Point of Sale Sebagai Alat Manajemen Pelanggan

Point of Sale Sebagai Alat Bantu Manajemen Pelanggan

“Pelanggan Adalah Raja.”

 

Seberapa sering Anda mendengar pepatah tersebut?

Sudah sejauh mana Anda, selaku pemilik bisnis telah memperlakukan pelanggan Anda seperti Raja?

Pepatah tersebut memang terdengar jika pelanggan adalah ‘sosok’ yang Agung. Faktanya, pelanggan memang memiliki peran yang penting bagi pemilik bisnis dari berbagai jenis bisnis yang ada saat ini.

Bayangkan, jika Anda membangun sebuah bisnis tetapi tidak memiliki pelanggan? Atau, pelanggan Anda tidak puas dengan pelayanan yang Anda berikan dan memutuskan untuk tidak melakukan transaksi di tempat Anda. Apa yang akan terjadi terhadap bisnis Anda? Mengingat tidak adanya pelanggan, sama dengan Anda tidak memiliki pemasukan.Jadi, bagaimana cara Anda untuk mempertahankan pelanggan yang ada saat ini?

 

Yuk simak tips dari Pawoon untuk membantu Anda dalam melakukan manajemen pada pelanggan :

 

1. Mengumpulkan Data Pelanggan

Mengumpulkan data pelanggan ketika bisnis Anda sedang ramai memanglah tidak mudah. Namun Anda tidak perlu khawatir. Di zaman yang telah modern seperti saat ini, sudah ada teknologi yang dapat Anda gunakan untuk memasukkan data pelanggan dengan cepat dan mudah. Point of Sale modern seperti Pawoon memiliki sistem untuk mengelola pelanggan yang memudahkan Anda untuk mengumpulkan data pelanggan seperti nama, alamat rumah, alamat email, dan nomor telepon.

2. Temukan Pelanggan Yang Paling Setia

Salah satu manfaat Anda menggunakan Point of Sale sebagai alat untuk mengelola pelanggan, Anda dapat mengidentifikasi pelanggan yang paling setia. Selain itu, laporan Manajemen Pelanggan juga dapat membantu bisnis Anda untuk menemukan tiga kelompok pelanggan utama yaitu; pelanggan yang memiliki dampak terbesar pada titik penjualan ataupun pelanggan yang cenderung kembali.

 

Pantau bisnis Anda dimana saja kapan saja

Gunakan aplikasi kasir Pawoon sekarang

COBA DISINI

 

3. Berikan Penghargaan Kepada Pelanggan Terbaik

Setelah Anda memiliki laporan untuk mengidentifikasi pengeluaran tertinggi dan siapa pelanggan reguler, Anda dapat memberikan penghargaan kepada pelanggan untuk menunjukkan penghargaan atas kunjungan mereka dan secara tidak langsung memberikan dorongan kepada pelanggan untuk kembali ke tempat bisnis Anda.

4. Program Loyalitas

Program loyalitas dirancang untuk mendorong loyalitas terhadap bisnis Anda, guna untuk menghasilkan peningkatan pendapatan dengan dukungan lanjutan. Menghargai pelanggan dengan program loyalitas, dapat membantu mengarahkan pelanggan untuk berkunjung kembali ke tempat bisnis Anda, dan bahkan membantu menyebarkan berita tentang bisnis Anda melalui mulut-ke-mulut untuk meningkatkan kunjungan pelanggan.

5. Membuat Kampanye Marketing

Sistem Manajemen Pelanggan yang telah dirancang dengan baik pada aplikasi kasir, tidak hanya mempermudah pengumpulan informasi pelanggan, tapi juga untuk menganalisis informasi yang dikumpulkan. Kemampuan untuk mengakses dan menyegmentasikan data pelanggan memungkinkan para pebisnis untuk membuat kampanye bisnis mereka. Manajemen Pelanggan yang komprehensif dan mudah diakses memungkinkan pemilik bisnis untuk memahami pelanggan, menciptakan hubungan jangka panjang, dan membuat keputusan terbaik untuk bisnis Anda.

6. Meningkatkan Penjualan Dengan Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan adanya sistem Point of Sale yang mudah digunakan, bisnis dapat dengan mudah mengumpulkan dan melacak preferensi pelanggan dan sejarah pembelian. Anda dapat melihat semua laporan ini pada back-office yang ada pada menu Laporan Manajemen Pelanggan secara real time. Informasi ini juga memungkinkan Anda, sebagai pelaku bisnis, dapat memberikan pelayanan berupa penawaran kepada individu atau kelompok pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Hal ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan dengan memperhatikan kebutuhan dari setiap pelanggan.

Sekarang, Anda sudah tahu betapa pentingnya menjaga pelanggan untuk setia kepada Anda. Menggunakan aplikasi kasir yang memiliki fitur manajemen pelanggan, sudah sangat membantu Anda untuk memahami pelanggan yang selalu berkunjung ke tempat bisnis Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Coba sekarang aplikasi kasir Pawoon untuk mengenal lebih dekat dengan pelanggan Anda!

 

WhatsApp chat