supplier yang terpercaya untuk mendapatkan produk yang bagus, lalu Anda bisa mulai mengelola online shop Anda di sela-sela kesibukan Anda sebagai seorang mahasiswa. Pilihan reseller atau dropship juga akan membantu Anda mengembangkan toko online Anda.

  1. Bisnis makanan

5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa

Bila Anda terampil memasak, Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda tersebut untuk memulai bisnis makanan. Selain kreatif menciptakan resep, Anda juga harus memikirkan kemasan yang menarik untuk produk makanan tersebut. Bisnis makanan ini juga jadi semakin menarik dengan berkembangnya aplikasi transportasi yang memudahkan pemesanan dan pengantaran produk Anda, seperti Go-Food, Grab Food dan aplikasi sejenis lainnya.

  1. Bisnis jasa

5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa

Cara terbaik untuk memulai bisnis adalah dengan memanfaatkan kemampuan yang sudah Anda miliki, karena keahlian menjadi modal sekaligus produk dari bisnis. Misalnya, jika Anda memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni, Anda bisa memulai bisnis desain grafis, seperti membuat logo, materi promosi dan lain-lain. Dengan menjamurnya bisnis online shop saat ini, kemampuan Anda tentu akan sangat dibutuhkan.

Masih banyak keahlian lain yang bisa menjadi modal bisnis, misalnya keahlian bahasa sebagai modal untuk memulai langkah sebagai penulis lepas atau penterjemah, kemampuan mengajar untuk memulai bisnis les tambahan dan lain sebagainya.

  1. Bisnis konten

5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa

Bila Anda merasa memiliki kemampuan untuk membuat konten yang menarik, bisnis konten atau menjadi content creator bisa jadi langkah awal bisnis Anda. Konten yang dibuat tidak terbatas pada blog, tapi juga video dan konten lainnya. Misalnya, Anda suka jajan dan tertarik dengan dunia kuliner, maka Anda bisa menjadi seorang food blogger. Bila Anda suka travelling, bisnis sebagai seorang travel blogger juga bisa jadi pilihan. Menjadi YouTuber juga terbukti menjadi bisnis kreatif yang menjanjikan untuk meraih keuntungan.

  1. Bisnis pulsa elektrik dan paket internet

5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa

Bisnis ini bisa dibilang salah satu bisnis kreatif dengan modal yang relatif rendah dibandingkan bisnis lainnya. Mencari pelanggan pun relatif tidak sulit, karena keluarga  dan teman-teman Anda di kampus bisa jadi menjadi pelanggan setia. Oleh karena modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar, risiko bisnis ini juga relatif kecil. Namun keuntungan yang didapatkan juga sepadan.

Idealnya, bisnis memang dimulai sejak dini. Sekecil apapun langkah awal bisnis Anda, yang penting adalah langkah tersebut bisa menjadi dasar bagi bisnis untuk terus berkembang. Untuk dapat lebih mudah menemukan ide bisnis, Anda bisa mulai dengan melihat peluang dari permasalahan yang terjadi di sekitar. Contohnya, dengan membuat produk yang ramah lingkungan. Anda pun bisa menemukan ide-ide lainnya yang sesuai dengan minat dan juga passion Anda. Jadi, bisnis apa yang menarik minat Anda?

Brightness gambar blog-nya bisa disesuaikan nggak sama warna langitnya? Jadi kelihatan banget kamuflasenya

Untuk gambarnya menurut kami sudah sesuai karena pakai background putih. Pembaca akan melirik ke layar komputer di gambar saat melihat gambarnya.

WhatsApp chat