5 Fitur Paling Dicari dari Aplikasi Kasir - Pawoon

Mengelola sebuah bisnis memang cukup sulit dan pemilik bisnis dituntut memiliki kemampuan multitasking, mulai dari mengatur penjualan, inventaris, dan pembelian. Inilah kenapa pemilik bisnis membutuhkan aplikasi kasir untuk mengurangi beban kerja mereka.

Tidak hanya memudahkan pengelolaan penjualan, inventaris, dan pembelian, aplikasi kasir juga memiliki fitur berguna lainnya untuk bisnis Anda. Masalahnya tidak banyak aplikasi kasir yang memiliki fitur lengkap. Itu sebabnya jika Anda ingin mulai menggunakan aplikasi kasir, pastikan mereka memiliki fitur-fitur yang dijelaskan di bawah ini.

 

Kemudahan bertransaksi

Era mesin kasir kuno yang hanya bisa mencetak nota sudah berakhir. Inilah mengapa pebisnis beralih ke aplikasi kasir karena kemudahan yang mereka berikan. Alih-alih mencatat penjualan secara manual, setiap produk yang terjual akan disimpan di server cloud.

Dengan server cloud, Anda dapat menghubungkan aplikasi kasir dengan sistem lain. Seperti software akuntansi, program loyalitas, dan order online. Ini membuat semua data Anda terintegrasi ke dalam satu sistem dan memungkinkan Anda membuat laporan lebih mudah.

 

Laporan penjualan

Aplikasi kasir seperti Pawoon akan mencatat setiap penjualan yang terjadi di bisnis Anda. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk melihat produk mana yang saat ini memiliki permintaan tertinggi. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah mengontrol stok item ini dan menentukan waktu pemesanan ulang.

Dari sisi manajemen, fitur ini yang paling banyak dicari. Laporan penjualan memudahkan pemilik bisnis untuk mengambil data secara real-time. Data real-time akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat saat Anda membutuhkannya.

 

Manajemen persediaan

Anda tidak dapat memisahkan bisnis retail atau restoran dengan manajemen inventori. Tanpa data yang akurat dan real-time, pengelolaan persediaan akan sulit dilakukan. Namun dengan adanya aplikasi kasir, Anda bisa menghindari hal tersebut.

Dengan fitur notifikasi stok rendah, Anda akan mendapatkan notifikasi saat barang hampir habis. Saat menerima pemberitahuan, Anda dapat menghubungi vendor untuk mengantarkan persediaan yang baru dengan segera.

 

Manajemen pelanggan

Aplikasi kasir memungkinkan Anda untuk merekam data pelanggan. Fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menjalankan program loyalitas pelanggan. Tidak hanya efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang kembali tetapi juga berguna untuk menyesuaikan cara Anda melayani mereka.

Misalnya, memberikan hadiah, diskon, atau promosi khusus kepada pelanggan setia Anda. Tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, cara ini juga berpotensi menarik pelanggan baru dengan promosi dari mulut ke mulut.

 

Pilihan metode pembayaran

Di era modern ini, semakin banyak nasabah yang lebih memilih menggunakan pembayaran cashless. Kebiasaan ini juga didukung oleh lembaga keuangan seperti bank dan pembayaran digital (OVO, GoPay, Dana, LinkAja).

Sebagai pebisnis, sangat penting untuk mengikuti tren tersebut jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan. Inilah mengapa penting untuk menggunakan aplikasi kasir modern. Dengan pilihan pembayaran, Anda memberikan beberapa cara bagi pelanggan untuk berbelanja di bisnis Anda.

 

Kesimpulan

Ada beberapa fitur aplikasi kasir yang penting untuk bisnis restoran, retail dan jasa. Jika Anda sedang dalam proses memilih vendor untuk perangkat lunak kasir, pilih aplikasi kasir yang memiliki semua fitur di atas, seperti Pawoon. Tidak hanya membuat Anda mengelola bisnis Anda lebih mudah, tetapi aplikasi kasir juga dapat membantu Anda meningkatkan bisnis Anda.

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat