Inspirasi Bisnis dari Tren Makanan Sehat - Pawoon

Inspirasi Bisnis dari Tren Makanan Sehat

Selama manusia masih sibuk beraktivitas, industri makanan dan minuman memang tidak akan ada habisnya. Meskipun satu menu sudah diolah oleh ribuan pengusaha, tetap saja masih ada pembeli yang hilir mudik, bukan? Lalu, bagian mana di industri makanan yang belum banyak terjamah pengusaha atau masih punya peluang besar? Jawabannya adalah industri makanan sehat.

Bukan hal yang aneh jika makanan sehat memiliki pasar yang berpeluang cukup baik. Sebab, dengan banyaknya risiko kesehatan dan kepedulian gaya hidup sehat yang juga menjadi tren berkat para health influencers, membuka pasar bagi berbagai pilihan produk atau jasa yang mengurangi risiko tersebut. Jangan salah, makanan sehat sendiri bukan hanya jenis hidangan organik, vegan, atau vegetarian, tapi juga produk-produk biasa yang kini lebih diperhitungkan kadar nutrisi atau kualitasnya. Nah, tertarik untuk ikut mengolah lahan basah ini, Sobat Pawoon? Berikut inspirasi bisnis yang bisa Anda coba!

1. Buat variasi menu dengan fusion food

Menu fusion food apa saja yang sudah Anda makan? Secara tidak sadar, makanan yang kita makan sehari-hari pun kadang merupakan hasil campuran antara dua menu atau lebih. Akan tetapi, kali ini tren fusion food sudah cukup blak-blakan dan ekstrem mencampurkan dua menu atau lebih, contohnya dengan keberadaan nasi padang yang disajikan dengan cara makan khas burrito atau persilangan burger dan sushi.

Untuk dapat membuat menu seperti ini, tentu saja dibutuhkan kreativitas dalam menyusun menu. Sebab, bukan hanya embel-embel makanan sehat yang dibutuhkan oleh penikmat jenis makanan ini. Dalam bisnis F&B, tentu saja rasa menjadi faktor utama untuk menarik pelanggan di samping tampilannya yang juga menarik. Jika bisa mendapatkan keduanya, tinggal menjaga konsistensi agar pelanggan Anda tidak hanya menjadi pelanggan kagetan yang datang saat ada sesuatu yang baru.

2. Cepat tapi sehat dengan menu fast food

Aktivitas yang padat sering kali membuat manusia memiliki waktu luang yang minim. Akhirnya, pilihan makanan pun terbatas dan lagi-lagi fast food menjadi teman yang memberikan rasa bersalah bagi mereka. Ada pula, mereka yang memang nggak punya kemampuan dan waktu untuk membuat masakan sehat tapi dengan rasa yang nikmat. Nah, masyarakat yang ingin meningkatkan kualitas hidup tapi dengan gaya hidup seperti inilah yang akan menjadi konsumen Anda.

Untuk menjangkau mereka, pilihan makanan sehat yang cepat saji bisa Anda berikan. Terdapat beberapa hal yang penting diperhatikan untuk membuat menu seperti ini. Hal pertama, sudah pasti nutrisi yang disajikan dalam makanan tersebut. Selanjutnya adalah rasa, sebab lagi-lagi ini adalah bisnis makanan. Poin penting yang menjadi challenge Anda adalah bagaimana dapat menyajikan makanan yang sehat dan enak ini dengan cepat. Salad, burger, atau sandwich bisa jadi inspirasi Anda!

3. Inovasi membuat makanan plant-based

Kini, telah banyak riset dilakukan alternatif pengganti untuk bahan-bahan yang dianggap berisiko tinggi bagi kesehatan, misalnya daging. Namun, sebagian dari mereka yang beralih memakan makanan sehat dengan menjadi vegan atau vegetarian masih punya rasa nostalgia dengan menu makanan yang biasa mereka makan sebelumnya. Rasa nostalgia memang ada, namun dengan pilihan hidup sehat, mereka pun tidak dapat mengakses menu-menu tersebut. Kini, sudah ada berbagai inovasi yang memungkinkan makanan seperti daging ayam atau sapi dibuat dengan bahan-bahan nabati.

Dengan adanya bahan-bahan ini, kini giliran Anda sebagai pebisnis kuliner yang mengolahnya jadi makanan yang biasa ditemui, misalnya sate atau rendang. Bahkan, jika perlu, Anda sendiri lah yang membuat inovasi membuat “replika” beberapa bahan makanan dari bahan nabati tersebut. Menarik, bukan?

Untuk mengikuti tren makanan sehat ini, Anda pun perlu mempersiapkan strategi bisnis yang matang. Menu memang nomor satu saat berbisnis kuliner, tapi lokasi yang strategis atau yang bernilai tambah dan kemudahan pembayaran juga perlu diperhatikan. Terlebih, jika Anda memang menyasar mereka yang cukup sensitif terhadap tren, pilihan pembayaran cashless perlu dipersiapkan. Dapatkan kemudahan memberikan layanan pembayaran cashless tersebut dengan Pawoon.  

WhatsApp chat