Sulit Mengembangkan Bisnis Online? Beberapa Hal ini Bisa Jadi Penyebabnya - Pawoon

Pemilik usaha tentu paham bahwa persaingan dalam dunia bisnis adalah hal yang biasa. Namun hal  ini seharusnya tidak membuat kamu lalu pasrah dan tidak melakukan apa apa. Di era teknologi seperti sekarang, skala persaingan bisnis online menjadi tantangan baru bagi pemilik usaha. Pilihannya ada di kamu, mau menyerah, atau terus beradaptasi agar bisnis tetap bertahan? 

Pernah merasa kesulitan mengembangkan bisnis online atau merasa stagnan tanpa kemajuan? Coba pikirkan lebih dalam lagi. Bisa jadi, beberapa alasan di bawah ini lah yang menghalangi perkembangan bisnis online yang kamu punya. Yuk, simak dan pelajari agar bisnis semakin lancar di kemudian hari!  

 

Salah Menentukan Target Pasar

 

Sebelum mengembangkan bisnis online, kamu harus terlebih dahulu menentukan target pasar dan niche bisnis yang diinginkan. Kalau kamu mengejar untung dalam waktu dekat, cobalah untuk menghindari jenis atau niche bisnis yang sudah lumrah atau common. Karena, semakin common niche bisnis, maka akan semakin banyak kompetitor yang akan kamu temukan. Beberapa contoh niche bisnis yang kompetitif saat ini adalah: 

  • Pakaian 
  • Produk kecantikan
  • Minuman/Makanan kemasan 

 

Apabila niche bisnis yang kamu minati termasuk ke dalam jenis bisnis yang kompetitif, kamu harus pandai-pandai mencari nilai lebih, yang bisa jadi faktor pembeda bisnis kamu dengan bisnis lainnya. Dengan begitu, pembeli akan lebih tertarik untuk membeli produk/jasa yang kamu tawarkan. 

Jika kamu merasa akan kesulitan menemukan nilai unik yang membedakan produk dengan kompetitor, mungkin kamu bisa mempertimbangkan niche bisnis yang belum memiliki terlalu banyak pesaing. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah berkreasi dan mengembangkan potensi bisnis yang kamu punya. 

 

niche bisnis

 

Salah Pilih Vendor

 

Bisnis online tentunya memerlukan kerjasama dengan pihak kedua seperti supplier, jasa ekspedisi, hingga aggregator sistem pembayaran. Oleh karena itu, memilih vendor yang tepat adalah hal yang menentukan kemajuan bisnis online yang kamu punya. Bukan sekadar mencari vendor dengan harga yang bersahabat, tapi juga soal kualitas dan kesamaan visi misi antara kamu dan vendor yang menjalin kerja sama. 

Beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah cara komunikasi, portfolio, dan review dari pengguna lain vendor tersebut. Kita kamu sudah menemukan vendor yang tepat, cobalah untuk melakukan proses uji coba terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan vendor tersebut. 

Setelah menemukan vendor yang tepat, kamu juga perlu menjaga hubungan baik dengan vendor tersebut. Lakukan pertemuan dalam kurun waktu tertentu untuk sama-sama me-review kinerja satu sama lain, dan mencari jalan tengah untuk masalah yang sedang dihadapi. Dengan komunikasi yang baik, kamu dapat menciptakan hubungan mitra yang sehat dan tentunya sama-sama menguntungkan. 

 

 

Pencatatan Manual

 

Seiring dengan perubahan perilaku beli (buying behaviour) di era teknologi saat ini, pemilik bisnis harus beradaptasi dengan sistem belanja online yang praktis, mudah, dan serba cepat. Kalau tidak pandai, kamu bisa saja kehilangan pembeli dan mengalami kerugian. Oleh karena itu, pencatatan manual sudah bukan lagi jadi cara efektif dalam menjalankan bisnis online

Penggunaan aplikasi kasir online bisa jadi solusi yang sangat membantu untuk pemilik bisnis online maupun bisnis offline di toko. Selain memudahkan transaksi, aplikasi kasir online juga bisa memudahkan kamu melayani banyak pembeli dengan pencatatan penjualan yang mudah dan serba digital. 

 

Ingin merasakan kemudahan mengembangkan bisnis online dan offline? Pawoon POS bisa jadi solusinya! Selain berfungsi sebagai mesin kasir online di toko, Pawoon POS juga dilengkapi dengan berbagai macam integrasi yang memudahkan kamu menjangkau lebih banyak pelanggan melalui kanal jualan online. Kamu juga bisa mengelola stok produk di toko offline dan toko online sekaligus, tanpa perlu repot buka berbagai tab. 

Tunggu apa lagi? Yuk, langganan Pawoon POS sekarang, dan nikmati kemudahan mengembangkan bisnis tanpa repot. 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat