Tetap Semangat Jualan! Ini Tips Lancar Rencanakan Bisnis di Masa Pandemi - Pawoon

Pemilik usaha kecil atau UMKM tentu setuju bahwa tantangan mengembangkan bisnis di masa pandemi masih cukup banyak. Namun, berkurangnya angka kasus harian setidaknya memberikan sedikit harapan untuk bisa kembali ke keadaan normal. Kebijakan yang sudah tidak terlalu ketat juga membuat beberapa pemilik UMKM dapat sedikit bernapas lega karena sudah bisa memulai lagi bisnis yang sempat terhenti.

 

Tantangan Bisnis di Masa Pandemi

 

strategi bisnis

 

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan pada industri bisnis. Selain membuat keadaan sulit diprediksi, pandemi juga membatasi banyak pelaku usaha dalam mengembagkan bisnisnya ke tahap yang lebih tinggi. Tapi fakta yang unik adalah, pandemi yang terjadi sejak awal tahun 2020 silam ini ternyata membuka peluang bisnis untuk pelaku usaha baru. 

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk lokal yang bermunculan, mulai dari makanan, pakaian, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Kemunculan produk lokal ini juga disambut baik oleh konsumen yang semakin melirik bisnis lokal dan rumahan. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa pandemi tidak seharusnya menghentikan langkahmu mengembangkan usaha impian. 

Dengan perencanaan yang matang, bisnis kamu akan tetap lancar tanpa kendala, meskipun di tengah keadaan dan situasi yang sulit diprediksi. Apa saja, sih, perencanaan bisnis di masa pandemi yang dibutuhkan? Simak ulasannya di bawah ini, yuk! 

 

Siapkan Modal 

 

Perlu diketahui, terbukanya peluang bisnis di masa pandemi tidak lepas dari tingginya angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal ini kemudian membuat banyak orang memilih untuk mencari pemasukan sampingan dengan memulai usaha kecil-kecilan dengan modal seadanya. Meskipun bisa jadi solusi sementara, memulai bisnis dengan modal kecil bisa sangat berisiko terhadap perkembangan bisnis di masa pandemi. 

Selain persaingan yang ketat, keadaan bisnis yang sulit diprediksi juga akan lebih mudah dihadapi jika kamu memiliki cukup modal untuk mengembangkan usaha. Untuk mempersiapkan itu semua, mulailah lakukan perhitungan dan perencanaan modal, untuk mengetahui seberapa siap bisnismu menghadapi tantangan bisnis yang kemungkinan terjadi di masa pandemi

 

Mulai Perlahan

 

Kamu tidak perlu mulai bisnis dengan ide brilian yang bisa mendatangkan kamu banyak keuntungan! Mulailah bisnis dengan ide yang sederhana agar lebih memudahkan kamu untuk fokus dan memperhatikan setiap pencapaian yang kamu raih. Hal ini juga berhubungan dengan bagaimana kamu mengalokasikan dana atau modal yang kamu punya. 

Banyak pemilik usaha kecil atau UMKM yang terlalu banyak mengeluarkan dana di tahap awal bisnis, yang mengakibatkan kerugian yang berujung dengan berakhirnya bisnis mereka. Oleh karena itu, mengelola arus kas menjadi hal utama yang harus diperhatikan dengan baik. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka masa depan bisnismu akan lebih terjamin. 

 

rencana bisnis

 

Rencanakan Pendanaan 

 

Usaha kerasmu mulai menunjukkan hasil. Penjualan melesat dan jumlah permintaan produk meningkat. Ini tentunya jadi pertanda baik untuk bisnis yang kamu kembangkan sejak lama. Dalam tahap ini, kamu tentu memerlukan strategi lanjutan untuk mengembangkan usaha ke level berikutnya. Namun selain strategi bisnis, kamu juga memerlukan rencana pendanaan bisnis yang aman di masa pandemi. 

Apabila keuntungan yang kamu dapatkan belum cukup proporsional untuk mengembangkan potensi bisnis, kamu bisa mencari opsi pendanaan bisnis yang bisa jadi solusi tepat. Pawoon, sebagai sahabat pemilik usaha punya solusi yang lebih dari sekadar aplikasi kasir biasa. Melalui Pawoon Modal Usaha, Pawoon akan membantu kamu mengembangkan bisnis yang potensial dengan sumber dana yang aman dan mitra yang berpengalaman.

Dengan proses pendaftaran yang mudah dan praktis, kamu bisa mendaftarkan bisnismu dan menemukan investor lokal yang potensial dan siap membantu kamu membawa bisnismu ke level berikutnya. Ingin tahu lebih banyak tentang Pawoon Modal Usaha? Silakan klik link di bawah ini, ya! Selamat dan semangat Jualan! 

 

Pawoon Modal Usaha

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat