PPKM Diperpanjang Lagi, Adakah Strategi Pertahankan Bisnis di Masa Sulit Ini?  - Pawoon

PPKM diperpanjang lagi, banyak pembatasan di sana – sini, tapi virus tak kunjung pergi. Kebijakan yang ada memang ditujukan untuk keselamatan, tapi tetap saja membuat pemilik bisnis kesulitan mencari strategi bisnis. Selain menyesuaikan dan berjaga diri, perencanaan yang tepat juga dibutuhkan, akan bisnis bisa terus bertahan di setiap keadaan. 

4 Tips Sukses Jalankan Bisnis di Masa Pandemi

 

krisis pandemi

 

Memulai, mengembangkan, dan mempertahankan bisnis di masa-masa sulit adalah tantangan untuk para pengusaha. Namun percayalah, dengan langkah dan perencanaan yang tepat, tantangan bisnis seperti ini bisa kamu lewati dengan sedikit berlega hati. Lalu, apa saja tips bertahan dan tetap menjalankan bisnis dalam keadaan yang di luar prediksi? Simak ulasannya di bawah ini, ya! 

Adaptasi dengan Perubahan

Hal pertama yang harus dipahami oleh pemilik usaha adalah tidak ada kepastian dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, seorang pemilik bisnis harus selalu siap beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi, mulai dari perubahan cuaca dan iklim, hingga tantangan besar seperti pandemi yang sedang dialami.

Dalam hal berbisnis di era teknologi, khususnya di masa pandemi, pemilik usaha kecil atau UMKM harus dihadapkan dengan adanya perubahan perilaku belanja atau buying behaviour pembeli yang lebih nyaman berbelanja secara online, dengan alur transaksi yang mudah, praktis, dan cepat. Inilah mengapa banyak toko offline maupun toko online yang menggunakan opsi delivery dalam menjual produknya.

Kamu jangan mau ketinggalan! Asah kemampuan beradaptasi di segala situasi agar terus bisa bertahan dan tetap berjualan di masa sulit seperti pandemi yang belum kunjung berakhir ini. 

 

Pintar Cari Solusi

Selain kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang ada, pemilik bisnis juga harus pintar mencari solusi dari masalah yang dialami. Jangan terlalu fokus dengan masalah yang dihadapi! Kamu harus bisa memfokuskan diri untuk mencari solusi dan jalan keluar dari masalah yang sedang terjadi.

Dalam konteks kebijakan PPKM yang masih diberlakukan, pemilik bisnis harus pintar mencari cara alternatif berjualan, dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti mencoba pemasaran melalui kanal digital seperti media sosial, atau memberlakukan promo dan diskon spesial untuk meningkatkan penjualan di toko. 

Selain mencari solusi tepat, pemilik bisnis juga harus berani mengambil kesempatan dan membuat keputusan. Untuk mendapatkan strategi bisnis yang optimal, kamu perlu bantuan dari aplikasi kasir online, yang bisa memberikan data lengkap dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan data lengkap dan optimal, maka strategi bisnis juga akan semakin maksimal dan tepat sasaran. 

 

jualan saat pandemi

 

Prioritaskan Kualitas

Apapun tantangan bisnis yang kamu alami, kualitas produk dan pelayanan harus tetap jadi faktor utama. Hal ini karena, apapun strategi yang kamu gunakan untuk memasarkan produk, pembeli akan lebih memilih produk dan pelayanan yang berkualitas. Selain memberikan perhatian pada pelanggan, kamu juga perlu memikirkan strategi pengelolaan karyawan yang maksimal, agar bisa memberikan pelayanan yang juga maksimal kepada pembeli. 

Agar lebih mudah melakukan pengelolaan dan pemantauan terhadap karyawan, kamu membutuhkan aplikasi kasir terbaik dengan fitur terlengkap, yang bisa membantu kamu mengetahui kualitas pekerja yang kamu punya. 

Selain kualitas pelayanan, kesehatan pekerja dan diri sendiri juga perlu diperhatikan. Dalam keadaan sulit seperti pandemi covid-19, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan diri, dan seluruh karyawan, agar tetap bisa berjualan dan berkembang di keadaan yang sulit diprediksi. 

 

Tetap Jualan! 

Apapun tantangan bisnis yang sedang kamu alami, jangan pernah berniat untuk berhenti berjualan, ya! Karena bergerak pelan masih jauh lebih baik daripada diam di tempat. Meskipun keadaan sedang tidak baik-baik saja, kamu perlu menanamkan keyakinan positif, yang bisa menyemangati kamu untuk terus berusaha mencari cara dan kesempatan agar tetap bertahan di keadaan yang mungkin menyulitkan. 

Berkonsultasi tentang tantangan dan masalah dalam berbisnis kepada mentor atau orang terpercaya juga bisa jadi solusi. Selain dapat jalan keluar, kamu juga bisa mendapatkan dorongan dan dukungan positif yang membuat kamu jadi lebih semangat untuk bangkit dan berjuang lagi. 

pandemi covid-19

Ingin proses pengelolaan bisnis makin mudah anti ribet? Pawoon bisa jadi solusi yang kamu butuhkan. Selain aplikasi kasir yang bisa digunakan untuk segala jenis bisnis, Pawoon juga menawarkan berbagai fitur lengkap yang bisa membantumu mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar. 

Selain penggunaan yang mudah, Pawoon juga siap memberikan data penjualan yang lengkap dan terperinci, yang didukung dengan berbagai jenis integrasi untuk semakin mengembangkan jangkauan bisnis yang kamu punya. Tunggu apa lagi? Yuk, coba gratis sekarang dan mudahkan bisnismu bersama Pawoon! 

 

facebook linkedin twitter link
Kembali
WhatsApp chat