4 Cara Buat Pelanggan Restoran Lebih Setia - Pawoon

4 Cara Buat Pelanggan Restoran Lebih Setia

Menurut Anda, apakah yang menjadi kekuatan utama sebuah restoran? Apakah terletak di lezatnya menu, tampilan yang menarik, suasana yang nyaman, atau justru servis yang memuaskan? Bisa dibilang, keempat hal tersebut punya pengaruh masing-masing untuk mendatangkan pelanggan kembali.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harus mendatangkan kembali pelanggan lama dibandingkan mencari yang baru. Poin pertama yang jelas terlihat adalah dengan membuat pelanggan melakukan pembelian selanjutnya, berarti Anda tidak perlu banyak-banyak mengeluarkan biaya marketing misalnya memberi diskon untuk pembelian pertama. Selain itu, pelanggan lama biasanya yang akan menyebarkan testimonial baik untuk dapat mempromosikan restoran Anda dari mulut ke mulut. Lalu, bagaimana cara membuat pelanggan Anda lebih setia? Simak penjelasannya berikut, yuk!

1. Minimal durasi penyediaan makanan, maksimalkan rasanya

Percaya deh, usaha makanan atau restoran selalu menjadi sebuah usaha yang personal. Sebab, reaksi atas makanannya masih cukup bergantung pada rasa yang bisa dibilang relatif bagi setiap lidah. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa trik yang bisa membantu mengakomodasi kesukaan pelanggan ini, yakni dengan durasi masak yang tepat.

Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama. Anda dapat mengubah sedikit sistem masak di dapur restoran sehingga lebih efektif. Dengan kredit sebagai restoran yang menyediakan makanan dengan cukup cepat dengan rasa yang tetap terjaga, restoran Anda akan menjadi pilihan di jam sibuk sekalipun.

2. Kualitas makanan yang konsisten

Tahukah Anda apa lagi yang membuat sebuah restoran menjadi favorit? Usaha mereka dalam menyediakan bahan-bahan berkualitas menjadi salah satu pertimbanga. Sebut saja chef Jay Fai yang menjadi salah satu primadona street food Thailand hingga diangkat pada sebuah seri dokumenter makanan. Ia selalu berusaha menyajikan bahan makanan yang berkualitas untuk menu restorannya. Hal ini berdampak sangat signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Untuk itu, lakukan riset lebih dalam mengenai kualitas makanan yang disajikan restoran Anda. Tentu, bukan hal yang mudah untuk memberikan yang terbaik. Biaya produksi yang lebih tinggi akan muncul sebagai dampaknya. Jika memang tidak memungkinkan menggunakan bahan makanan kelas satu, setidaknya Anda dapat secara konsisten menggunakan bahan berkategori baik.

3. Promosi dan benefit untuk pelanggan

Tahukah Anda bahwa biaya marketing untuk menjangkau pelanggan baru lebih banyak dibandingkan dengan mendatangkan kembali pelanggan lama? Kini Anda sudah tahu, tentunya. Untuk mendatangkan pelanggan baru, Anda perlu mengeluarkan diskon dalam jumlah banyak dan kemungkinan ia menjadi pelanggan tetap pun kecil. Singkatnya, Anda hanya mentraktir pembelian pertama mereka tanpa jaminan mereka datang kembali.

Berbeda ceritanya jika Anda mengeluarkan promosi dan memberikan benefit bagi pelanggan lama. Kedatangan mereka kembali ke restoran Anda perlu diberikan benefit, misalnya poin. Dengan pemberian sistem poin yang nantinya bisa ditukarkan, pelanggan pun akan melakukan pembelian ketiga, keempat, dan seterusnya.

4. Pengaturan tempat duduk dan kenyamanan

Bagaimana memaksimalkan kenyamanan pelanggan restoran? Mulailah dari pengaturan tempat duduk yang baik sehingga kenyamanan mereka pun tercipta. Jika Anda memiliki restoran yang cukup sibuk, yakni dengan pertukaran pengunjung yang bisa dibilang cepat, maka kinerja pelayan pun juga perlu lebih cepat. Atur meja sebaik mungkin agar tidak perlu ada pelanggan yang menumpuk. Kalau perlu, buat lini antrean atau beri nomor duduk.

Selain itu, tawarkan kemudahan lainnya, misalnya reservasi via telepon. Anda pun dapat mengatur strategi yang dapat memperlihatkan kebiasaan duduk pelanggan. Misalnya, atur meja sehingga menjadi beberapa section, lalu lihat berapa lama pengunjung di masing-masing section. Dari situ, bisa dibuat strategi, misalnya pengadaan minimum order atau kursi khusus pelanggan lama.

Dari berbagai kriteria, yang menjadi poin utamanya adalah kepuasan pelanggan. Untuk itu, pastikan usaha restoran Anda memang berorientasi pada kepuasan pelanggan untuk dapat mengajak mereka kembali.

WhatsApp chat