Temukan Sistem Point Of Sale (POS)Terbaik Untuk Bisnis Anda

Temukan Sistem Point of Sale (POS) Terbaik untuk Bisnis Anda

Memiliki mesin Point of Sale sangatlah penting karena fitur-fitur yang ada di dalam mesin ini mampu membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi kerja. Mulai dari pemasangan harga yang konsisten untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen Anda hingga manajemen stok barang yang tersedia, bahkan pelacakan tingkat kompetisi antar karyawan.

Namun, ketika Anda memutuskan untuk membeli mesin Point of Sale, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai ternyata Anda salah dalam memilih mesin Point of Sale sehingga menyebabkan Anda kurang maksimal dalam menikmati manfaatnya. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli mesin Point of Sale.

Pastikan Jenis Mesin Point of Sale Mudah Digunakan oleh Siapa Pun

Mesin Point of Sales ini nantinya akan digunakan oleh Anda dan karyawan untuk keperluan transaksi sehari-hari dengan pelanggan. Hal yang menurut Anda oke belum tentu dirasakan demikian oleh karyawan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa mesin Point of Sale yang akan Anda beli memiliki cara penggunaan yang praktis sehingga tidak perlu waktu lama untuk mengajari karyawan Anda dan mereka pun lebih mudah membiasakan diri.

Berbeda jika mesin Point of Sale Anda memiliki flow yang cukup rumit, hal ini bisa membuat kasir Anda melakukan kesalahan saat input. Ada jenis mesin touch screen yang lebih praktis dan ada juga mesin Point of Sale yang langsung terhubung dengan penyimpanan cloud sehingga akan membuat semuanya lebih praktis.

Berapa Besar Ukuran yang Ideal Menurut Anda?

Ini juga penting untuk diperhatikan. Desain mesin Point of Sale juga beragam, begitu juga dengan ukurannya. Ukuran ini juga harus Anda pertimbangkan. Apakah mesin tersebut cukup mendukung jika ditempatkan di atas meja atau di perusahaan Anda. Mesin yang terlalu besar juga memakan tempat sehingga akan memerlukan meja yang lebih besar. Mesin yang terlalu kecil pun akan membuat aktivitas kurang nyaman, misalnya ketika menarik laci uang atau melakukan input produk.

Maintenance dan Garansi

Nah, masing-masing pengembang mesin Point of Sale menerapkan kebijakan yang berbeda-beda untuk konsumen yang membelinya. Selain membeli, Anda pun juga bisa menyewa mesin Point of Sale ini. Jika Anda menyewa, hal ini dinilai lebih praktis karena jika terjadi kerusakan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikannya karena biasanya sudah ditanggung oleh pihak yang menyewakan.

Namun, jika Anda akan memakai mesin ini dalam jangka waktu yang lama dengan frekuensi yang intens, disarankan untuk membelinya saja. Ketika Anda membeli, coba juga tanyakan pada penjualnya berapa lama garansi yang ditawarkan dan jika suatu saat terjadi kerusakan, di mana Anda bisa memperbaikinya atau untuk membeli suku cadang lainnya. Minimal pilihlah mesin yang memiliki garansi minimal satu tahun, jangan yang hanya beberapa bulan saja.

 

Apa Tujuan Anda Membeli Mesin Point of Sale?

Mesin Point of Sale memiliki fitur yang berbeda-beda sehingga penting bagi Anda untuk menyesuaikannya dengan keperluan perusahaan. Mungkin akan ada beberapa fitur yang sering dipakai, jarang dipakai, maupun hampir tidak pernah. Nah, daripada fitur yang tersedia menjadi sia-sia, sebaiknya pilih yang seperlunya saja. Ingat, semakin banyak fitur yang dimiliki oleh mesin Point of Sale, maka akan semakin mahal pula harganya.

Daripada Anda membeli mesin dengan fitur lengkap dan harga yang mahal namun tidak maksimal dalam menggunakannya, sebaiknya sesuaikan saja dengan budget dan keperluan perusahaan.

Cari Informasi Terkait Pihak Pengembang

Anda bisa mencari informasi ini dengan bertanya kepada rekan sesama pebisnis atau mereka yang sudah pernah merasakan layanan yang diberikan oleh pihak pengembang mesin Point of Sale. Masing-masing pengembang tentu memiliki keunggulan dan kelemahan dibanding lainnya. Untuk itu, agar Anda tidak salah beli, pastikan Anda memilih merek mesin Point of Sale yang berkualitas dengan Point of Sale software yang bagus.

Semakin Banyak Software Semakin Baik

Point of Sale software juga menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan ketika akan membelinya. Karena mesin ini sendiri adalah mesin yang serbaguna, maka ke depannya akan ada beberapa perangkat yang dipasang di dalamnya guna menunjang kegiatan operasional bisnis yang Anda lakukan. Misalnya Point of Sale software untuk program akuntansi, inventor, laporan laba rugi, ataupun laporan penjualan yang Anda lakukan. Beberapa dari software tersebut mungkin sudah disisipi dengan database yang mencakup karyawan Anda sehingga hal ini akan memudahkan Anda juga dalam mengontrol karyawan.

Pastikan Anda memperhatikan hal-hal di atas ketika akan membeli mesin Point of Sale. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kualitas terbaik dengan manfaat yang maksimal. Tentu saja, semua itu juga tergantung pada berapa besarnya budget yang Anda keluarkan. Selamat membeli!

Pantau bisnis Anda dimana saja kapan saja

Gunakan aplikasi kasir Pawoon sekarang

COBA DISINI

  CasinoKingdom.uk