Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Dicoba - Pawoon

Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Dicoba

Sudahkah Anda memilih untuk tidak menggunakan sedotan ketika sedang membeli minuman kemasan? Salah satu ide usaha kreatif dari gerakan antiplastik yang menjamur saat ini bukan hanya tren biasa, tetapi dimulai dengan kesadaran akan sampah yang telah merusak lingkungan dan kebutuhan untuk menjaga kebersihan bumi. Salah satu target market paling besar dalam industri dengan nilai lingkungan ini misalnya para Generation Z. Generasi ini nyatanya tidak asal dalam perilaku konsumtif mereka, namun diiringi dengan kesadaran akan nilai yang mereka percaya.

Menurut infografis dari GreenMatch, 72% dari generasi yang akan menjadi pasar terbesar di tahun 2020 ini memilih untuk membeli barang atau jasa yang diproduksi dengan cara ramah lingkungan. Kebiasaan baik ini bukan hanya dapat berdampak baik bagi lingkungan, tapi juga dapat menjadi lahan bisnis bagi Anda. Ingin tahu bisnis apa saja yang bisa dijalankan? Simak penjelasannya berikut, ya!

1. Pengolahan sampah

Pengolahan sampah memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, bahkan untuk lembaga yang besar. Inilah yang juga menjadi alasan munculnya berbagai inisiatif independen untuk membantu pengolahan sampah agar lebih ramah serta tidak mencemari linkungan. Inisiatif ini bukannya tanpa profit, tapi bisa juga digunakan sebagai sebuah ide usaha kreatif yang menjanjikan.

Langkah panjang dalam pengolahan sampah juga membuka banyak pilihan bagi Anda yang ingin berusaha. Dimulai dari memulai usaha jasa pengangkutan sampah, misalnya atau recycle sampah baik plastik maupun non-plastik menjadi hal baru yang lebih bermanfaat dan tidak akan menjadi limbah yang merugikan. Kini juga sudah muncul berbagai peluang usaha penguraian sampah dengan bantuan larva atau opsi lain. Dalam bisnis ini, Anda dapat bertindak sebagai penyedia lahan, peternak larva, atau penjual bahan pengurai sampah tersebut.

2. Packaging ramah lingkungan

Plastik kemasan makanan menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar yang mengotori lingkungan. Berawal dari ditemukannya sampah plastik yang menjadi penyebab kematian satwa laut, masyarakat mulai sadar dan berusaha untuk mengurangi jenis sampah ini dengan membeli kemasan atau alat makan yang tidak sekali pakai. Ide usaha kreatif Anda bisa berangkat dari cara ini, Sobat Pawoon! Bahkan, pasarnya bukan hanya langsung kepada konsumen, tetapi juga bagi bisnis-bisnis lainnya.

Sektor bisnis yang bisa ditawarkan misalnya food and beverage (F&B) dan juga retail. Pada bisnis F&B, Anda dapat mulai menemukan solusi kemasan yang tidak akan bermasalah pada lingkungan walau hanya digunakan sekali pakai atau justru alat makan yang bisa digunakan berkali-kali. Pada retail, Anda bisa menawarkan pilihan kemasan yang lebih ramah lingkungan. Selain kepada bisnis, ide yang ditawarkan juga bisa dengan memproduksi kemasan yang mudah dibawa dan digunakan bagi konsumen, baik itu bagi makanan dan minuman, retail, atau kegiatan sehari-hari, misalnya tempat makan, botol minum, sedotan, atau tas belanja. Lebih mudah lagi, bisnis ini dapat menjadi bisnis online yang akan mempermudah penjualan.

3. Bahan pembantu ramah lingkungan

Bukan hanya tren musiman, upaya untuk lebih ramah lingkungan kini menjadi gaya hidup bagi masyarakat. Mereka berusaha melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara meminimalisasi waste atau bahan sisa yang dapat merusak lingkunga. Dengan dimulainya kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan yang mendukung juga diperlukan. Salah satu yang sering menjadi masalah misalnya sabun untuk mencuci. Sabun konvensional biasanya mengandung zat yang dapat berbahaya bila mengalir ke laut dan secara tidak sadar dikonsumsi oleh hewan. Untuk itu, kebutuhan akan zat pembersih yang lebih ramah lingkungan dan juga memiliki nilai tambah misalnya non-toxic, paraben free, bahkan plant-based.

Membuat usaha ini juga bukan sesuatu yang sulit kok, Sobat Pawoon! Bahan-bahan yang digunakan terutama yang merupakan bahan dari tanaman umumnya dapat ditemukan dengan harga yang terjangkau dan cocok untuk usaha rumahan atau UKM. Produk yang diproduksi misalnya sabun badan, sampo, pasta gigi, sabun cuci piring, sabun cuci baju, atau sabun untuk membersihkan lantai. Jika Anda ingin menyasar kepada pasar pebisnis, dapat memproduksi lebih banyak dan memasarkannya ke restoran dan juga hotel.

4. Retail untuk sustainable goods

Kebutuhan akan barang-barang ramah lingkungan seperti di atas tadi memang belum terlalu mudah terpenuhi. Selain keberadaannya, cara untuk mendapatkan benda tersebut baru tersedia melalui beberapa channel, misalnya bisnis online. Untuk itu, kesempatan Anda menjadi retail bagi produk-produk tersebut masih terbuka lebar.

Dengan kesempatan tersebut, kini giliran Anda berusaha mencari solusi produk apa yang akan dibuat dan bagaimana cara memasarkannya. Dalam menjalankannya, sebuah strategi dan persiapan yang matang perlu untuk dipersiapkan. Pastikan juga Anda menggunakan aplikasi kasir yang berusaha mendukung dan mempermudah segala kegiatan bisnis dari transaksi, pencatatan dan laporan, hingga penjualan.

WhatsApp chat