5 Tahap Yang Dilakukan Saat Merancang Logo Bisnis Anda

Ini 5 Tahap Yang Harus Anda Ikuti Saat Merancang Logo

Sebuah logo pada perusahaan diibaratkan sebagai penampilan Anda atau lebih tepatnya sebuah wajah pada manusia. Logo mencitrakan diri Anda dan usaha Anda, seperti siapakah Anda, bergerak di bidang apa kah usaha Anda, apa yang Anda tawarkan, dan bagaimana penampilan Anda.

Tips memulai usaha yang baik, berawal dari logo brand yang baik. Meski strategi bisnis , maupun strategi marketing Anda telah matang, pembuatan logo yang buruk hanya akan mengurangi kesan pertama pada konsumen. Jadi kembali lagi, cara sukses memulai usaha berawal dari pembuatan logo yang baik.

Tak semua orang mengetahui cara membuat logo, jadi kemungkinan besar jika memang Anda tidak dapat membuatnya, Anda membutuhkan jasa profesional. Namun dalam proses pembuatannya, Anda harus mengetahui kelima hal di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk membuat logo.

Unik

Tentu saja logo harus lah unik dan berbeda dari logo perusahaan lainnya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa logo adalah tampak muka Anda yang pertama kali dilihat oleh konsumen.

Dari logo akan terlihat keseriusan Anda dan usaha Anda untuk bersaing dalam dunia bisnis. Pembuatan logo yang baik, serius, dan benar-benar dipersiapkan dengan matang akan membangun citra baik di mata konsumen.

Logo harus sesuai dengan target pasar Anda

Logo Anda harus dapat ‘berbicara’ dengan target konsumen Anda. Buatlah logo yang dapat merepresentasikan target pasar Anda.

Sebagai contoh pemilihan desain dan warna logo Google yang lebih menyasar ke segmen kalangan muda yang energik, dan logo LinkedIn yang benar-benar merepresentasikan kalangan profesional. Namun ada pula yang memilih desain serta warna menyasar ke seluruh kalangan seperti Facebook dan Twitter. Logo yang tepat sesuai target audience secara otomatis dapat meningkatkan pendapatan Anda.

Sederhana dan fleksibel

Selain unik, pemilihan desain dan warna harus lah sesederhana mungkin namun fleksibel di saat yang bersamaan. Meski dalam pembuatan logo harus lah dipikirkan masak-masak, namun tidak perlu terlalu rumit. Ambil contoh logo McDonald, dan Nike. Kedua perusahaan tersebut memiliki logo yang sangat simpel, namun sangat melekat di hati konsumen. Tidak sepenuhnya yang simple tu buruk.

Fleksibilitas logo juga perlu diperhatikan. Tentu kedepannya, Anda tidak hanya meletakkan logo di toko Anda saja bukan? Pastikan logo Anda tetap terlihat menarik meski dipajang di manapun seperti spanduk, baliho, atau mungkin saja di transportasi umum.

Perhatikan budget serta komitmen

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa perusahaan start-up pasti memiliki budget yang terbatas. Membuat logo tidak harus mahal, dengan Anda mengikuti poin ke tiga di atas, maka secara otomatis pembuatan logo Anda akan memiliki budget rendah.

Untuk menekan biaya lebih baik lagi, Anda tidak harus menyewa tenaga yang benar-benar profesional dalam pembuatan logo. Anda dapat menyewa freelancer, agensi, mahasiswa atau mahasiswi yang berkuliah di bidang desain, atau bahkan meminta kerabat Anda dalam membuatnya.

Hindari menggunakan banyak warna pada logo, karena hanya akan memperumit Anda saat harus mencetaknya. Cukup gunakan dua atau tiga warna utama saja, dan hindari penggunaan warna gradasi karena dapat meningkatkan ongkos percetakan.

Jangan lupakan inti utama dari usaha Anda

Logo memang inti dari mendapatkan kesan pertama yang baik, tetapi logo bukan lah segala-galanya. Kualitas produk atau jasa, serta pelayanan Anda terhadap konsumen tetap lah yang utama.Komitmen Anda harus lah tetap pada keberlangsungan bisnis Anda.

Ambil contoh sebuah perusahaan transportasi online. Mereka memiliki logo yang telah melekat di hati konsumen, namun tim di dalamnya lebih menitik beratkan kepada sistem, tampilan antarmuka, serta kenyamanan penggunanya. Jangan sampai komitmen Anda kepada pembuatan logo jauh lebih besar dibandingkan pelayanan Anda terhadap konsumen.

Kini Anda telah mengetahui kelima kiat-kiat dalam membuat logo yang baik. Kembali lagi kami ingatkan bahwa logo yang baik merepresentasikan citra baik sebuah perusahaan, namun logo bukan lah segala-galanya.

Jadi, sudahkah terpikir desain logo yang cocok untuk usaha Anda?

WhatsApp chat