Strategi Marketing Bisnis Food Truck - Pawoon

Strategi Marketing Bisnis Food Truck

Bisnis food truck belakangan terus menjamur di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Di Indonesia, trend dimulai sejak tahun 2014 hingga 2015 lalu dan terus berkembang sejak saat itu. Food truck hadir di berbagai event, menyajikan berbagai macam hidangan mulai dari makanan Barat hingga makanan Nusantara. Keuntungan yang didapat pun cukup besar. Di sebuah event besar, omzet yang didapat bahkan bisa mencapai Rp20 juta per hari.

Daya tarik bisnis food truck muncul dari keleluasaan pemilik bisnis untuk mendatangi calon pelanggan. Food truck tidak terbatas pada satu lokasi tertentu saja dan lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak konsumen di area yang baru. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat dengan target pasar yang berbeda, seperti kampus, perkantoran, sekolah, dll.

Akan tetapi, tentu saja ada tantangan tersendiri dalam menjalankan bisnis food truck. Walaupun tidak perlu mengeluarkan biaya sewa untuk lokasi bisnis, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengurus perizinan di tiap tempat yang akan didatangi oleh food truck Anda.

Mencari lokasi yang tepat untuk food truck Anda juga bisa menjadi tantangan. Selain itu, mengolah dan memasak makanan di dapur food truck tentu lebih sulit dengan segala keterbatasannya dibandingkan dengan menyiapkan masakan di dapur restoran atau kafe.

Langkah pemasaran untuk food truck juga sangat penting, terutama karena food truck tidak memiliki tempat ‘mangkal’ yang tetap. Sehingga, Anda harus jeli mencari cara agar pelanggan Anda terus setia pada Anda.Lalu bagaimanakah strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis food truck? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa jadi perhatian Anda:

1. Modifikasi food truck dengan menarik

Strategi Marketing Bisnis Food Truck

Berbagai tantangan dalam bisnis food truck bisa Anda atasi dengan strategi marketing yang tepat. Beberapa di antaranya bisa Anda simak di artikel ini.

Food truck yang dimodifikasi dengan unik dan menarik bisa jadi media promosi tersendiri bagi bisnis Anda. Siapkan konsep yang kreatif untuk modifikasi food truck Anda, sesuai dengan menu yang disajikan. Tampilan yang tidak biasa akan membuat food truck Anda jadi lebih mudah diingat dan lebih menonjol dibandingkan food truck lainnya.

2. Aktif di media sosial

Food truck tidak memiliki lokasi yang tetap dan cenderung berpindah-pindah lokasi setiap hari. Oleh karena itu, food truck Anda harus aktif di media sosial, sehingga pelanggan setia Anda bisa mendapatkan informasi lokasi food truck Anda setiap hari. Anda juga bisa menjalankan beberapa langkah pemasaran yang menarik melalui media sosial food truck Anda.

Selain itu, foto dan video dari menu yang Anda sajikan bisa membantu menarik pelanggan baru, sekaligus menjaga agar pelanggan lama Anda tetap setia pada food truck Anda.

3. Ulasan positif

Tahukah Anda bahwa 84% orang mempercayai ulasan online dari sebuah bisnis? Itulah sebabnya ulasan positif dari pelanggan juga bisa menjadi media promosi yang efektif untuk bisnis food truck Anda. Jadi, berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda untuk meminimalisasi munculnya ulasan negatif terhadap bisnis Anda.

Selain itu, minta pada pelanggan Anda untuk meluangkan waktu dan memberikan ulasan terhadap bisnis Anda. Lakukan hal ini secara halus dan tidak memaksa, ya.

4. Promo dan diskon

Promo dan diskon umumnya efektif menarik pelanggan baru untuk mencoba sajian yang dijual food truck Anda. Agar promo dan diskon lebih efektif, Anda harus fleksibel menyiapkan promo dan diskon yang sesuai dengan lokasi food truck Anda setiap hari. Misalnya, diskon spesial untuk pelajar saat food truck berada di area sekitar sekolah dan lainnya.

5. Sampel Makanan

Strategi Marketing Bisnis Food Truck

Berbagai tantangan dalam bisnis food truck bisa Anda atasi dengan strategi marketing yang tepat. Beberapa di antaranya bisa Anda simak di artikel ini.

Menu food truck Anda adalah media promosi terbaik untuk Anda. Jadi, tak ada salahnya menyiapkan sampel makanan gratis pada calon pelanggan di food truck Anda. Kalau menu Anda memang lezat, Anda tak akan kesulitan menarik pelanggan baru.

Menjalankan bisnis food truck memang penuh tantangan. Menurut Ketua Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI), Joko Waluyo, 20-30 persen pengusaha food truck biasanya akan gugur daripada dua bulan pertama operasional bisnis mereka. Tapi bila Anda sukses menemukan pelanggan setia dan tidak kenal menyerah menghadapi berbagai tantangan dalam menjalani bisnis food truck, bisnis ini berpeluang memberikan keuntungan dan kepuasan batin bagi Anda.

WhatsApp chat